Cara menghubungkan kartu kredit ke akun DANA

Cara menghubungkan kartu kredit ke akun DANA

by | 17 Okt 2021 | fintech | 0 comments











Ternyata begini rasanya menjadi dewasa. Kita bekerja dari pagi hingga sorem bermacet-macetan ria di jalanan, menghirup debu dan polusi udara hanya untuk mencari nafkah. Ketika tiba saatnya gajian, uang yang telah didapatkan dengan susah payah itu harus berlalu dalam waktu yang singkat sekalipun tidak pernah kita lihat atau pegang wujudnya.

Tak terbayang di benak bagaimana rasanya menjadi orang tua khususnya ayah. Pergi bekerja setiap hari, membanting tulang, melakukan pekerjaan hari demi hari, menghabiskan waktu 8-12 jam meninggalkan keluarga hanya untuk mendapatkan pemasukan. Rumah udah kayak hotel yang hanya menjadi tempat sesaat melepas penat.

Mungkin diantara pembaca ada yang saat ini menyandang status sebagai ayah terlebih lagi tulang punggung keluarga. Saya bisa membayangkan bagaimana setiap bulannya kita harus kerepotan membayar tagihan sehari-hari seperti:

  • Tagihan listrik
  • Tagihan air
  • Tagihan telepon
  • Asuransi kesehatan
  • Cicilan atau kredit (bila ada)

Bila kita melunasi tagihan tersebut melalui cara tradisional, artinya kita perlu mengunjungi kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran tersebut. Bila tidak ada kantor pos terdekat di sekitar kita, maka kita dapat mengunjungi plasa atau kantor yang ditunjuk untuk melunasi tagihan tersebut.

Kita yang mo bayar, kita pula yang direpotin!

Karena alasan itulah tulisan ini terbit untuk membantu seluruh (calon) ayah di seluruh dunia dalam melunasi tagihan dan biaya rumah tangga setelah pesan komersial berikut ini.



1 tempat untuk membayar seluruh tagihan

Tentu kita ingin meninggalkan cara lama dalam melakukan pembayaran tagihan. Orang tua saya lebih memilih untuk melakukan pembayaran tagihan secara konvensional. Artinya beliau akan pergi mengunjungi kantor pos terdekat untuk melakukan pelunasan tagihan setiap bulannya, melalui rute dan jalur yang sama.

Setelah melakukan pelunasan, beliau akan membawa bukti pembayaran berwujud kertas yang mungkin rusak dan lusuh akibat basah, atau hilang karena tercecer di suatu negeri antah berantah.

alah.

Sekarang mungkin kita bertanya apakah ada 1 tempat untuk membayar seluruh tagihan rutin setiap bulannya?

Jawabannya tentu saja ada dan saya akan mengupasnya secara lengkap melalui artikel ini, so keep on reading!

Apapun transaksinya, selalu ada DANA

Demikianlah tagline dari layanan fintech yang akan saya bahas dan sudah saya gunakan lebih dari 2 tahun belakangan ini. Tentu saja tulisan ini bukan tulisan bersponsor atau berbayar karena tulisan ini murni berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan DANA.

Saat ini DANA dapat digunakan untuk pembayaran beberapa tagihan di bawah ini:

  • Tagihan listrik
  • Tagihan air
  • Menabung emas
  • Membeli pulsa dan paket data
  • Melakukan pembayaran pajak elektronik melalui menu E-Samsat
  • Membayar tagihan atau biaya pendidikan
  • Membeli voucher Google Playstore, UniPin, Steam, dan banyak lagi layanan lainnya

Saya menggunakan DANA untuk membayar seluruh tagihan seperti:

  • Tagihan listrik paskabayar
  • Tagihan PDAM paskabayar
  • BPJS Kesehatan
  • dan tagihan lainnya.

dan semua pembayaran tersebut saya lakukan via Kartu Kredit dengan alasan yang dapat dibaca setelah pesan komersial berikut ini.



1 kartu untuk membayar seluruh tagihan

Mungkin diantara pembaca ada yang bertanya mengapa saya masih menggunakan Kartu Kredit sementara sudah ada DANA yang siap untuk melakukan seluruh pembayaran tersebut.

Berikut beberapa pertimbangan saya:

Pembayaran yang saya lakukan sudah pasti mengurangi uang yang saya miliki. Cepat atau lambat.

