Cara menabung emas melalui layanan GoInvestasi dalam aplikasi gojek

Kategori: fintech

"Ga perlu repot. Melalui Aplikasi GoInvestasi dari Gojek, kita bisa menabung emas dengan cara mudah dan menyenangkan. Selengkapnya disini"
Cara menabung emas melalui layanan GoInvest dalam aplikasi gojek





Beneran deh.

Kehadiran teknologi di sekitar kita tuh begitu terasa dan nyata dampaknya pada kehidupan kita sehari-hari. Derasnya informasi yang dapat diperoleh secara gamblang dan mudah dalam genggaman tangan, membuat saya berpikir bahwa investasi merupakan hal yang wajib dan dapat dilakukan oleh semua orang khususnya pada generasi Millenial seperti saya.

Ada 1 aplikasi yang cukup membuat saya takjub. Konon, aplikasi tersebut mengijinkan saya melakukan beberapa kegiatan di bawah ini, seperti:

  • Membayar tagihan
  • Membeli paket data
  • Melakukan pembayaran secara non tunai (cashless)
  • Berbelanja kebutuhan sehari-hari
  • Berjualan secara daring dan mengirim barang dagangan maupun dokumen
  • Menggunakan jasa transportasi untuk berpindah tempat
  • Membeli obat-obatan
  • Membeli voucher game
  • hingga berinvestasi emas

Mungkin kita pun sudah tahu bahwa aplikasi yang saya maksud adalah produk karya anak bangsa yang dikenal sebagai Gojek.

Harus saya akui bahwa aplikasi Gojek cukup membantu saya dalam menjalani keseharian. Hanya dalam 1 aplikasi, saya bisa melakukan bervariasi kegiatan yang saya sebutkan di atas. Ini berarti saya tidak perlu Smartphone dengan spesifikasi yang mewah untuk melakukan aktifitas tersebut.

In short, lebih ekonomis dan tidak perlu bikin banyak akun.

Pada artikel ini, saya akan membahas layanan GoInvest secara gamblang dan manfaat apa yang ia tawarkan kepada kita selaku pengguna.

Daripada nunggu, yok langsung aja kita bahas layanan GoInvest dalam aplikasi Gojek secara rinci setelah pesan komersial berikut ini.



Manfaat yang ditawarkan oleh layanan GoInvestasi dalam aplikasi Gojek

GoInvestasi merupakan layanan yang tersedia dalam aplikasi Gojek dan dapat digunakan oleh seluruh pengguna Gojek. Layanan ini membantu penggunanya dalam melakukan transaksi emas seperti membeli, menjual, maupun melakukan pencetakan emas.

Kehadiran GoInvestasi diyakini dapat mengubah kebiasaan lama kita dalam membeli emas. Bila kita ingin membeli emas, maka kita perlu pergi keluar rumah dan mengunjungi butik emas terdekat dengan membawa uang tunai. Selanjutnya kita akan membeli emas menggunakan uang tunai tersebut dan membawa emas yang telah dibayar pulang ke rumah.

Bila kita ingin mencairkan emas tersebut, maka kita perlu membawa emas tersebut ke butik terdekat dan menukarnya dengan uang tunai.Proses inilah yang dinamakan dengan jual beli emas.

Meski terlihat mudah, tak bisa dipungkiri bahwa proses jual beli tersebut memiliki risiko tersendiri seperti:

  • Ancaman kejahatan seperti begal, jambret, perampok
  • Jam operasional butik yang terbatas
  • Kita tidak memiliki akomodasi dan waktu untuk menyelesaikan proses jual beli tersebut
  • dan risiko lainnya yang mungkin timbul

Dengan kata lain, kehadiran layanan GoInvestasi mampu meminimalisir risiko di atas dan transaksi jual beli emas menjadi lebih aman dan mudah.

Sebelum kita membahas tentang mekanisme serta cara menabung emas melalui layanan GoInvestasi, terlebih dahulu saya akan bercerita panjang x lebar tentang emas yang dapat dibaca setelah pesan komersial berikut ini.



Mengapa kita perlu menabung emas?

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menabung. Mulai dari cara tradisional dan konvensional dengan menabung di celengan ayam, menabung di bawah bantal, menabung di celengan babi seperti yang diajarkan oleh orang tua Millenial jaman baheula, hingga menabung emas.

Sebagai pemilik dana dan sesuai asas dari My Money My Authority, kita berhak memilih opsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Kita berhak memilih apakah kita ingin menabung secara tradisional atau modern. Tentu saja opsi tersebut memiliki plus minusnya masing-masing dan saya tidak akan membahasnya dalam 1 artikel ini.

