Cara pembayaran Premi pada asuransi tradisional maupun unit link

Cara pembayaran Premi pada asuransi tradisional maupun unit link

by | Jan 26, 2021 | asuransi | 0 comments











1 hal yang pasti ketika kita memiliki asuransi ialah kita terlindungi. Kita terlindungi dari Risiko yang mungkin timbul dan memaksa kita untuk merogoh kocek dan mengeluarkan uang lebih besar dari biasanya untuk suatu kesalahan/peristiwa/kemalangan/malapetaka yang tidak kita lakukan. Contoh sederhana ialah kecelakaan lalu lintas.

namanya juga kecelakaan, pasti tidak ada seorang pun di dunia ini yang menginginkannya.

Benar. Namun kita tidak bisa menyangkal bahwa kecelakaan sangat mungkin terjadi kapanpun dan dimanapun kita berada. Itulah yang disebut dengan istilah Risiko.

Daripada kita menanggung Risiko tersebut seorang diri dengan menggunakan Dana yang terbatas, mengapa kita tidak mengalihkan Risiko tersebut kepada Perusahaan Asuransi dengan membayar Premi asuransi dan biarkan mereka mengelola Risiko yang terjadi pada kita?

Well, pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan mendasar mengapa kita perlu asuransi dan membayar Premi bahkan untuk sesuatu yang tidak kita inginkan.



Penjelasan singkat terkait Premi

Premi merupakan salah satu komponen penting dalam bisnis asuransi. Tanpa adanya Premi, Perusahaan Asuransi mungkin akan kesulitan dalam mengumpulkan dan mengelola kekayaan yang ada. Bila hal ini terjadi, sangat mungkin Perusahaan Asuransi mengalami collapse atau bangkrut dan merugikan semua orang yang terikat di dalamnya.

pasti sudah pada tahu dong Perusahaan Asuransi yang mengalami kebangkrutan. kira-kira, bagaimana nasib nasabah mereka ya?

Seorang Agen Asuransi yang bijak akan menghitung Premi yang dibebankan kepada nasabah dengan sangat hati-hati. Ia harus mengukur apakah Premi yang dibebankan dapat ditanggung oleh nasabah dalam sesuai tenor dan Masa Pertanggungan yang telah ditetapkan dalam produk asuransi. Premi yang terlalu ringan mungkin memberikan manfaat yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Premi yang terlalu tinggi mungkin akan berakibat buruk pada Cashflow jangka panjang nasabah.

Tak banyak yang tahu bahwa Premi dapat berubah menjadi lebih mahal atau lebih murah oleh karena beberapa kondisi berikut ini:

  • Perubahan manfaat Polis sehingga Premi yang dibebankan bertambah
  • Inflasi yang menyebabkan Premi bertambah
  • Pemegang Polis melakukan upgrade/downgrade Plan asuransi
  • Pemegang Polis menambah atau mengurangi asuransi tambahan (Rider)
  • Risiko yang meningkat sehingga Premi mengalami kenaikan harga
  • dan banyak lagi kondisi lainnya

Itulah sebabnya mengapa saya selalu menganjurkan nasabah untuk aware dan memahami kondisi yang disebutkan di atas.

Sampai sini kita telah memahami apa itu Premi dan pentingnya untuk melakukan pembayaran Premi secara berkesinambungan demi mendapatkan manfaat optimal terhadap Risiko yang ada.

Selanjutnya kita akan membahas cara melakukan pembayaran Premi pada asuransi setelah pesan komersial berikut ini.



Cara pembayaran Premi pada Asuransi Tradisional maupun Unit Link

Setiap nasabah pasti memiliki preferensi masing-masing. Saya pribadi lebih menyukai melakukan pembayaran Premi dengan frekuensi tahunan secara transfer manual via Virtual Account Bank BCA. Tentu saja metode pembayaran seperti ini mungkin tidak sesuai bagi pembaca yang tidak memiliki rekening bank BCA.

“urusan bayar membayar sudah harusnya dipermudah dan dibikin gampang”

Pada saat kita membuka Polis asuransi, biasaya Agen Asuransi akan menanyakan bagaimana cara nasabah untuk melakukan Premi renewal atau perpanjangan. Opsi pembayaran Premi renewal yang disediakan setiap perusahaan asuransi pun berbeda. Oleh karena itu disarankan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait cara pembayaran Premi Asuransi kepada Perusahaan Asuransi.

Namun, ijinkan saya memberikan rekomendasi cara melakukan pembayaran Premi Asuransi yang menguntungkan buat anda setelah pesan komersial berikut ini.



