Saya agen asuransi dan memilih Maestro Optima Care

Saya agen asuransi dan memilih Maestro Optima Care





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 5 Agu, 2020

Kategori: asuransi

Tidak terasa sudah hampir 3 tahun saya menjalani profesi sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut, saya dihadapkan pada bervariasi kesempatan seperti bertemu dengan banyak calon nasabah baru hingga berhadapan dengan produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sedikit banyak saya wajib mengerti kebutuhan calon nasabah dan membantu mengarahkan pada produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia, saya cukup menguasai produk asuransi kesehatan murni Maestro Optima Care yang menjadi saingan ketat dari asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi yang berwarna hijau. Persaingan ini disebabkan oleh kedua produk tersebut yang sama-sama bersifat asuransi kesehatan murni sehingga nasabah tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memiliki asuransi kesehatan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang keputusan saya dalam memilih Maestro Optima Care dari perspektif agen dan nasabah, saya akan bercerita tentang bagaimana perjalanan saya mendapatkan penawaran asuransi kesehatan dari perusahaan hijau setelah pesan komersial berikut ini.



Mengenal produk asuransi kesehatan si hijau

Banyaknya calon nasabah yang membandingkan Maestro Optima Care dengan produk si hijau membuat saya penasaran dan memutuskan untuk mendapatkan penawaran sesuai profil saya. Kedua produk memiliki manfaat klaim sesuai tagihan Rumah Sakit dengan klaim secara cashless.

1 hal yang sangat membedakan antara Maestro Optima Care dengan produk si hijau ialah Maestro Optima Care tidak memiliki manfaat persalinan normal maupun C-Section sementara perusahaan asuransi hijau memiliki manfaat persalinan dengan sistem Co-Pay. Artinya biaya persalinan akan disubsidi sekian persen oleh perusahaan asuransi. Selain itu, sistem Co-Pay dari perusahaan si hijau ini pun menjamin beberapa tindakan di bawah ini:

  • Rawat jalan
  • Perawatan gigi

yang mana kedua manfaat perawatan gigi dan persalinan tidak dicover oleh Maestro Optima Care, sebab ia hanya menjamin perawatan gigi akibat kecelakaan dan komplikasi pada saat persalinan seperti Pre-Eklampsia khusus plan Diamond dan usia Polis telah lebih dar 1 tahun.

Pertimbangan memilih asuransi kesehatan Maestro Optima Care

Sebagai konsumen, tentu saja produk yang ditawarkan oleh perusahaan hijau cukup menarik. However, ada beberapa hal yang membuat saya akhirnya memutuskan membeli asuransi kesehatan standalone Maestro Optima Care. Selengkapnya setelah pesan sponsor berikut ini:



Premi Maestro Optima Care jauh lebih murah

kadang saya bingung sama sebagian orang yang bilang kalau Premi tahunan 5,9jt per tahun lebih mahal dari Premi bulanan 500rb per bulan. Padahal secara angka, Premi tahunan jauh lebih hemat dibandingkan dengan Premi bulanan yang disetahunkan. Anyway, setiap orang punya pendapatnya masing-masing, termasuk saya yang berpendapat kalau Premi Maestro Optima Care jauh lebih murah.

Pada waktu itu saya membandingkan Premi dari asuransi kesehatan Maestro Optima Care dengan produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi berwarna hijau berdasarkan profil pria berusia 29 tahun. Bila kita membandingkan kedua produk menggunakan plan terendah, Premi Maestro Optima Care sedikit lebih mahal dibandingkan produk kompetitor tersebut.

However, saya membutuhkan sedikit privasi sehingga produk yang saya bandingkan ialah package dengan manfaat 1 bed per room di wilayah Indonesia dan Malaysia.. Berdasarkan kelas tersebut, Premi asuransi kesehatan Maestro Optima Care lebih terjangkau dari produk kompetitor.

Pertimbangan lain yang membuat saya sebagai agen asuransi AXA Financial Indonesia memutuskan untuk menjadi nasabah AXA ialah Klaim yang dapat dilakukan secara tagihan langsung (Direct Billing) seperti yang dibahas ada paragraf setelah pesan sponsor berikut ini.



Fasilitas Klaim secara tagihan langsung

Pertimbangan yang satu ini tidak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan produk kompetitor, sebab kedua produk dapat diklaim secara reimbursement dan cashless. Nasabah Maestro Optima care dan produk tandingan akan mendapatkan kartu kepesertaan yang dapat digunakan untuk mengajukan Klaim di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi masing-masing.

Mengacu pada pertimbangan pertama, i am still vote Maestro Optima Care.

Durasi rawat jalan yang lebih panjang

Berbeda dari produk kompetitor yang mengakui rawat jalan dalam kurun waktu 30 hari sebelum rawat inap dan 60 hari setelah rawat inap, Maestro Optima Care mengakui rawat jalan dalam jangka waktu 30 hari sebelum rawat inap dan 90 hari setelah rawat inap. Jika dalam kurun waktu tersebut penyakit tak kunjung membaik, saya dapat meminta rujukan kepada dokter untuk dilakukan rawat inap di rumah sakit rekanan yang memadai untuk melakukan tindakan medis.

Menjamin kondisi medis yang sudah ada (Pre Existing Conditions)

Saya tidak memiliki Pre Existing Conditions. However, kelebihan ini penting untuk diketahui oleh seluruh calon nasabah MOC.

Pre Existing Conditions merupakan kondisi medis atau penyakit yang sudah terdiagnosa sebelum seseorang membeli asuransi kesehatan Maestro Optima Care. Di kebanyakan perusahaan asuransi, kondisi medis yang sudah ada saat sebelum membeli asuransi kesehatan tidak akan dicover. Artinya selama kita berlangganan dan membayar Premi, segala jenis klaim yang berkaitan dengan Pre Existing Conditions tidak akan dijamin.