Berikut beberapa pertimbangan mengapa kita perlu menabung emas:

Emas merupakan komoditas yang diterima di banyak mata uang

First thing first, saya lebih suka menyebut “menabung emas” dibandingkan dengan “berinvestasi emas”. Hal ini disebabkan oleh emas merupakan instrumen keuangan yang diperuntukkan untuk mengamankan kekayaan. Artinya, berapa banyak uang yang sudah kita tukarkan kedalam emas (logam mulia), maka kita dapat menukarkannya kedalam mata uang lain bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada mata uang Indonesia alias Rupiah.

Sebagai contoh, bila kita membeli 10 gram emas seharga Rp. 10,000,000, maka kekayaan kita bernilai Rp. 10,000,000. Bila sewaktu-waktu terjadi hiperinflasi yang menyebabkan mata uang Rupiah menjadi tidak terkendali, maka kondisi tersebut akan berpengaruh pada harga atas 10 gram emas yang kita miliki. Tentu saja kita tidak ingin kekayaan kita hancur karena hiperinflasi, maka kita dapat menjual emas tersebut ke mata uang asing lain yang tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi yang terjadi di Indonesia.

In short, uang yang kita miliki bernilai relatif stabil.

Perpindahan uang lebih cepat dan mudah melalui emas

Bila saya memiliki uang sebesar 903,560,000 dan hendak memberikannya pada orang lain secara tunai, maka saya memiliki opsi di bawah ini:

  • Membawa koper yang isinya uang kertas senilai dengan uang saya miliki
  • Membawa tas/wadah berisikan 1000 gram emas yang beratnya lebih ringan dari karung beras

Pun bila saya terpaksa mengirimkan uang tersebut dari rekening saya ke rekening menerima, saya perlu melakukan konfirmasi ke pihak Bank untuk mendapatkan estimasi kapan proses pengiriman uang dapat diselesaikan

Perpindahan uang melalui emas sangat mudah dan praktis, bukan?



Emas sebagai diversifikasi portofolio

Diversifikasi merupakan salah satu teknik dalam membangun portofolio yang bertujuan untuk meminimalisir risiko dengan membagi atau mengalokasikan dana ke bervariasi instrumen.

Contoh:

Saya cukup sering melihat orang-orang yang menjual aset mereka dengan harga rendah hanya untuk membayar tagihan Rumah Sakit. Padahal, instrumen keuangan yang dapat diandalkan untuk mengelola risiko ini telah ditemukan sejak ratusan tahun lamanya dan instrumen tersebut dinamakan Asuransi Kesehatan.

Contoh lainnya adalah saya cukup sering pula melihat orang-orang yang berutang untuk bertahan hidup disaat mereka kehilangan pemasukan karena kondisi ekonomi yang tak menentu. Dengan berutang, artinya kita mengambil potensi pemasukan di masa mendatang ditambah bunga yang telah ditentukan. Padahal, instrumen keuangan yang dapat diandalkan untuk mengelola risiko ini dapat kita ciptakan dengan nama Dana Darurat (Emergency Fund).

Dengan adanya Diversifikasi, diharapkan portofolio kita tetap berdiri teguh dan valuasinya terus meningkat walau harus diterjang oleh kondisi ekonomi separah apapun.

Setelah mengetahui beberapa pertimbangan tersebut, selanjutnya kita akan membahas cara menabung emas melalui layanan GoInvest secara teknis setelah pesan komersial berikut ini.



Cara menabung emas melalui layanan GoInvestasi dalam aplikasi Gojek

Untuk dapat menggunakan layanan GoInvestasi, terlebih dahulu kita wajib memiliki akun Gojek. Untuk membuat akun, kita hanya perlu melakukan 2 langkah verifikasi di bawah ini:

  • Verifikasi Surel
  • Verifikasi One Time Pin (OTP)

Perlu diketahui bahwa OTP merupakan informasi yang bersifat rahasia. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kita tidak membagikan OTP tersebut kepada siapapun.

Kecuali kita menginginkan saldo kita digasak sampai habis. Xixixi

Setelah memiliki akun Gojek, selanjutnya kita dapat membuka layanan GoInvestasi seperti yang tertera pada gambar berikut ini.

Kemudian aplikasi akan mengarahkan kita pada peramban dan kita wajib membuat akun Pluang terlebih dahulu.

Bila sudah membuat akun Pluang, selanjutnya kita sudah dapat langsung bertransaksi menabung emas melalui aplikasi GoInvestasi.

nabung emas ga perlu ribet lagi coy.

Melalui aplikasi yang sama, kita dapat melakukan pembelian atau penjualan emas secara mudah dan saldo Gopay akan didebet/dikredit sesuai transaksi yang kita lakukan.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca juga bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Gratis konsultasi terkait asuransi khusus untuk pengunjung situs asuransimurni.com!








Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This