Cara Pembayaran Premi Asuransi yang direkomendasikan

Terlepas dari banyaknya metode dalam melakukan pembayaran Premi, saya menganjurkan pembaca atau nasabah untuk melakukan pembayaran asuransi dengan frekuensi tahunan via autodebet Kartu Kredit dengan beberapa pertimbangan berikut ini:

Lebih ekonomis

Salah satu cara dalam mendapatkan Premi asuransi yang lebih murah ialah dengan memilih frekuensi pembayaran secara Tahunan. Secara kasat mata, Premi tahunan mungkin terlihat lebih mahal dibandingkan Premi bulanan.

Bila kita melihatnya menggunakan perspektif berbeda, kita mendapatkan manfaat asuransi yang sama dengan harga yang lebih ekonomis bila kita memilih frekuensi pembayaran secara tahunan.

Selain itu, kita juga berhak mendapatkan Premi yang lebih murah dengan mengandalkan promo, diskon, cashback yang diadakan oleh perusahaan asuransi seperti contoh di bawah ini:

contoh promo Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care cashback
contoh promo Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care cashback

Meningkatkan kredibilitas dan Credit Scoring di sisi perbankan

Selain lebih ekonomis, alasan lain mengapa saya menganjurkan pembaca untuk melakukan pembayaran dengan frekuensi tahunan melalui Kartu Kredit ialah untuk meningkatkan kredibilitas dan Credit Scoring di sisi perbankan.

Mungkin diantara kita pernah ada yang bertanya terkait kredit. Mengapa sebagian orang sulit sekali mendapatkan pinjaman sementara lainnya sangat mudah mendapatkan pinjaman atau Kredit. Selain itu, kita mungkin bertanya mengapa sebagian orang dikenakan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain.

Hal ini disebabkan oleh nilai Credit Scoring. Seseorang dengan nilai Credit Scoring yang lebih tinggi akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dengan bunga yang relatif rendah bila dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki nilai Credit Scoring lebih rendah.

Penjelasan singkat terkait Credit Scoring dapat dibaca setelah pesan komersial berikut ini.



Bank memberikan kepercayaan kepada nasabah melalui bervariasi fasilitas kredit, diantaranya:

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
  • Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)
  • Kredit Pemilikan Kendaraan Bermotor (KPB)

Bila kita mampu melunasi dan menyelesaikan Kredit tersebut, maka kita telah membuktikan bahwa kita memiliki Cashflow dan finansial yang cukup tangguh dalam waktu tenor yang telah ditentukan sehingga kita mampu menyelesaikan Kredit tersebut.

Therefore, nilai Credit Scoring kita meningkat dan kita akan dipermudah untuk mendapatkan pinjaman dengan nominal yang lebih tinggi di masa mendatang!

In short, Credit Scoring yang baik merupakan salah satu Privileges yang membantu kita dalam mendapatkan Dana atau pinjaman di masa mendatang.

Menjamin ketersediaan Dana dalam melakukan pembayaran Premi asuransi

Manfaat lain yang diterima bila kita melakukan pembayaran Premi asuransi via Kartu Kredit ialah kita dapat melakukan pembayaran meski Dana yang tersimpan belum mencukup sehingga Premi asuransi dapat dilunasi sesuai tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, manfaat dan perlindungan asuransi yang kita terima tetap aktif jika sewaktu-waktu terjadi Risiko.

Setelah Premi asuransi dilunasi menggunakan Kartu Kredit, selanjutnya kita dapat mengangsur Premi tersebut melalui penghasilan yang diterima setiap bulannya secara berkala.

Dengan melakukan pembayaran tagihan Kartu Kredit, jangan lupakan manfaat penting setelah pesan komersial berikut ini ya!



Dapatkan manfaat dan reward dengan melakukan pembayaran via Kartu Kredit

Mungkin diantara kita yang hobi bepergian dan Traveling sudah familiar dengan reward Garuda Miles. Garuda Miles merupakan reward yang diberikan kepada mereka pemegang Kartu Kredit Garuda Miles. Setiap tagihan Kartu Kredit yang kita lunasi, akan menambah poin Garuda Miles yang kita miliki.

Selanjutnya kita dapat menggunakan poin Garuda Miles tersebut untuk bepergian dan Traveling sesuai dengan hobi dan kegemaran kita.

Selain itu, pemegang Kartu Kredit Garuda Miles juga berhak mendapatkan benefit tambahan seperti:

  • Free wifi di Airport
  • Free cabin/baggage
  • Free akses premium lounge/waiting room
  • Free food and drinks
  • dan free free lainnya.

Kesimpulan:

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan Pembayaran Premi. Sebagai nasabah kita memiliki wewenang dalam menentukan frekuensi pembayaran dan metode yang digunakan untuk melakukan pembayaran Premi lanjutan.

Selain itu kita juga memiliki hak untuk melakukan perubahan frekuensi dan metode pembayaran Premi asuransi yang akan saya bahas pada artikel terpisah. So, don’t miss it and subscribes now!

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca juga bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Gratis konsultasi terkait asuransi khusus untuk pengunjung situs asuransimurni.com!






0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.






Pin It on Pinterest

Shares
Share This