Perbandingan penghasilan antara agen asuransi dengan pegawai kantoran

Perbandingan penghasilan antara agen asuransi dengan pegawai kantoran





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 26 Jun, 2020

Kategori: asuransi

Label: asuransi

Tidak terasa saya telah bekerja dan menjadi pegawai kantoran selama 7 tahun semenjak lulus dari bangku kuliah tahun 2013 silam. Menjadi sarjana pertama dalam keluarga dengan IPK seadanya membuat saya sadar bahwa perjalanan hidup saya tidak seindah orang lain. Saat itu saya harus menerima bahwa kecil kemungkinan saya untuk mendapatkan beasiswa dan bekerja di perusahaan sekelas Accenture seperti kesempatan yang diterima oleh teman-teman dan rekan sebaya saya.

Mengawali karir sebagai IT Consultant yang bertugas untuk melakukan instalasi sekaligus konfigurasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) di banyak perusahan membuat saya banyak berinteraksi dengan orang asing dan berkenalan dengan orang-orang baru. Layaknya Millenials pada umumnya yang menjadi kutu loncat dengan berpindah-pindah pekerjaan, demikianlah kegiatan saya dalam mengeksplorasi dunia karir sekaligus mendapatkan uang jajan tambahan.

Singkat cerita, akhirnya tiba di suatu masa dimana saya menjalani profesi sebagai pegawai kantoran sekaligus agen asuransi dalam waktu yang bersamaan. Beberapa kegiatan yang saya alami:

  • ngerasain double income
  • ngerasain komisi agen asuransi lebih besar dari penghasilan pegawai kantoran
  • ngerasain penghasilan pegawai kantoran lebih besar dari komisi asuransi
  • cuti demi jualan asuransi
  • memanfaatkan waktu istirahat kantor buat followup nasabah asuransi
  • jualan asuransi ke teman-teman kantor
  • dan banyak lagi pengalaman lainnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin membagikan Perks & Benefits sekaligus penghasilan menjadi agen asuransi dan pegawai kantoran yang akan dibahas lebih rinci setelah pesan sponsor berikut ini.



Perks & Benefits

Menjadi pegawai kantoran sekaligus agen asuransi merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ada kalanya di saat kita meeting dan membahas topik yang sangat penting bin mendesak, tiba-tiba nasabah menelepon dan bertanya soal manfaat dari Asuransi Jiwa maupun asuransi kesehatan hingga dibuatkan penawaran. Dibalik rumitnya pekerjaan yang kudu dilakukan, kita akan membahas Perks & Benefits dari kedua profesi yang diawali dengan Perks & Benefits menjadi pegawai kantoran

Perks & Benefits menjadi pegawai kantoran

Ada banyak Perks & Benefits menjadi pegawai kantoran yang tidak dimiliki oleh agen asuransi, seperti:

Gaji Pokok

gak ada lawan! Gaji Pokok merupakan salah satu keuntungan menjadi pegawai kantoran dibandingkan agen asuransi. Pegawai berhak menerima Gaji Pokok yang akan dibayarkan oleh perusahaan setiap bulan. Gaji Pokok yang dibayarkan setiap bulan sangat membantu kita untuk mengukur dan melakukan forecasting atas kondisi finansial kita di masa mendatang.

Bila kita memutuskan untuk mengambil cicilan atau angsuran Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA) misalnya, Slip Gaji merupakan salah satu dokumen persyaratan yang wajib disiapkan oleh pegawai untuk mendapatkan cicilan/angsuran tersebut.

Bila seorang agen asuransi memutuskan untuk mengambil cicilan atau angsuran KPR/KPA, ia dapat melampirkan Slip Komisi yang diberikan oleh Perusahaan Asuransi setiap bulannya. Tentu saja nominal yang tertera pada Slip Komisi memiliki nilai yang berbeda mengacu pada performa penjualan setiap bulannya.

Perks & Benefits menjadi pegawai kantor lainnya dapat dibaca setelah pesan sponsor berikut ini, so keep on reading!



Asuransi kesehatan kantor

Asuransi kesehatan merupakan komponen vital dalam perencanaan keuangan, karena ia bertugas untuk meredam pengeluaran yang ditujukan untuk membayar tagihan rumah sakit secara mendadak dan tak terduga. Beberapa perusahaan bonafide memberikan asuransi kesehatan swasta bagi pegawainya termasuk istri hingga anak dari pegawai, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan atau menyiapkan budget tak terduga untuk membayar tagihan Rumah Sakit.

