Cara melakukan trading secara otomatis melalui aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas

Cara melakukan trading secara otomatis melalui aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 7 May, 2020

Kategori: investasi saham

Siapa diantara pembaca yang tidak suka dengan proses yang otomatis?

Proses yang otomatis berarti membutuhkan lebih sedikit waktu, tenaga, dan sumber daya dalam menjalankannya. Saya merupakan orang yang sangat suka mengotomasi hal-hal yang bisa diotomasi, seperti penjadwalan agenda dan pengingat dalam keseharian.

Melalui fitur Google Calender dan teknologi powerful yang mampu berjalan selama 24/7, saya selalu menulis pengingat (reminder), agenda, maupun jadwal untuk kegiatan yang ingin saya lakukan setiap harinya dalam Google Calender. Dalam Google Calender yang bisa digunakan secara gratis tersebut saya juga bisa menentukan berapa kali pengingat (reminder )yang akan dijalankan dan kapan pengingat tersebut akan di jalankan.

Fitur lainnya yang tak kalah penting ialah Google Calender memiliki fitur untuk mengotomasi suatu pengingat, agenda, maupun jadwal sehingga saya tidak perlu membuat agenda yang sama secara berulang terus menerus. Sisi bagusnya dari kegiatan yang diotomasi ini adalah saya bisa fokus pada hal besar yang bisa saya lakukan seperti:

  • Menyiapkan berkas dan dokumen yang dibutuhkan dalam agenda
  • Menyiapkan perangkat dan gawi yang dibutuhkan saat agenda berlangsung
  • Mempersiapkan penampilan dan materi

In short, don’t lose the big picture in our lives!

Nah, demikian bagaimana proses yang diotomasi berlangsung. Sangat menarik dan membantu keseharian kita, bukan?

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan trading secara otomatis melalui aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas.

Pasti pada pengen dong dapet uang secara otomatis?

Penjelasan lebih rinci dapat dibaca setelah pesan komersial berikut ini:



Apa itu aplikasi ESmart milik BNI sekuritas?

Esmart merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BNI Sekuritas untuk membantu investor dan trader melakukan beberapa hal dalam pasar modal, seperti:

  • Menganalisis kondisi pasar modal ,
  • Menganalisis kondisi emiten tertentu,
  • Memonitor portofolio saham yang sedang berjalan,
  • Melihat transaksi jual /beli yang dilakukan suatu broker terhadap pasar modal,
  • dan yang terpenting ialah membeli dan menjual saham secara otomatis.

Mengapa transaksi jual beli saham perlu diotomasi?

Hmm. Pertanyaan bagus ferguso.

Kita sebagai manusia tentu punya kesibukan dan rutinitas masing-masing. Mungkin diantara kita ada yang tidak memiliki waktu untuk menganalisis, melakukan research dan beberapa operasi untuk menjual atau membeli saham. Kita mungkin akan lebih mudah mendeskripsikan suatu perintah dengan logika seperti ini:

  • Beli saham UNVR di harga penawaran sekian poin.
  • Lakukan penjualan seluruh unit terhadap saham ASII ketika kita mendapat keuntungan 10%. Sebaliknya jual 10% dari unit bila kita mengalami kerugian lebih dari 3%.
  • Besok akan ada pembagian dividen oleh saham ADMF, lakukan penjualan atas seluruh unit yang kita miliki pada waktu 5 menit sebelum pasar tutup
  • Lakukan pembelian saham BBRI bila saham BBNI meningkat lebih dari 3%.
  • Lakukann penjualan saham BBCA bila saham BBTN mengalami penurunan lebih dari 5%
  • dan lain sebagainya

Disadari tidak, mungkin kita sering mengucapkan atau memikijrkan kalimat tersebut, namun tidak mungkin menerapkannya dalam keseharian atau aplikasi Online Transaction Processing (OLTP) karena satu dan lain hal. Untuk itu, melalui artikel ini saya ingin membagikan cara melakukan trading secara otomatis melalui aplikasi ESmart yang akan dibahas lebih rinci dan teknis setelah pesan sponsor berikut ini.



