Kenali beberapa jenis manfaat asuransi mobil sebelum membelinya

Kenali beberapa jenis manfaat asuransi mobil sebelum membelinya





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 21 Jun, 2020

Bicara soal asuransi, pasti kita sudah tidak merasa asing lagi karena saat ini hampir semua jenis barang biasanya didaftarkan asuransinya. Hal tersebut bertujuan supaya barang yang dilindungi asuransi akan lebih terjamin dan memperkecil risiko tanggungan pembayaran ketika barang tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

in short, biar gak jatoh dan ketimpah tangga.

Tidak terkecuali, mobil pun pada umumnya memiliki asuransi, terlebih jika si pemilik mobil pribadi menginginkan jaminan ketika terjadi kerusakan di hari mendatang. kerusakan terbit bisa disebabkan oleh kecelakaan, atau hal-hal lain yang bisa memicu ketidakberesan pada keadaan mobil pribadi. jadi, jika kita memiliki mobil pribadi, lebih baik segera daftarkan asuransinya dan dapatkan segera manfaatnya seperti yang akan kami ulas setelah pesan komersial berikut ini.



Apa itu asuransi?

Jika kita masih berasa bingung mengenai definisi asuransi, maka berikut ini adalah pengertiannya. Asuransi merupakan suatu proses perjanjian yang bisa kita atau pemilik suatu barang pribadi lainnya lakukan dengan seorang Penanggung yang nantinya akan menerima Premi. nah, Premi tersebut nantinya dititipkan kepada Penanggung sehingga bila terjadi risiko dalam waktu yang tak terduga, Penanggung akan memberikan penggantian kepada pemilik kendaraan sebagai suatu manfaat asuransi.

Jika kita memiliki mobil pribadi dan didaftarkan ke suatu asuransi, maka, secara otomatis, kita akan mendapatkan suatu jaminan penggantian dana ketika terjadi kehilangan ataupun kerusakan akibat kecelakaan. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak merasa ragu lagi akan manfaat Asuransi Mobil yang akan kita dapatkan nantinya karena pada hakikatnya, asuransi yang kita miliki akan sangat bermanfaat di masa depan nantinya.  

Kebanyakan orang menyepelekan manfaat yang dimiliki oleh asuransi, mereka beranggapan bahwa asuransi tidak ada gunanya, malah harus kehilangan uang untuk membayar Premi di setiap bulannya. Namun, sebenarnya, asuransi memiliki banyak sekali manfaat yang tidak diketahui oleh orang-orang awam yang menganggap asuransi tidak ada gunanya tersebut. 

Perlu kita ketahui, asuransi tidak memiliki sistem yang sama halnya dengan kartu atm, yang bisa kita gesek kapan saja dan bisa cair uangnya. Asuransi tidak memiliki sistem demikian, melainkan asuransi seperti halnya tabungan masa depan yang dapat dicairkan ketika terjadi risiko seperti kecelakaan, kerusakan atau kehilangan. jadi, katakanlah kita memiliki Asuransi Mobil, maka manfaat Asuransi Mobil tersebut bisa kita gunakan ketika mobil kita mengalami kerusakan. Namun perbedaan antara asuransi dan tabungan akan saya bahas secara singkat setelah pesan komersial berikut ini.



Apa yang membedakan asuransi dengan tabungan?

secara sekilas, asuransi memang terlihat seperti menabung. kita menyetorkan sejumlah uang secara rutin, dan uang tersebut dapat kita ambil bila terjadi risiko.

paling tidak itulah yang diketahui oleh khalayak umum tentang asuransi.

Produk asuransi tidaklah sesederhana itu. Berikut perbandingannya secara tabel:

fiturtabunganasuransi
setoranditentukan oleh diri sendiri dan nominalnya bervariatif.telah ditentukan oleh Penanggung dan mungkin meningkat seiring berjalannya waktu.
klaimdapat dicairkan sewaktu-waktu.hanya dapat dicairkan bila terjadi risiko.
perkembangan danasesuai nominal yang disetorkan ditambah bunga yang relatif kecil.sesuai manfaat yang ditawarkan.
peruntukanbisa digunakan untuk apa saja sesuai kebutuhan.hanya diperuntukkan untuk mengganti atau meminimalisir kerugian akibat terjadinya risiko.

Selain Asuransi Mobil, kita bisa juga memiliki asuransi pribadi, asuransi kesehatan, Asuransi Jiwa, dan masih banyak jenis asuransi lainnya yang bisa kita manfaatkan dan kita dapatkan dengan mudah. Pada artikel ini kita akan membahas secara spesifik tentang Asuransi Mobil setelah pesan komersial berikut ini.