Salah satu asuransi kantor yang cukup digemari oleh banyak perusahaan ialah asuransi kesehatan Smartcare Executive dengan manfaat klaim secara cashless dan dilengkapi dengan manfaat perawatan gigi hingga persalinan.

Berbeda dari pegawai kantoran, agen asuransi biasanya tidak dilengkapi dengan asuransi kesehatan kantor sehingga mereka diperkenankan untuk membeli asuransi kesehatan pribadi.

Outing!

Siapa diantara kita yang tidak suka rekreasi, jalan-jalan, travelling, dan apapun istilahnya?

Beberapa perusahaan mengadakan company outing/gathering yang diadakan setiap tahunnya. Tujuannya untuk memperkenalkan antara pegawai inter departemen dan divisi hingga hierarki. Biasnaya seluruh pegawai kantor akan diberangkatkan menuju suatu tempat tanpa dikenakan biaya untuk melakukan serangkaian aktifitas seru dan menyenangkan.

Berbeda dari pegawai kantoran yang cenderung melakukan company outing/gathering setiap tahunnya, agen asuransi pun dapat melakukan rekreasi dan travelling tanpa dikenakan biaya dengan mengikuti kontes yang diadakan oleh Perusahaan Asuransi setiap tahunnya. Sebagai contoh, agen asuransi AXA Financial Indonesia berhak mendapat hadiah jalan-jalan ke Paris tanpa dikenakan biaya sepeserpun hanya dengan melakukan penjualan asuransi sebesar Rp. 700,000,000 untuk First Year Premium (FYP).

Doakan saya bisa jalan-jalan ke Hokkaido secara gratis dengan mengumpulkan penjualan asuransi sebesar Rp. 350,000,000 FYP yhaaaaaaaaaaa~

Benefit lainnya yang tak kalah menarik dibahas setelah pesan komersial berikut ini.



Soft loan, tunjangan kendaraan, Laptop Ownership Program (LOP)

Beberapa perusahaan mengijinkan pegawainya untuk mengajukan Soft loan atau biasa disebut sebagai Pinjaman Lunak. Pinjaman ini dapat dipergunakan untuk beberapa hal seperti:

  • Pembayaran down payment rumah
  • Pembayaran down payment kendaraan bermotor
  • Dana Darurat tambahan
  • Melunasi tagihan yang memiliki bunga tinggi
  • dan banyak lagi kegunaan lainnya

Bagi teman-teman software engineer dijamin ngiler dengan Benefit Laptop Ownership Program. Benefit ini dapat digunakan untuk mendapatkan laptop/notebook gratis dengan membayarnya dengan masa kerja tertentu. Tentu saja laptop/notebook yang diinginkan dapat dibawa pulang ke rumah dan membantu operasional serta pekerjaan kita di rumah.

At least kita gak perlu keluar uang untuk mendapatkan laptop/notebook

Untuk pegawai kantoran yang menempati posisi bagian atas, beberapa perusahaan memberikan tunjangan kendaraan dengan subsidi angsuran kendaraan yang dimiliki oleh pegawai. Selama angsuran berjalan, pegawai tidak diperkenankan untuk resign dan meninggalkan perusahaan.

Hah? Masih tanya benefit yang dimiliki agen asuransi?

Cari pinjeman sendiri, beli laptop sendiri hingga mengangsur kendaraan sendiri. Wkwk~

Perks & Benefits menjadi agen asuransi

Setelah kita membahas Perks & Benefits dari pegawai kantoran, selanjutnya kita akan membahas Perks & Benefits menjadi agen asuransi setelah pesan komersial berikut ini.



Kebebasan dalam mengatur waktu bekerja

Menjadi agen asuransi berarti memiliki kebebasan waktu bekerja. Tidak peduli apakah itu weekday atau weekend, seorang agen asuransi berhak menentukan waktu bekerja masing-masing. saking fleksibelnya, saya memiliki tagline di bawah ini saat berjualan asuransi:

berangkat lebih siang dan pulang lebih sore dari pegawai kantoran

Sangat mungkin bagi agen asuransi untuk tetap mendapatkan penghasilan meski mereka tidak mendapatan nasabah baru di tahun berjalan.

