Membandingkan asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dengan Maestro Optima Care

Membandingkan asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dengan Maestro Optima Care





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 5 Okt, 2020

Saya ngerti gimana ribet dan sulitnya konsumen dalam mencari dan menentukan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Saya membayangkan ada proses yang cukup panjang untuk mendapatkan penawaran asuransi kesehatan, seperti:

  • Menghubungi perusahaan asuransi
  • Menunggu agen asuransi melakukan followup
  • Melakukan asesmen terkait produk yang dibutuhkan via telepon, Whatsapp, atau Zoom
  • Menunggu agen asuransi membuat penawaran

Proses diatas harus dilakukan secara berulang untuk setiap perusahaan asuransi yang kita inginkan. Padahal sebagai konsumen, sudah seharusnya kita menerima pelayanan yang fast response dan cepat.

Kira-kira itulah yang diceritakan oleh kebanyakan calon nasabah saya. Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, mereka ingin melakukan benchmarking terlebih dahulu pada setiap penawaran asuransi kesehatan yang sudah diterima, termasuk membandingkan penawaran asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dengan Maestro Optima Care.

Believe it or not, membandingkan produk asuransi kesehatan bisa jadi proses yang sangat rumit. Itulah sebabnya pada artikel ini saya akan membandingkan penawaran asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dengan Maestro Optima Care setelah pesan komersial berikut ini.



Jenis Asuransi, Masa Perlindungan, dan Masa Pembayaran

Poin pertama yang akan saya bahas adalah jenis dari asuransi kesehatan serta Masa Perlindungan yang diberikan. Baik MiUltimate Healthcare maupun Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan murni dengan Masa Perlindungan dengan jangka waktu yang sangat panjang. Maestro Optima Care memiliki Masa Perlindungan hingga Tertanggung berusia 99 tahun sementara MiUltimate Healthcare.

Selayaknya produk asuransi kesehatan murni pada umumnya, kita harus menerima bahwa Premi dari asuransi kesehatan murni akan meningkat seiring berjalannya waktu. Ini berarti baik MiUltimate Healthcare dan Maestro Optima Care memiliki Premi yang membumbung tinggi seiring bertambahnya usia. Kenaikan Premi ini dilakukan untuk menyesuaikan inflasi yang mungkin terjadi di masa mendatang serta meningkatnya risiko Klaim yang terjadi di masa mendatang. Selain itu, Pemegang Polis juga diwajibkan untuk membayar Premi asuransi yang telah ditetapkan selama perlindungan aktif.

Kesimpulan: MiUltimate Healthcare memiliki Masa Perlindungan yang lebih panjang dibandingkan Maestro Optima Care

Selanjutnya kita akan membandingkan dari sisi Rawat Jalan, Perawatan Gigi, dan Persalinan setelah pesan komersial berikut ini.



Manfaat Rawat Jalan, Perawatan Gigi, dan Persalinan

Bagi pegawai yang mendapatkan asuransi kesehatan swasta dari kantor, biasanya produk tersebut telah dilengkapi dengan manfaat Rawat Jalan, Perawatan Gigi, dan Persalinan. Namun kita semua aware bahwa asuransi kantor bukanlah milik kita selamanya. Ada kalanya kita ingin resign, pensiun atau menghadapi lay off sehingga asuransi kantor tak lagi menjamin diri kita. Itulah sebabnya mengapa kita membutuhkan asuransi kesehatan pribadi.

Namun, tak banyak asuransi pribadi yang memberikan manfaat Rawat Jalan, Perawatan Gigi, dan persalinan. Pada produk Maestro Optima Care misalnya, Rawat Jalan yang dijamin ialah Rawat Jalan yang dilakukan 30 hari sebelum Rawat Inap dan Rawat Jalan yang dilakukan 90 hari setelah rawat inap. Rawat jalan yang dilakukan tanpa melalui proses Rawat Inap tidak akan dijamin oleh Maestro Optima Care. Selain itu, Persalinan tidak akan dijamin karena Persalinan bukanlah risiko yang datangnya secara mendadak dan tiba-tiba.

Perawatan Gigi seperti scaling yang sifatnya Aesthetic dan Cosmetic tidak akan dijamin oleh Maestro Optima Care. Namun, Maestro Optima Care menjamin perawatan gigi akibat Kecelakaan.

