Cara melakukan pembayaran premi menggunakan afipay

Cara melakukan pembayaran premi asuransi menggunakan afipay

by | 6 Des 2021 | fintech | 0 comments











Teknologi ga lepas dari kehidupan sehari-hari. Di era teknologi seperti sekarang, kita dapat melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja berkat kehadiran Internet. Bahkan, kita bisa melakukan pembayaran sambil rebahan dan membiarkan uang bekerja mengaliri listrik dan air menyala di rumah kita masing-masing.

Di jaman sekarang, sudah bukan waktunya lagi dipersulit ketika hendak membayar segala sesuatunya. Saya pribadi pernah berkunjung ke salah satu Mall di pusat perbelanjaan. Setelah memilih belanjaan yang akan saya bawa pulang, terpaksa saya harus membatalkan transaksi tersebut. Hal ini dikarenakan pembayaran yang diterima oleh kasir hanya pembayaran secara tunai.

Di jaman then, kita harus pergi ke suatu tempat, membawa sejumlah uang untuk melunasi tagihan dan melakukan pembayaran. Di jaman now, pembayaran hanya bersifat perpindahan nominal dari 1 rekening ke rekening lainnya.

Perpindahan nominal tersebut juga berlaku ketika nasabah melakukan pembayaran Premi asuransi menggunakan AFIPAY yang akan dibahas setelah pesan komersial berikut ini.

Apa itu AFIPAY?

AFIPAY merupakan teknologi pembayaran yang dikembangkan oleh Perusahaan Asuransi PT AXA Financial Indonesia untuk mempermudah nasabah dan calon nasabah melakukan pembayaran Premi asuransi di mana saja dan kapan saja secara daring.

Hanya dengan mengandalkan pembayaran elektronik secara daring seperti Kartu Kredit dan GoPay, Pemegang Polis maupun calon Pemegang Polis dapat melakukan pembayaran secara aman dan nyaman dalam 1 halaman.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam AFIPAY antara lain:

  • Pembayaran Premi
  • Pendaftaran autodebet Kartu Kredit

Untuk teknis cara melakukan pembayaran premi dan pendaftaran autodebet Kartu Kredit menggunakan AFIPAY dibahas lebih lanjut setelah pesan sponsor berikut ini.



Cara melakukan pembayaran Premi menggunakan AFIPAY

Pemegang Polis dapat melakukan pembayaran Premi menggunakan AFIPAY secara self service dengan mengikuti beberapa tahap di bawah ini:

  • Kunjungi halaman pay.axa.co.id
  • Pada halaman utama, masukkan Nomor Polis dan Tanggal Lahir Pemegang Polis yang didaftarkan pada Polis Asuransi. Informasi ini dapat diperoleh di dalam buku Polis maupun E-Policy masing-masing.
  • Bila kita sudah memasukkan Nomor Polis dan Tanggal Lahir Pemegang Polis dengan benar, maka kita akan masuk kedalam halaman Beranda yang menampilkan informasi singkat terkait Polis yang akan dibayarkan. Pastikan informasi tersebut telah sesuai dan klik pada tombol Lanjut ke Pembayaran.
  • Kemudian pada halaman Pembayaran Premi, kita pilih menu Pembayaran Premi dan memilih metode pembayaran yang akan digunakan apakah menggunakan GoPay atau Kartu Kredit. Bila sudah memilih metode pembayaran, kita klik tombol Lanjutkan di bagian bawah. Pastikan telah mengisi Nama Pemegang Kartu Kredit dengan benar.
  • Selanjutnya akan muncul Popup yang berisikan ketentuan dalam menggunakan layanan. Kita perlu melakukan ceklis pada bagian Dengan mengonfirmasikan One Time Password (OTP) yang dikirim oleh bank penerbit kartu kredit saya, saya bersedia agar kartu kredit saya digunakan untuk pembayaran premi dan Saya telah membaca ketentuan di atas. Kemudian klik Lanjutkan.
  • Selanjutnya kita perlu menginput beberapa informasi yang akan divalidasi dengan Kartu Kredit seperti: Email, Nomor Handphone, Nomor Kartu Kredit, Berlaku hingga (Expiry Date) , dan CVV. Masukkan seluruh informasi tersebut dengan benar.
  • Bila kita ingin melakukan pendaftaran autodebet Kartu Kredit, kita dapat mengaktifkan toggle pada bagian Simpan informasi kartu untuk transaksi selanjutnya. Kemudian klik Bayar Sekarang untuk melanjutkan proses pembayaran.
  • Kita akan diarahkan ke halaman Otentikasi dan Verifikasi oleh penerbit Kartu Kredit dengan memasukkan OTP yang terkirim ke Nomor Handphone didaftarkan pada Kartu Kredit. Masukkan OTP dengan benar.
  • Bila OTP sudah dimasukkan dengan benar, maka pembayaran akan terverifikasi secara otomatis. Selanjutnya kita dapat menyimpan bukti transaksi seperti gambar di bawah ini:

Kita mungkin ingin menyimpan bukti transaksi tersebut untuk verifikasi dan kroscek pembayaran Kartu Kredit telah berhasil dilakukan. Kita dapat melakukan Screenshot atau Screencapture sebagai bukti kalau pembayaran premi asuransi menggunakan AFIPAY telah berhasil dilakukan.

Bila pembaca belum menerima buku Polis maupun E-Policy, disarankan untuk segera menghubungi agen asuransi yang bersangkutan. Ini penting lho, sebab di dalam Polis tersimpan data pribadi yang disimpan dalam sistem Perusahaan Asuransi atau Penanggung.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca juga bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.






0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.