Apa saja manfaat Asuransi Mobil?

Setelah mengetahui seluk beluk asuransi secara singkat melalui ulasan di atas, sekarang kita bisa menambah wawasan mengenai manfaat apa saja yang akan kita dapatkan ketika memiliki Asuransi Mobil pribadi. Oleh karenanya, berikut ini beberapa manfaat Asuransi Kendaraan yang bisa kita dapatkan.

Sebagai perlindungan kendaraan

Nah, bicara soal perlindungan kendaraan, selain harus rutin dibawa ke bengkel untuk servis secara berkala dan teratur, kita juga harus memiliki asuransi untuk kendaraan atau mobil pribadi kita. Hal tersebut bertujuan agar nanti, ketika ada hal-hal buruk terjadi secara mendadak seperti kehilangan, atau kerusakan parah, kita bisa mendapatkan keringanan dalam pembiayaan atau perawatan untuk mobil pribadi kita tersebut.

Di beberapa produk asuransi seperti axa mandiri mobil misalnya, pemilik kendaraan berhak melakukan Klaim bila mobil yang diasuransikan mengalami kecelakaan dan terpaksa menginap di bengkel.

Jenis asuransi pada mobil

Sebagai seorang pelanggan atau pengguna asuransi, paling tidak kita harus mengetahui jenis asuransi yang nantinya akan kita pilih beserta kelebihan dan kekurangannya, sehingga kita tidak akan sampai salah dalam memilih jenis asuransi untuk kendaraan atau mobil pribadi kita. Berikut ini 3 macam jenis dan manfaat Asuransi Mobil yang bisa kita pilih.

Asuransi gabungan (all risk)

jenis asuransi pada mobil yang pertama yaitu dinamakan dengan asuransi gabungan, di mana asuransi tersebut akan memberikan jaminan ketika terjadi kecelakaan besar maupun kecil. Selain itu, asuransi gabungan juga akan memberikan jaminan ketika terjadi kehilangan pada perlengkapan tambahan yang sudah ada. Asuransi jenis ini bersifat menyeluruh baik dalam jaminan maupun perlindungannya.

Biasanya Premi yang dikenakan untuk asuransi gabungan (all risk) lebih tinggi dibandingkan asuransi kerugian total (total loss only) yang bakal dibahas lebih lanjut setelah pesan sponsor berikut ini.



Asuransi kerugian total (total loss only)

jenis yang kedua adalah asuransi kerugian total, meski dinamakan dengan asuransi kerugian total, tapi, yang ditanggung oleh asuransi jenis ini memiliki batasan sebanyak 75 persen saja dari harga keseluruhan kendaraan kita. Jadi, misalnya ketika kendaraan kita hilang, maka pertanggungan dana yang diberikan hanya sebesar presentase 75 persen saja dari harga kendaraan kita. Tentu saja Premi yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan Premi yang dikenakan pada produk Asuransi Mobil gabungan (all risk).

Asuransi perkara

Jenis asuransi yang terakhir adalah jenis perluasan asuransi, di mana asuransi ini memberikan manfaat pertanggungan kepada pihak ketiga. jadi, misalnya mobil kita mengalami kecelakaan, maka, asuransi ini bisa digunakan untuk pihak ketiga dan para penumpang lainnya.

Manfaat Asuransi Mobil tentu akan sangat berguna di masa mendatang. Dengan kata lain, bisa digunakan untuk tabungan ketika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan seperti halnya kehilangan dan kecelakaan. Oleh karena itu, kita tidak boleh ragu untuk segera mendaftarkan kendaraan kita supaya memiliki asuransi. Selain itu, kita juga harus memastikan tidak salah memilih jenis asuransi yang akan kita gunakan nantinya. Kesalahan dalam memilih jenis asuransi akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Sangat disarankan untuk mengenali kebutuhan perlindungan yang sesuai dengan mobil untuk meminimalisir pembayaran Premi yang tidak perlu. Bila kita merasa mobil yang kita miliki telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang super canggih, mungkin kita hanya perlu membeli Asuransi Kendaraan yang menjamin atau memberikan santunan ganti rugi bila mobil mengalami kerusakan akibat bencana alam.

Sebaliknya, bila kita merasa mobil yang kita miliki jarang digunakan, mungkin kita hanya perlu membeli Asuransi Kendaraan yang menjamin atau memberikan santunan ganti rugi bila mobil dicuri atau dirampok oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Agen Asuransi Kendaraan selalu siap melayani kita kapanpun kita membutuhkan informasi lebih lanjut terkait Asuransi Kendaraan serta cara melakukan klaim Asuransi Kendaraan.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This