Akhirnya saya menutup asuransi kartu kredit Cigna Life saya

Akhirnya saya menutup asuransi kartu kredit Cigna Life saya (1)





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 29 Nov, 2018

Kategori: kartu kredit

Memiliki kartu kredit seakan menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri, apalagi kartu kredit tersebut berasal dari salah satu Bank besar di Indonesia yakni Bank BCA. Pengalaman berbelanja dalam menggunakan Kartu Kredit pun pernah saya tulis dalam artikel ini. Hingga suatu hari saya ditelepon oleh Telemarketing dari Bank tersebut untuk menawarkan asuransi kartu kredit.

Pada waktu itu saya dijelaskan panjang x lebar x tinggi mengenai asuransi kartu kredit ini. Salah satu manfaat yang saya ingat ialah asuransi kartu kredit ini akan melunasi seluruh hutang yang belum terbayar ketika Tertanggung (saya) mengalami resiko tutup usia. Dengan demikian, maka kita bisa menghitung berapa Uang Pertanggungan yang telah disediakan untuk saya bila saya memiliki limit Kartu Kredit sebesar Rp. 5,000,000.

Premi yang ditawarkan waktu itu relatif rendah, hanya 0.1% hingga 3% dari hutang yang ada. Saya lupa berapa angka pastinya. Bila saya memiliki tagihan yang belum dibayar sebesar Rp. 3,000,000, maka kita bisa menghitung berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk melunasi Premi tersebut. Premi ini akan diakui sebagai tagihan Kartu Kredit, sehingga secara tidak langsung menambah tagihan Kartu Kredit saya.

Beberapa kejanggalan dalam Asuransi Kartu Kredit Cigna Life

Saya membaca banyak buku terkait personal finance sehingga saya mendapat gambaran seperti apa asuransi kartu kredit yang ideal. Disana saya membaca bahwa asuransi kartu kredit dapat melunasi hutang Kartu Kredit saya ketika saya mengalami resiko di bawah ini:

  • Mengalami resiko tutup usia
  • Kehilangan pekerjaan
  • Mengalami resiko rawat inap sehingga kehilangan penghasilan.

Hari ini saya pergi ke KCP BCA untuk menanyakan manfaat dari Asuransi Kartu Kredit yang diterbitkan oleh Cigna Life tersebut. Kemudian bagian Kartu Kredit bertanya apakah saya telah menerima Polis yang saya beli. Bermula dari sini akhirnya saya mengetahui bahwa asuransi kartu kredit pun memiliki Polisnya sendiri. Saya pun menjawab tidak karena memang saya tidak pernah menerima Polis apapun. Hmm, sounds fishy!

Setelah ia tahu bahwa saya tidak memegang Polis, ia kemudian menjelaskan manfaat yang dapat saya terima sebagai Tertanggung dari Asuransi Kartu Kredit tersebut. Setelah dijelaskan panjang lebar, ternyata fungsi dan manfaatnya mirip seperti Asuransi Jiwa murni pada umumnya, yakni memberikan santunan ketika saya mengalami resiko tutup usia. Kalo gini namanya sih sama aja Asuransi Jiiwa. Lalu buat apa saya membayar 2x untuk proteksi dan manfaat yang sama? Bahkan Uang Pertanggungan yang diberikan oleh Asuransi Jiwa murni saya jauh lebih besar. Tentu saja Preminya pun jauh lebih besar. Hehehehehehe

Kelalaian dalam mengirimkan Polis serta manfaat yang redundan seakan memantapkan saya untuk menutup Asuransi Kartu Kredit tersebut. Akhirnya CS tersebut menyetujui dan membuatkan laporan terkait permintaan penutupan asuransi kartu kredit ini.

Iseng mencari dengan kata kunci “Asuransi kartu kredit Cigna” di Internet membuat saya sedikit lega, karena orang lain pun mengalami permasalahan yang sama terkait asuransi kartu kredit CIGNA.

dan sumber lain dari Kaskus.

