Bisakah kita menabung di asuransi?

Bisakah kita menabung di asuransi





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 3 Jun, 2020

Kategori: asuransi | tabungan

Menabung merupakan sebuah keputusan finansial yang selayaknya dilakukan oleh semua orang. Dengan menabung, kita sedang menyisihkan uang di masa ini untuk penghasilan di masa mendatang. However, i think menabung merupakan sebuah priviledges yang tak bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Hal ini disebabkan oleh setiap orang memiliki pemasukan, pengeluaran, tabungan dan utang masing-masing. Bila kita bisa menabung, maka ada 2 kemungkinan yang saat ini terjadi:

  • Kita memiliki penghasilan yang amat besar sehingga kita memiliki spare uang untuk ditabung,
  • Kita memiliki pengeluaran yang sangat sedikit sehingga kita memiliki spare uang untuk ditabung

Kita bisa menabung di banyak tempat. Mulai dari menabung di rekening Bank, celengan ayam, hingga bervariasi produk keuangan seperti investasi dan asuransi. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas apakah bisa menabung di asuransi dan akan dibahas secara rinci dan mendetail setelah pesan sponsor berikut ini.



Mengenal jenis-jenis asuransi yang sering ditawarkan kepada masyarakat (awam)

Sebelum membahas cara menabung di asuransi secara lebih rinci dan mendalam, terlebih dahulu kita perlu mengetahui jenis-jenis asuransi yang sering ditawarkan kepada masyarakat (awam). Tujuannya ialah untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah serta terhindar dari adanya misselling dalam membeli/menjual produk keuangan. Bila kita salah memilih produk keuangan, bisa jadi kita membeli produk yang tidak diperlukan dan uang kita berkurang untuk membiayai produk keuangan tersebut seperti yang dialami oleh nasabah berikut ini:

Paling tidak ada 3 jenis asuransi yang sering kita jumpai di keseharian kita:

  • Asuransi tradisional
  • Asuransi endowment
  • Asuransi unit link

3 produk tersebut akan kita bahas secara singkat setelah pesan komersial berikut ini.

Asuransi tradisional

Asuransi tradisional merupakan produk keuangan yang tidak memiiki nilai tunai maupun nilai investasi di dalamnya. Biasanya asuransi tradisional hanya mengandung 1 produk untuk setiap proteksi, seperti:

  • Asuransi kesehatan tradisional
  • Asuransi jiwa tradisional

Asuransi tradisional umumnya memiliki Premi yang cenderung meningkat seiring berjalannya tahun dan tidak ada pengembalian Premi atau nilai investasi atau nilai tunai yang dapat dicairkan bila kita membatalkan Polis asuransi tradisional. Salah satu contoh produk asuransi tradisional ialah Maestro Optima Care dan Maestro Term dari AXA Financial Indonesia. Namun entah mengapa menurut sebagian orang, produk asuransi tradisional sangat sulit ditemukan di pasaran.

Setelah asuransi tradisional, berikutnya adalah asuransi endowment yang akan dibahas secara singkat setelah pesan sponsor berikut ini



Asuransi endowment

Asuransi merupakan produk yang sangat spesial. Bila kita membeli sesuatu, tentu kita tidak sabar untuk menggunakan produk tersebut. Namun hal ini tidak berlaku bagi asuransi. Asuransi hanya bisa digunakan ketika terjadi risiko atas Tertanggung seperti:

  • Risiko sakit penyakit sehingga harus menjalani rawat inap di rumah sakit dan mengeluarkan uang untuk membayar tagihan Rumah Sakit.
  • Risiko tutup usia sehingga tidak bisa memenuhi nafkah dan kebutuhan keluarga serta membayar tagihan atau angsuran bila ada

faktanya, tidak ada satupun dari kita yang ingin mengalami risiko tersebut, bukan? Lalu, mengapa kita mengeluarkan uang untuk risiko yang belum tentu terjadi? Bukankah itu kerugian besar?

