Membandingkan asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat dengan Maestro Optima Care

"Pada artikel ini saya membandingkan antara asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat dengan Maestro Optima Care secara transparan dan objektif."
Membandingkan asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat dengan Maestro Optima Care





Akhirnya genggss!!

Setelah sekian lama mencari-cari penawaran Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat untuk dibandingkan dengan Maestro Optima Care, akhirnya saya mendapatkan penawaran tersebut.

Eits, tentu saja artikel ini bukan untuk melihat siapa yang menang dan kalah, atau mana yang lebih bagus dan kurang bagus. Bagi saya yang terpenting ialah konsumen memperoleh informasi sejelas-jelasnya sehingga mereka berhak memutuskan dan mengambil keputusan keuangan secara objektif dan transparan.

So, here it goes!



Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat in a glance

Bagi pembaca yang belum tahu, Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat merupakan Asuransi Kesehatan murni dari perusahaan asuransi yang identik dengan warna merah. Kehadiran Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat secara langsung dapat menjadi opsi alternatif bagi konsumen yang sedang mencari Asuransi Kesehatan murni setelah produk Asuransi Kesehatan MiUltimate HealthCare dan Maestro Optima Care.

Dari sisi jenisnya, Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat, Asuransi Kesehatan MiUltimate Healthcare, dan Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care merupakan Asuransi Kesehatan murni. Artinya ketiga produk tersebut akan mengenakan kenaikan Premi seiring berjalannya waktu.

Sebagai calon nasabah Asuransi Kesehatan murni dan nasabah dari Asuransi Kesehatan murni, kita perlu aware terkait kenaikan harga ini. Jangan sampai kita malah kewalahan membayar Premi di saat kita sedang membutuhkan Asuransi Kesehatan untuk menjamin dan melunasi biaya tagihan rumah sakit.

Perbandingan: Pru Solusi Sehat VS Maestro Optima Care

Sebelum memutuskan untuk melakukan keputusan keuangan yakni membeli Asuransi Kesehatan murni, berikut beberapa perbandingan antara Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat dengan Maestro Optima Care. Perlu diingat bahwa saya membandingkan Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat Plan Silver B dengan Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care:

Manfaat ruangan rawat inap

Terus terang saya sangat menyukai manfaat yang ditawarkan oleh kedua Asuransi Kesehatan yang saya bandingkan. Keduanya memberikan jaminan ruangan rawat inap 1 bed per ruangan. Manfaat ini akan terasa kehadirannya disaat pandemi menyerang seperti sekarang, karena kita akan membutuhkan ruangan rawat yang private untuk meminimalisir kontak dan risiko tertular Covid19.

Kesimpulan:

Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care plan Emerald memberikan manfaat ruangan rawat inap yang setara dengan Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat

Pertimbangan lain yang akan saya bahas ialah Masa Pertanggungan yang dapat dibaca secara lengkap setelah pesan komersial berikut ini.



Masa Pertanggungan

Sebelum menjawab, saya ingin tsurhad terlebih dahulu.

Saya sering mendapat stigma negatif terkait Asuransi Kesehatan murni. Banyak calon nasabah yang bertanya pertanyaan brilliant di bawah ini:

“pak, apakah benar kalau Asuransi Kesehatan murni berhak memutus kontrak secara sepihak dan membatalkan perpanjangan kontrak?”

Pertanyaan di atas ada benar dan ada tidak benarnya juga. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pastikan Asuransi Kesehatan yang kita miliki mempunyai Masa Pertanggungan yang panjang.

Asuransi kesehatan Maestro Optima Care dan Asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat memiliki Masa Pertanggungan hingga kita berusia 99 tahun. Artinya Asuransi Kesehatan tersebut tetap aktif hingga kita berusia 99 tahun selama kita membayar Premi dan tidak melakukan kegiatan atau aktifitas yang dilarang oleh Polis.

Beberapa Asuransi Kesehatan ada yang memiliki Masa Pertanggungan jangka singkat hingga 1 tahun. Ini berarti kita wajib melakukan perpanjangan setiap tahun. Asuransi kesehatan seperti ini umumnya dijumpai pada Asuransi Kesehatan kumpulan atau biasa disebut Asuransi Kesehatan kantor.

Asuransi kesehatan kantor memiliki Masa Pertanggungan singkat karena beberapa perhitungan dan parameter tertentu seperti:

  • Pegawai mungkin akan berpindah pekerjaan atau mengalami Pemutusan Hubungan Kerja
  • Perusahaan hanya ingin melindungi Pegawai melalui Asuransi Kesehatan selama pegawai bekerja dan menjalani ikatan kontrak dengan Perusahaan
  • Perusahaan tidak ingin repot dalam mengelola dan menyiapkan dana kesehatan untuk membayar tagihan Rumah Sakit pegawai
  • dan beberapa pertimbangan lainnya.

Kesimpulan:

Asuransi kesehatan Maestro Optima Care dan Pru Solusi Sehat memiliki Masa Pertanggungan jangka panjang, yakni hingga Tertanggung berusia 99 tahun.