Beberapa diantara kita mungkin sudah familiar dengan istilah Sunk Cost. Sunk Cost merupakan biaya yang sudah pasti wajib kita lunasi baik hari ini maupun di masa depan dan tagihan tersebut tak terindahkan lagi. Berdasarkan definisi tersebut, maka saya mengklasifikasikan 4 tagihan di atas sebagai Sunk Cost. Artinya, cepat atau lambat, sekarang atau minggu depan, uang saya pasti berkurang untuk membayar Sunk Cost tersebut.

Lalu What’s in it for me?

Pertanyaan tersebut akan dijawab oleh paragraf di bawah ini.

Manfaat dan hadiah menggunakan Kartu Kredit

Saya tidak mengerti mengapa sebagian orang memilih untuk tidak menggunakan Kartu Kredit. Saya pribadi melihat Kartu Kredit sebagai produk perbankan yang cukup menarik untuk digunakan bila kita disiplin dan bijak dalam menggunakannya. Yang sering terjadi di lapangan ialah Kartu Kredit dimiliki oleh orang-orang yang tidak berhak dan membuat mereka terjerat pada lingkaran setan tagihan yang tiada berakhir.



Sebagai informasi, bila kita menggunakan Kartu Kredit, secara tidak langsung kita sedang menorehkan nama baik kita dalam dunia perbankan dan kredit. Dengan menggunakan Kartu Kredit, maka bank dapat menghitung berapa kemampuan Kredit kita dan apakah kita merupakan orang yang layak untuk mendapatkan fasilitas Kredit.

Sebaliknya, bila kita tidak bijak dalam menggunakan Kartu Kredit dan sering terjadi kendala dalam melakukan pembayaran tagihan, maka bukan tidak mungkin bila nama kita masuk kedalam daftar blacklist BI Checking dan membuat kita kesulitan dalam mendapatkan kredit untuk beberapa keperluan seperti:

  • Kredit Kendaraan Bermotor
  • Kredit Pemilikan Properti (rumah, tanah, apartemen, kavling, dsb)
  • Kredit untuk biaya pendidikan
  • dan masih banyak Kredit lainnya.

In short, bila saya menghubungkan Kartu Kredit kedalam aplikasi DANA dan melakukan pembayaran dari sana serta mampu melunasi tagihan Kartu Kredit secara tepat waktu dan disiplin, maka saya akan mendapatkan manfaat seperti:

  • Limit Kartu Kredit yang semakin besar
  • Reward Garuda Miles yang dapat digunakan ketika hendak bepergian (traveling)
  • Cashback saat berbelanja dan bertransaksi dalam menggunakan Kartu Kredit

Bayangin ajah bro, udah kewajiban kita buat bayar tagihan air, listrik telepon, eh tapi malah dikasih Cashback sama yang empunya Kartu Kredit.

Nah biar ga kepanjangan, berikut saya bagikan cara menghubungkan Kartu Kredit ke akun DANA setelah pesan komersial berikut ini.



Cara menghubungkan Kartu Kredit ke akun DANA

Untuk dapat melakukannya, pertama kita harus mempunyai akun DANA terlebih dahulu. Proses pendaftarannya tergolong cepat, mudah dan sederhana. Bila kita memiliki akun Google, maka kita dapat melakukan Sign Up via Google atau pendaftaran via Google.

Setelah melakukan beberapa verifikasi, maka DANA akan menawarkan kita untuk melakukan upgrade akun menjadi premium dengan beberapa kelebihan seperti di bawah ini:

Fasilitas dan ManfaatAkun BasicAkun Premium
LimitRp. 2,000,000Rp. 10,000,000
Transfer ke bank lokaltidak bisabisa
Transfer ke e-wallet laintidak bisabisa
Tabel perbandingan akun Basic dan akun Premium DANA

Setelah memiliki akun, kita dapat menghubungkan Kartu Kredit dengan membuka menu My Account kemudian pilih Saved Card. Kemudian kita klik Add Bank Card untuk menambahkan kartu debit maupun kartu kredit.

Selanjutnya isikan nomor kartu dan lanjutkan langkah selanjutnya untuk menghubungkan Kartu Kredit ke akun DANA.

Bila kita sudah berhasil menghubungkan Kartu Kredit ke akun DANA, selanjutnya kita dapat melakukan pembayaran dan tagihan sehari-hari via Kartu Kredit melalui perantara akun DANA.

Mudah bukan?

Nah, bila diantara pembaca ada yang tertarik untuk menggunakan metode di atas, boleh banget buat ikutan membuktikannya sendiri dan melakukan pendaftaran melalui tautan berikut ini.






0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.