Salah satu cara untuk berhemat ialah dengan mengetahui profil dan mengenali kebutuhan masing – masing. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menghitung rasio hutang yang dimiliki oleh seseorang. Dengan demikian kita dapat mengetahui bagian mana yang perlu dibenahi dan bagian mana yang redundan / duplikat serta mengeliminasi biaya atau tagihan yang tidak perlu, seperti mengeliminasi biaya asuransi kartu kredit dari Cigna Life ini.

Kiranya artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua dalam memilih atau membeli asuransi kartu kredit. Pembaca juga bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk menutup produk asuransi yang dimiliki.

Tak perlu cemas. Ini tips jitu menutup polis asuransi

Artikel yang berkaitan











18 Comments

  1. Aidha

    Sya juga mengalami hal yg sama…. Tiba2 uang sya di rekening BRI terpotong & ktax sya ikut asuransi cigna pdahal sya tdk menerima buku panduan& no polis… Bagaimana cara mengetahui nomor polis…?? & cara membatalkannya…??

    Reply
      • Kalima sari

        Gimnaa mau batalin. Nomor polis nya aja blm ada. Tapi sudh di debet di kartu kredit. Call center cigna nya di hubungi juga ga bisa

        Reply
  2. Dwi

    Saya pernah di telpon di tawarin juga. Kata katanya bikin bingung yg bikin saya bilang oke setuju. Dan di telpon udah dia rekam jawaban saya. Katanya asuransinya bakal di kirim tapi sampai sekarang dari januari bln juga saya terima. Saya ga tau nomor polis saya. Saya ga dapat sms atau email sama sekali. Tapi tagihan saya terus bertambah setelah telpon itu. Kalau saya ga tau nomor polis saya gimana saya bisa menutup asuransi ini?

    Reply
    • nencor

      Hi mba dwi!

      Terima kasih sudah mampir ya.
      Terkait issue mba dwi, ga perlu khawatir karena Kartu Kredit pasti memegang semua informasi atas tagihan yang dibayarkan via Kartu Kredit.
      Untuk menutup Polis asuransi yang tak diketahui nomor Polisnya, kita boleh mencoba menghubungi pihak kartu kredit dan meminta agar pembayaran Polis asuransi via kartu kredit untuk dibatalkan / ditutup.

      Semoga berhasil ya mba!

      Reply
  3. Ombih

    Halo pak mau tanya. Apakah asuransi signa ini ada semacam kartu kreditnya. Jadi kita bisa gunain buat blanja . Atau bagaimana?

    Reply
    • nencor

      Halo ombih, terima kasih sudah berkunjung.

      Kartu kredit dalam asuransi cigna merupakan metode pembayaran yang berlaku saat berlangganan asuransi cigna. Artinya bila kita ingin memiliki kartu kredit, maka kita tidak perlu membeli asuransi cigna.

      Bila kita telah memiliki kartu kredit, kelak telemarketing dari Cigna akan menelepon dan menawarkan produk serupa.

      Semoga menjawab yah

      Reply
  4. Intan Eka Wulandari

    Halo, baru-baru ini saya juga seperti “dijebak” sama sales marketingnya Cigna via telfon. Berkali-kali saya konfirmasi sama mbak CS, “ini saya otomatis terdaftar apa bagaimana mbak?” dan dijawab bahwa katanya kalau kita tidak mendebit pembayaran polis pertama, otomatis tidak akan terdaftar. Tapi ternyata setelah menutup telfon, saya dapat notifikasi sms bahwa polis dari Cigna sudah terdebit otomatis dari kartu kredit saya. Kalau sudah seperti ini, jika saya ingin menutup polisnya bagaimana ya? Karena saya sama sekali tidak merasa menyetujui pembukaan polis.

    Reply
    • nencor

      Halo mba eka, terima kasih sudah mampir.