Berbeda dari Maestro Optima Care, MiUltimate Healthcare memiliki asuransi tambahan (rider) yang dapat dibeli untuk menikmati manfaat Rawat jalan, Perawatan Gigi, dan Persalinan dengan Klaim secara Co Pay. Co Pay berarti setiap Klaim Rawat Jalan, Perawatan Gigi, dan Persalinan akan disubsidi oleh Penanggung dan Pemegang Polis wajib membayar tagihan yang tidak dijamin oleh Penanggung. Tentu saja Pemegang Polis akan dikenakan Premi tambahan untuk mendapatkan manfaat Rawat jalan, Perawatan Gigi, dan persalinan.

Kesimpulan: Melalui Rider yang tersedia, MiUltimate Healthcare menawarkan perlindungan yang lebih kompleks dan menyeluruh sesuai kebutuhan nasabah.

Selanjutnya kita akan membahas perbandingan kedua produk tersebut dari sisi Klaim Penyakit Kritis setelah pesan sponsor berikut ini.



Manfaat penyakit kritis

Menurut saya pribadi, seharusnya penyakit kritis inilah yang menjadi concern utama bagi seseorang dalam membeli asuransi kesehatan. Salah satu alasan utamanya adalah penyakit kritis membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit dan dibutuhkan lebih dari 1x perawatan untuk menyembuhkan penyakit Kritis.

Baik asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dan Maestro Optima Care menjamin perawatan penyakit Kritis setelah melalui masa tunggu selama 12 bulan sejak tanggal terbitnya Polis. Ini berarti segala jenis perawatan yang berkaitan dengan Penyakit Kritis tidak akan dijamin selama 12 bulan pertama.

Asuransi Kesehatan MiUltimate Healthcare memiliki budget terpisah khusus untuk perawatan Penyakit kritis sementara Maestro Optima Care tidak memiliki budget terpisah untuk perawatan Penyakit Kritis. Ini berarti seluruh biaya rawat inap akibat penyakit kritis maupun bukan penyakit kritis akan dibebankan pada budget yang sama mulai dari 10 Milyar Rupiah per tahun untuk Plan Opal hingga 50 Milyar per tahun untuk Plan Diamond.

Meskipun demikian, keduanya memiliki satu kesamaan. Budget yang telah disiapkan akan kembali utuh setiap tahunnya.

Kesimpulan: Kedua produk dapat diandalkan ketika hendak menjalani perawatan Penyakit Kritis

Pada perbandingan terakhir saya akan membahas dari sisi Tertanggung tambahan yang tak kalah menarik. Pembahasan lebih lanjut dapat dibaca setelah pesan komersial berikut ini.



Manfaat Tertanggung tambahan

Salah satu hal yang membedakan antara asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dengan Maestro Optima Care ialah ada atau tidaknya Tertanggung tambahan. MiUltimate Healthcare memiliki manfaat Tertanggung tambahan, sehingga 1 nomor Polis dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga dengan jumlah anak maksimal yang dapat dijamin adalah 2 orang hingga mereka berusia 25 tahun. Premi yang dikenakan pun menjadi lebih ekonomis dengan adanya diskon khusus paket keluarga.

Sebaliknya, Maestro Optima Care tidak memiliki manfaat Tertanggung Tambahan. Artinya bila seseorang bermaksud untuk mengikutsertakan seluruh anggota keluarganya agar dijamin oleh Maestro Optima Care, maka setiap anggota keluarga akan dijamin oleh 1 nomor Polis. Bila seorang anak telah dijamin oleh Polis Maestro Optima Care, maka Polis tersebut dapat terus aktif melindungi anak hingga mereka berusia 99 tahun.

Demikian beberapa perbandingan antara asuransi kesehatan MiUltimate Healthcare dengan Maestro Optima Care yang dapat saya bagikan. Perbandingan lainnya dapat dilihat pada masing-masing penawaran yang diberikan oleh tiap agen. Tentu saja pembaca dapat menghubungi saya melalui tautan berikut ini untuk mendapatkan penawaran dan informasi terkait produk kesehatan Maestro Optima Care.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Artikel yang berkaitan











0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This