Yuk menjadi Pemegang Polis yang cerdas seperti ibu yang satu ini

Yuk menjadi Pemegang Polis yang cerdas seperti ibu yang satu ini





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 1 Jul, 2020

Kategori: asuransi

Dari sekian banyak nasabah asuransi yang saya tangani, ada seorang nasabah yang cukup menarik perhatian saya. Beliau selalu proaktif dalam bertanya banyak hal terkait Polis yang ia miliki. Ia pun selalu membaca Polis terlebih dahulu sebelum membawa pertanyaan-pertanyaan bagus yang tak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Beberapa pertanyaan tersebut adalah:

  • “mas, apa yang terjadi bila saya sedang tak sadarkan diri di rumah sakit sementara Polis sudah jatuh tempo?”
  • “asuransi kan kontrak jangka panjang ya mas. Apakah mungkin di masa depan terjadi perubahan pada Polis yang sudah disepakati bersama? Saya bertanya karena pada Pasal sekian menjelaskan bahwa blablabla”
  • dan pertanyaan-pertanyaan hebat lainnya.

Terinspirasi dari nasabah yang cerdas tersebut, saya ingin membagikan beberapa tips menjadi Pemegang Polis yang cerdas setelah pesan komersial berikut ini.



Mengapa harus menjadi Pemegang Polis yang cerdas?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, saya ingin kita berada on the same page. Penting bagi kita untuk mengetahui urgensi dalam menjadi Pemegang Polis yang cerdas karena alasan berikut ini:

Pemegang Polis merupakan orang yang berhak untuk memperoleh informasi

Ketika kita memutuskan untuk berlangganan Asuransi Jiwa atau asuransi kesehatan, ada 2 tokoh yang sangat penting dalam kontrak asuransi tersebut, yakni:

  • Pemegang Polis
  • Tertanggung

Pemegang Polis merupakan individu maupun kelompok (organisasi) yang memiliki wewenang untuk memodifikasi atau menutup Polis. Adapun beberapa modifikasi yang dimaksud ialah:

  • Mengubah cara pembayaran (bulanan, triwulan, semesteran, tahunan)
  • Mengubah metode pembayaran (transfer Virtual Account, pembayaran autodebet via Kartu Kredit, pembayaran autodebet via Tabungan)
  • Mengubah nomor yang bisa dihubungi dalam Polis asuransi
  • Mengubah alamat korespondensi yang terdaftar dalam Polis asuransi
  • Mengubah alamat email yang telah didaftarkan
  • Mengubah komposisi Termaslahat (ahli waris) dalam Polis Asuransi Jiwa
  • dan banyak lagi perubahan lainnya.

Berbeda dari Pemegang Polis, Tertanggung tidak memiliki wewenang apapun dalam Polis asuransi. Namun Perusahaan Asuransi akan memberikan manfaat bila terjadi risiko atas Tertanggung

Pemegang Polis memiliki peranan penting dalam kontrak asuransi karena Perusahaan Asuransi hanya akan melayani pertanyaan, feedback, maupun Klaim yang dilakukan oleh Pemegang Polis.



Asuransi merupakan kontrak jangka panjang

Alasan lain yang dapat dijadikan sebagai justifikasi untuk menjadi Pemegang Polis yang cerdas ialah karena asuransi merupaka kontrak jangka panjang.

Seriously, gak ada yang sia-sia bila kita mau membaca, memahami, dan mempelajari isi Polis karena toh kita juga yang bakal menikmati manfaatnya.

Sebagai contoh, polis asuransi kesehatan Maestro Optima Care memiliki masa pertanggungan hingga Tertanggung berusia 99 tahun. Saya rasa tidaklah terlalu rugi bila kita fokus mempelajari isi Polis di tahun pertama sehingga kita memiliki informasi dan knowledge terhadap produk asuransi yang akan kita gunakan seumur hidup kita.

Bila kita telah membaca, memahami, dan mempelajari isi Polis dengan baik, kita tahu Klaim apa saja yang dikecualikan, penyakit apa saja yang dikenakan masa tunggu, apa saja yang menyebabkan Klaim tidak disetujui oleh Perusahaan Asuransi atau Penanggung, serta informasi lainnya yang mungkin terlupakan atau terlewat oleh agen asuransi saat menjelaskan manfaat produk asuransi.

Bila Pemegang Polis memiliki pertanyaan atau keraguan atas syarat, ketentuan, dan klausul dalam Polis asuransi, Pemegang Polis dianjurkan untuk bertanya lebih lanjut terkait pasal tersebut kepada agen asuransi atau langsung menghubungi Penanggung terkait pertanyaan maupun keraguan yang dimiliki.

Bila asuransi yang dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan dan kita sangat memahami manfaat produk asuransi yang dibeli, maka kita telah memilih produk yang sesuai untuk dijadikan perlindungan di masa mendatang.

Cara menjadi Pemegang Polis yang cerdas

Cara menjadi Pemegang Polis yang cerdas dapat dipelajari setelah pesan komersial berikut ini, so keep scrolling babe!



Mau membaca dan memahami isi Polis

Saya rasa semua orang berhak menjadi cerdas, dan hanya ada 1 jalan untuk menjadi cerdas, yakni: BELAJAR. Belajar merupakan proses transformasi yang wajib dilalui oleh semua orang yang belum tahu menjadi lebih tahu agar tidak sok tahu.

Yup, memang lebih mudah bagi Pemegang Polis untuk mengabaikan buku Polis dan lebih memilih untuk bertanya segala hal kepada agen asuransi. Saya tidak melarang hal tersebut, namun berikut beberapa hal dapat menjadi pertimbangan mengapa sangat dianjurkan bagi Pemegang Polis mau membaca dan memahami isi Polis serta melakukan Do It Yourself (DIY):

  • Agen asuransi mungkin berpindah Perusahaan Asuransi sehingga ia tidak lagi mendapatkan akses dan informasi serta pelayanan dari Perusahaan Asuransi yang bersangkutan
  • Agen asuransi memiliki sedang out of service dikarenakan satu dan lain hal
  • Agen asuransi meninggal dunia
  • dan faktor lainnya

Cara selanjutnya ialah dengan Proaktif dalam bertanya dan berdiskusi terkait isi Polis yang akan dibahas secara rinci setelah pesan komersial berikut ini.



Proaktif dalam bertanya dan berdiskusi terkait isi Polis dengan pihak yang berkepentingan

Setelah kita memiliki knowledge dan pengetahuan dasar terkait isi Polis asuransi, selanjutnya kita mungkin ingin membahas dan mengasah tersebut dengan pihak yang berkepentingan seperti Penanggung maupun agen asuransi. Tujuannya ialah untuk melakukan sinkronisasi informasi dan knowledge sehingga Penanggung, Agen Asuransi, Pemegang Polis, hingga Tertanggung memiliki pengertian dan pemahaman yang sama terkait Polis asuransi.

Selain itu, Pemegang Polis juga berhak mengikuti customer gathering (CG) maupun webinar seperti Customer Education Online (CEO) yang akan diadakan oleh PT AXA Financial dalam waktu dekat. Tujuannya ialah untuk mendapatkan knowledge serta informasi lebih lengkap terkait produk asuransi yang dimiliki. Bagi nasabah saya yang sudah memiliki Polis asuransi kesehatan Maestro Optima Care dapat melakukan registrasi melalui tautan berikut ini.

Demikian beberapa cara dan tips untuk menjadi Pemegang Polis yang cerdas sehingga kita lebih menguasai dan terampil dalam melakukan Klaim di masa mendatang.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Artikel yang berkaitan











0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This