Jaminan perawatan Penyakit Kritis

Dibandingkan dengan penyakit umum seperti Demam Berdarah dan Tipus, Penyakit Kritis merupakan penyakit yang seharusnya menjadi pertimbangan dan concern utama bagi nasabah dalam memutuskan membeli Asuransi Kesehatan. Alasannya adalah karena perawatan dan pengobatan Penyakit Kritis membutuhkan biaya yang tidak sedikit, seperti yang diceritakan pada artikel berikut ini:

Tak ada seorang pun yang tahu kapan kita akan terjangkit Penyakit Kritis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi risiko tersebut ialah dengan memiliki Asuransi Kesehatan sedini mungkin yang menjamin perawatan serta pengobatan Penyakit Kritis.

Asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat dan Maestro Optima Care memberikan jaminan perawatan serta pengobatan atas Penyakit Kritis setelah melalui Masa Tunggu selama 12 bulan pertama sejak Polis terbit.

Inner Limit dalam kedua produk

Sebelum membahas perbedaan Inner Limit dalam kedua produk Asuransi Kesehatan tersebut, terlebih dahulu kita mengetahui apa itu Inner Limit.

Sesuai namanya, Inner Limit merupakan batasan-batasan yang telah ditetapkan oleh produk asuransi terhadap suatu Klaim atau Manfaat. Dalam hal ini, Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat mengenakan Inner Limit paling tidak namun tidak terbatas pada beberapa poin berikut ini:

  • Intensive Caring Unit (ICU) dengan jumlah hari dirawat maksimal ialah 150 hari per tahun
  • Kunjungan dokter umum dibatasi hanya 2 kali kunjungan per hari
  • Kunjungan dokter spesialis dibatasi hanya 2 kali kunjungan per hari per dokter spesialis
  • Biaya pendamping dibatasi hanya 150 hari per tahun

Santunan Pemakaman

Tak bisa dipungkiri bahwa ketika seseorang mengalami risiko tutup usia, paling tidak sanak saudara dan keluarganya wajib menyiapkan sejumlah uang untuk biaya pemakaman. Hal ini diperparah bila Tertanggung memiliki angsuran, tanggungan, cicilan, utang, tunggakan yang masih berjalan. Terkadang hal tersebut tidak masuk akal karena berpotensi memunculkan stigma negatif seperti:

“Situ yang meninggal kok malah nyusahin sini”

HeHeHeHeHe

Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat memiliki manfaat santunan pemakaman yang dapat diklaim bila Tertanggung mengalami risiko tutup usia akibat sakit dan kecelakaan. Manfaat ini merupakan keunggulan Pru Solusi Sehat bila dibandingkan dengan Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care.

Kesimpulan:

Asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat lebih baik karena ia memiliki manfaat santunan kematian. However, nasabah Maestro Optima Care dapat membeli Asuransi Jiwa dan menghitung Uang Pertanggungan secara terpisah untuk mendapatkan manfaat santunan kematian melalui produk terpisah.



Perbandingan Rawat Jalan

Harus kita akui bahwa Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat memiliki manfaat rawat jalan yang lebih baik bila dibandingkan dengan Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care dengan manfaat rawat jalan di bawah ini:

  • Biaya rawat jalan darurat untuk Kecelakaan
  • Biaya rawat jalan darurat lanjutan untuk Kecelakaan

Asuransi kesehatan Maestro Optima Care tidak memiliki manfaat rawat jalan apapun selain dari rawat jalan menuju rawat inap dan rawat jalan paska rawat inap. Serupa dengan Pru Solusi Sehat, rawat jalan yang dijamin oleh Maestro Optima Care adalah rawat jalan yang dilanjutkan dengan rawat inap atas diagnosa yang sama dalam kurun waktu 30 hari.

Selain itu, rawat jalan paska rawat inap pun tetap dijamin oleh Maestro Otpima care atas diagnosa yang sama dalam kurun waktu 90 hari setelah menyelesaikan rawat inap.

Kesimpulan:

Asuransi kesehatan Pru Solusi Sehat memiliki manfaat rawat jalan yang lebih baik bila dibandingkan dengan Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care.

Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care memiliki manfaat rawat inap yang cukup powerful, sehingga saya menyarankan pada nasabah Maestro Optima Care untuk meminta rujukan untuk rawat inap pada Dokter yang bersangkutan daripada harus menjalani rawat jalan back and forth secara terus menerus dan berkesinambungan.

Fyuh, akhirnya kita tiba pada kesimpulan akhir setelah melewati pesan komersial berikut ini~



Kesimpulan:

Bila kita meninjau dari sisi Masa Pertanggungan dan jaminan perawatan Penyakit Kritis serta tidak ada batasan pada ruangan rawat inap (karena garansi 1 bed per ruangan), maka kita tahu bahwa kedua produk tersebut sangat powerful dan efektif untuk digunakan secara jangka panjang.

Namun, Asuransi Kesehatan Pru Solusi Sehat memiliki keunggulan dari sisi manfaat rawat jalan dan Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care memiliki keunggulan tidak adanya inner limit yang dikenakan pada Tertanggung. Hal ini menjadi justifikasi bahwa tidak ada produk asuransi yang sempurna dan menjadi key to all door.

Sekalipun ada, pasti harganya akan sangat mahal sekali~

Adapun beberapa concern yang saya ceritakan di atas dapat diakali dengan menghubungi agen asuransi masing-masing. So pick your agent wisely.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca juga bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Gratis konsultasi terkait asuransi khusus untuk pengunjung situs asuransimurni.com!






Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This