Bagi pembaca yang belum familiar, ESmart merupakan aplikasi besutan BNI Sekuritas yang dapat digunakan untuk bertransaksi saham dimanapun selama bursa sedang buka. Untuk mendapatkan akses pada ESmart, terlebih dahulu kita perlu membuat rekening dana investor (RDI) dengan menghubungi KCP Bank BNI terdekat. Proses yang lebih rinci bisa dilihat melalui artikel berikut ini:

Bila pembaca sudah memiliki rekening sekuritas dan akses ke dalam ESmart, tentunya sudah tidak asing dengan tampilan seperti di bawah ini:

Setelah melakukan login pada halaman tersebut, selanjutnya kita perlu melakukan Trading Login dengan membuka bagian menu Transaction atau menggunakan shortcut CTRL+L untuk menampilkannya.

Bila sudah berhasil melakukan login trading, maka kita sudah bisa melakukan pembelian/penjualan saham secara manual maupun otomatis. Caranya akan dibahas lebih rinci setelah pesan komersial berikut ini yach. . .



Cara membeli atau menjual saham secara otomatis melalui aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas

Urutan pertama yang akan dijelaskan oleh artikel ini ialah cara membeli saham secara otomatis. Sebelum melakukan perencanaan dan eksekusi, terlebih dahulu kita menganalisis saham yang akan kita beli. Setiap orang memiliki fundamental analysis (FA) dan technical analysis (TA) masing-masing. Oleh sebab itu saya tidak akan membahas cara menganalisis saham secara fundamental dan teknikal pada artikel ini.

Urusan analisis bergantung pada pola dan style masing-masing yha. . . .

Setelah menentukan emiten mana yang akan kita serok, aksi apa yang akan kita ambil, dan pada harga berapa kita ingin membeli emiten tersebut, selanjutnya kita perlu melakukan langkah di bawah ini untuk melakukan pembelian saham secara otomatis:

  • Buka menu Transaction
  • Pilih menu Entry Automatic Order
  • Lakukan konfigurasi sesuai rencana dan strategi trading.

Saat kita membuka menu Entry Automatic Order, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

automatic order esmart milik bni sekuritas

Selain melakukan pembelian secara otomatis, aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas juga memiliki fitur untuk melakukan penjualan emiten secara otomatis. Kita hanya perlu mengubah dropdown Buy di atas menjadi Sell.

Dengan fitur di atas, kita dapat melakukan trading dengan mudah, cepat, dan sederhana, bukan?

Sebelum melakukan trading, ada 1 teknik yang wajib dimiliki oleh setiap trader dan berlaku di manapun. Nama teknik tersebut ialah Cutloss yang akan dibahas setelah pesan komersial di bawah ini.



Mission abort. Cutloss i repeat, cutloss!

Cara cutloss saham secara otomatis melalui aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas.

Cutloss berfungsi layaknya sabuk pengaman dalam kendaraan. Ia merupakan salah satu teknik dalam Trading yang berfungsi untuk meminimalisir kerugian yang terjadi. Ketika beberapa orang lebih memilih untuk melakukan hold atas portofolio mereka yang mengalami kerugian atau minus, trader handal dan berpengalaman lebih memilih untuk melakukan Cutloss dan move on daripada harus mengalami kerugian berkepanjangan.

Sebelum melakukan trading dan menerapkan beberapa strategi, sangat disarankan untuk memasang safety net atau yang biasa dikenal sebagai Cutloss tersebut. Dengan demikian, maka kerugian kita dapat diminimalisir demi mendapatkan keuntungan (cuan) maksimal.

Bila kita telah berhasil menerapkan strategi dalam Automatic Order Entry seperti di atas, kita dapat melihat seluruh strategi yang sudah kita buat melalui menu Automatic Order List beserta status dari masing-masing strategi.

Nah demikian salah satu cara melakukan trading otomatis melalui aplikasi ESmart milik BNI Sekuritas. Artikel ini bukan merupakan suatu anjuran atau nasihat saham sehingga saya tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian yang dialami oleh pembaca.

Selamat mencoba dan salam cuan.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This