Bila target tahun ini sudah terpenuhi, maka sangat mungkin bagi mereka tidak perlu berjualan asuransi hingga penghujung tahun. Perks & Benefits yang satu ini sangat sulit diperoleh pegawai kantoran yang masih megnandalkan mesin absensi dan kehadiran di kantor untuk menghitung penghasilan.

*Faktanya, leads mungkin berdatangan secara otomatis disaat kita ingin bersantai sejenak karena referensi dari nasabah yang sudah ada sehingga mau tidak mau agen asuransi wajib melayani calon nasabah dengan baik.

Kebebasan dalam mengatur penghasilan

Selain memiliki kebebasan dalam mengatur waktu bekerja, seorang agen asuransi juga memiliki kebebasan dalam mengatur penghasilan. Sangat mungkin bagi agen asuransi untuk mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta atau ratusan juta sekalipun. Mereka hanya perlu menjual produk asuransi dengan FYP yang sangat besar untnuk mendapatkan penghasilan dengan nominal fantastis tersebut.

Kebebasan dalam mengatur penghasilan akan sulit diiperoleh pegawai kantoran dikarenakan adanya syarat, ketentuan, dan perjanjian dalam Grading dan remunerasi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Untuk mendapatkan penghasilan dengan nominal fantastis tersebut, pegawai kantoran dapat menempuh beberapa cara di bawah ini:

  • Bekerja dengan giat hingga menempati tingkatan teratas seperti C Level, hingga Board of Director (BOD).
  • Bekerja secara lembur hingga 16 jam sehari demi mengejar target agar mendapatkan insentif, bonus, dan komisi.

Perks & Benefits dari agen asuransi yang akan saya bahas selanjutnya dijamin menarik dan membuat kita berpikir untuk menjadi agen asuransi. Selengkapnya setelah pesan komersial dan sponsor berikut ini.



Bekerja 1 hari untuk mendapatkan penghasilan hingga bertahun-tahun

Saya pernah membuat satu tulisan yang membahas tentang penghasilan agen asuransi. Artikel tersebut dapat dibaca dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Artikel tersebut membahas tentang sumber pemasukan agen asuransi. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa sebagian Perusahaan Asuransi menerapkan komisi seumur hidup untuk produk-produk tertentu.

Bila kita berhasil menjual produk tersebut kepada nasabah, maka komisi yang didapatkan berlaku seumur hidup selama nasabah berlangganan dan membayar Premi yang telah ditentukan oleh Perusahaan Asuransi atau Penanggung.

Bila kita mendapatkan komisi terus menerus seumur hidup, maka kita telah berhasil mendapatkan pemasukan pasif (Passive Income) selama nasabah berlangganan. Uang telah bekerja untuk kita dan kita dapat menambah pemasukan lain yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan kita. Bila pemasukan pasif tersebut lebih besar dari pengeluaran kita sehari-hari, maka kita telah mencapai level tertinggi dari keuangan, yakni Financial Freedom .

Kesimpulan

Sebelum saya akhiri artikel dengan tulisan yang teramat panjang berikut ini, saya akan menarik beberapa kesimpulan berdasarkan Perks & Benefits yang sudah dijabarkan di atas. In short, menjadi agen asuransi memiliki tantangan dan risikonya tersendiri. Seorang agen asuransi wajib memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan secara advance dan disiplin dikarenakan penghasilan yang tidak tetap setiap bulannya.

Menjadi pegawai kantor merupakan jalan pintas dengan risiko yang lebih kecil karena ada jaminan penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Ia pun memiliki segudang Perks & Benefits yang tidak diperoleh oleh agen asuransi.

Apapun pilihan dan jalan yang ditempuh, kiranya kita semua dapat bekerja dengan jujur dalam meraih pendapatan secara benar dan halal menurut iman dan kepercayaan masing-masing.

Aamin.

Bila diantara pembaca ada yang tertarik untuk mencari informasi lebih jauh maupun berminat untuk menjadi agen asuransi, akun Twitter selalu terbuka bagi teman-teman yang ingin bertanya maupun konsultasi seputar keuangan dan asuransi. Pembaca juga diperkenankan untuk menjangkau saya secara pribadi melalui kontak Whatsapp yang tertera dalam website ini.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This