Berbeda dari kondisi di atas, Maestro Optima Care menjamin Pre Existing Conditions dengan syarat telah melewati masa tunggu 3 tahun. Artinya Pre Existing Conditions tidak akan dicover oleh Maestro Optima Care selama 3 tahun pertama, selanjutnya akan dicover selama kita berlangganan sesuai kontrak yang tertera dalam Polis.

Setelah menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi tentang manfaat asuransi kesehatan Maestro Optima Care, kini tiba saatnya kita membahas tentang kelemahan Maestro Optima Care setelah pesan komersial berikut ini.



Kelemahan Maestro Optima Care

Pertimbangan di atas tidak membuat produk Maestro Optima Care sempurna tanpa cela. Beberapa kelemahan Maestro Optima Care versi saya sebagai konsumen sekaligus agen asuransi adalah:

Limit manfaat rawat jalan yang terbatas

Tidak ada produk asuransi yang menjadi Jack of All Trade. Semuanya memiliki plus dan minusnya masing-masing, termasuk Maestro Optima Care. Terlepas dari beberapa keunggulan di atas, Maestro Optima Care memiliki manfaat rawat jalan yang cukup rendah. Manfaat rawat jalan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan Maestro Optima Care pada plan Emerald ialah Rp. 4,000,000 atau setara dengan Rp. 330,000 per bulan.

Bagaimana cara mengakalinya?

Kelemahan tersebut dapat diakali dengan meminta rujukan dokter untuk melakukan rawat inap instead of melakukan rawat jalan back and forth yang dapat menambah cost dan pengeluaran untnuk transport dan operasional lainnya.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengakali limit manfaat rawat jalan yang terbatas tersebut dengan melakukan upgrade plan asuransi yang lebih tinggi seperti Diamond . Pada package Diamond, manfaat rawat jalan dicover sesuai tagihan Rumah Sakit.

Tidak menjamin persalinan dan perawatan gigi

Kelemahan lainnya dari asuransi kesehatan Maestro Optima Care adalah ia tidak menjamin persalinan dan perawatan gigi. Saya sering mendapati nasabah yang bertanya apakah Maestro Optima Care menjamin persalinan dan perawatan gigi. Tidak hanya itu, terkadang pula nasabah bertanya apakah ada asuransi yang menjamin persalinan dan perawatan gigi.

As a matter of fact, manfaat persalinan dan perawatan gigi biasanya ditawarkan pada produk asuransi kantor (Group Health). Manfaat persalinan dan perawatan gigi jarang ditemukan pada asuransi personal seperti Maestro Optima Care dan asuransi individu lainnya.

Bagaimana cara mengakalinya?

To be honest, persalinan dan perawatan gigi bukanlah sesuatu yang unexpected. Persalinan dan perawatan gigi bisa direncanakan sehingga untuk anggaran dan biaya persalinan bisa diperkirakan dan disisihkan jauh-jauh hari.

Kelemahan terakhir yang akan dibahas ialah Premi yang tentu sangat sensitif dan subjektif. Selengkapnya setelah pesan sponsor berikut ini.



Premi asuransi kesehatan Maestro Optima Care cenderung meningkat seiring berjalannya waktu

Saya selalu mengingatkan nasabah saya bahwa Premi asuransi kesehatan Maestro Optima Care cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini sangatlah lumrah terjadi dalam industri asuransi. Beberapa nasabah asuransi unit link merasa safe hanya karena telah membayar Premi secara flat. Padahal, biaya-biaya yang timbul ketika memiliki asuransi unit link sangat mungkin untuk meningkat seiring berjalannya waktu. For more information, please reach out your agents accordingly.

Pernahkah kita membayangkan apa yang akan terjadi pada Perusahaan Asuransi atau Penanggung bila Premi asuransi atau biaya asuransi tidak mengalami kenaikan alias flat seumur hidup di saat biaya kebutuhan hidup mengalami kenaikan dan harga kamar Rumah Sakit melonjak?

Untuk mengimbangi inflasi dan kenaikan harga kamar Rumah Sakit, perusahaan asuransi membutuhkan resource yang lebih tinggi demi mendapatkan growth investasi yang lebih besar daripada bunga inflasi. Dalam growth investasi yang ‘high gain’ tersebut tersirat pula ‘high risk’ yang wajib dikelola.

Sebagai lembaga keuangan, perusahaan asuransi mengandalkan uang dan kekayaan dalam beroperasi dan mengelola risiko. Bila ia tidak memiliki ketangguhan finansial, ia mungkin akan kesulitan membayar Klaim yang diajukan oleh nasabah sekaligus menempatkan nasabah dalam Risiko seperti yang dialami oleh beberapa perusahaan asuransi di Indonesia.

Bagaimana cara mengakalinya?

Kenaikan harga atau inflasi merupakan hal yang wajar dan tak bisa dihindari. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menabung atau berinvestasi dengan tujuan agar kekayaan yang kita miliki tidak tenggelam digerus oleh inflasi sekaligus menyiapkan dana yang cukup untuk segala rencana dan kegiatan yang akan kita lakukan dalam kehidupan yang indah ini.

Kita mungki terlalu sibuk dan lupa bahwa investasi terbaik adalah investasi yang dimulai. Oleh karena itu saya sering menganjurkan teman, kolega, dan nasabah asuransi saya untuk memulai berinvestasi sejak dini. Waktu merupakan aset yang tidak bisa diputar kembali dan ia mampu menggandakan uang dan kekayaan yang kita miliki secara perlahan.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Artikel yang berkaitan











0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This