      Untuk menutup Polis tersebut, mba Eka dapat menghubungi KCP BCA terdekat untuk membuat permohonan agar Polis kartu kredit dapat segera ditutup.
      Pada artikel ini saya menceritakan bagaimana cara menutup asuransi Cigna yang didebet dari Kartu Kredit via telepon. Prosesnya hanya membutuhkan waktu sekian jam saja. Pada tagihan bulan selanjutnya, saya melihat biaya polis yang sebelumnya dibebankan sudah hilang dari tagihan.

      Lumayan merampingkan tagihan kartu kredit ~

      Reply
      • Steven

        Halo pak/bu mau tanya, perihal asuransi jiwa credit life. Apa benar kalau tidak ada transaksi di kartu kredit kita , maka tidak akan ada dana yang didebet? Terima kasih.

        Reply
        • nencor

          Hi Steven, terima kasih sudah mampir.

          Kebetulan untuk pertanyaan tersebut belum pernah saya buktikan kebenarannya, karena selalu ada outstanding balance saat saya menggunakan kartu kredit dan asuransi credit life

          Reply
        • Ombih

          Halo pak. Mau tanya . Apakah kita bisa menggunakan kartu signa seperti kartu kredit pada umum nya?

          Reply
      • Putri

        Halo mba, aku juga ngerasa dijebak nih, gimana caranya agar tagihan asuransi dihapus, karna sebelumnya aku udh konfirm ke bca bahwa tdk ada penyetujuan asuransi tersebut tp polis malah dtg kerumah. Kata pihak bca tdk masalah abaikan saja, karna aku udh dpt nomor pengajuan pembatalan, tp nyatanya malab ditagih pembayarannya skrg. Trs sudah aku tlp lg bca nya, katanya pihak bca sudah lapor tp tdk direspon sama cigna, trs gimana ya solusi nya, makasih yaaa

        Reply
        • nencor

          Hi putri, terima kasih sudah mampir.

          Mungkin cara saya bisa dicoba dengab menghubungi bagian kartu kredit di nomor 1500888 dan minta untuk menutup Polis.

          Pada umumnya berkas Polis yang asli wajib dikembalikan ketika hendak menutup Polis. Bila cara diatas tak berhasil, putri bisa datang ke KCP terdekat dan membawa Polis asli untik melakukan penutupan Polis.

          Semoga berhasil!

          Reply
          • Sugeng

            Hallo pa/ Bu saya jg merasa terjebak dengan tagihan k, kredit tiap bulannya karena terhubung dengan asuransi …gimana cara berhenti innya dan apakah uangya saya kembali LG

          • nencor

            Halo pak sugeng,

            Terkait pertanyaan tersebut, saya tebak pembayaran asuransi tersebut menggunakan kartu kredit secara autodebet. Untuk menghentikan autodebet sekaligus menutup asuransi tersebut, sangat disarankan untuk menghubungi bank penerbit kartu kredit dan menghentikan transaksi auto debet kartu kredit.
            Bila hal ini tidak mungkin dilakukan, maka saya sarankan untuk menghubungi pihak asuransi untuk menutup Polis yang sedang aktif.

            Demikian saran yang bisa saya bagikan, semoga menjawab 🙂

          • Kalima sari

            Saya sudah telp ke halo bca. Tp dari bca menyaran kan langsung hubungi cigna. Karna bca hanya penghubung pembayaran cigna. Kalau sudh begitu harus bagaimana. Cigna nya sendiri ga bs di hubungi. Kalau begini nama nya penipuan

          • nencor

            Hi mba kalima sari, terima kasih sudah mampir.

            Turut bersedih atas kejadian tektok pingpong sana ini untuk menutup Polis. Namun bukankah aneh bila BCA menyarankan kita untuk menghubungi pihak Cigna sementara kita tidak mengetahui nomor Polisnya?
            Lalu, untuk apa fungsi BCA jika ia tidak bisa melindungi uang kita yang digerogoti secara terus menerus oleh cigna?

            Pada case saya, pembayaran asuransi menggunakan kartu kredit. Ketika saya meminta pihak kartu kredit untuk menghentikan pembayaran tersebut, proses pembatalan polis langsung dieksekusi dalam waktu 3 hari kerja.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This