Asuransi Endowment diciptakan untuk menjawab pertanyaan di atas. Dengan manfaat Nilai Tunai yang terkandung dalam asuransi endowment, nasabah dapat mencairkan Nilai Tunai yang ada dalam asuransi bila sewaktu-waktu membutuhkan dana yang tak terduga. Nilai Tunai yang tersedia biasanya telah ditentukan dalam Polis sehingga nominal dari Nilai Tunai tidak akan berubah selama Polis berlangsung. Salah satu produk asuransi endowment ialah Maestro Infinite Protection dari AXA Financial Indonesia.

Jenis asuransi yang akan dibahas selanjutnya ialah asuransi unit link dan saya yakin kita telah sering mendengar seluk beluk dan testimoni konsumen terhadap produk asuransi unit link.



Asuransi unit link

Asuransi unit link merupakan produk keuangan yang menggabungkan antara investasi dengan asuransi. Nilai investasi dalam asuransi bertujuan untuk:

  • Sebagai dana cadangan dalam Polis asuransi
  • Mengimbangi biaya Premi yang cenderung meningkat seiring berjalannya waktu dikarenakan faktor risiko maupun inflasi

Berinvestasi dalam asuransi tidak membuat kita lepas dan bersih dari yang namanya risiko. Risiko keuntungan dan kerugian saat berinvestasi di asuransi unit link ditanggung sepenuhnya oleh Pemegang Polis. Selain itu, Pemegang Polis juga bertanggung jawab untuk membayar biaya yang timbul dalam asuransi unit link seperti:

  • Cost of Insurance
  • Cost of Rider
  • Biaya akuisisi
  • Biaya switching investasi
  • Biaya pengelolaan investasi
  • dan biaya-biaya lainnya

Biaya-biaya tersebut nilainya bervariatif dan sangat disarankan bagi Pemegang Polis untuk memeriksa biaya yang dibebankan tersebut secara berkala. Salah satu produk asuransi unit link ialah Maestro Link Plus dari AXA Financial Indonesia

Setelah mengetahui 3 jenis asuransi, selanjutnya kita akan membahas manakah produk asuransi yang bisa digunakan untuk menabung setelah pesan sponsor di bawah ini.



Menentukan produk asuransi yang dapat digunakan untuk menabung

Setelah mengetahui 3 jenis asuransi di atas, kini kita tidak perlu khawatir untuk mendatangi agen asuransi atau Kantor Cabang Pembantu bank terdekat untuk bertanya produk asuransi yang dapat digunakan untuk menabung. Sesuai namanya, menabung berarti jumlah uang yang ada dalam saldo asuransi seperti NIlai tunai dan Nilai Investasi akan terus bertambah.

Berikut penjelasan dari masing-masing jenis asuransi terkait kebutuhan menabung di asuransi:

Asuransi tradisional tidak bisa digunakan untuk menabung

Sesuai penjelasan dari asuransi tradisional di atas, tidak ada nilai tunai maupun nilai investasi yang terbentuk bila kita membeli produk asuransi tradisional.

Asuransi Endowment bisa digunakan untuk menabung

Sesuai dengan penjelasan asuransi endowment di atas, asuransi jenis ini memiliki nilai tunai dalam Polis asuransi yang dapat dicairkan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan nilai tunai yang sudah disebutkan sesuai Kontrak Polis dan tidak akan berubah. Nilai Tunai yang telah ditetapkan hanya bisa dicairkan ketika kita telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Pada produk asuransi Endowment Maestro Infinite Protection misalnya, N

ilai Tunai sebesar 20% dari Uang Pertanggungan dapat dicairkan ketika Tertanggung telah berusia minimal 65 tahun. Nilai Tunai tersebut dapat digunakan untuk menambah tabungan dan dana pensun yang ada.

Asuransi Unit Link bisa digunakan untuk menabung

Nasabah juga bisa menabung dalam produk asuransi unit link karena ia memiliki nilai investasi. 1 hal yang membedakan antara asuransi endowment dengan asuransi unit link ialah nilai tunai dalam asuransi endowment bersifat fixed dan tidak akan berubah sementara nilai investasi dalam asuransi unit link cenderung berubah karena dipengaruhi oleh kinerja produk investasi yang dipilih.

Demikian beberapa jenis asuransi yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan uang. Pembaca dapat membaca artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi dalam menyiapkan dana pendidikan versi saya.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This