Beranda ยป Kenapa semua orang harus punya asuransi kesehatan AXA Maestro Optima Care

Kenapa semua orang harus punya asuransi kesehatan AXA Maestro Optima Care

Asuransi Kesehatan | 0 comments



0 minutes

Daftar Isi

AXA Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan murni dari PT AXA Financial Indonesia. Selama saya menjadi agen asuransi dalam kurun waktu 5 tahun, saya mendapat banyak sekali nasabah yang menanyakan produk asuransi kesehatan yang sudah berusia 5 tahun ini.

5 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Dalam perjalanan mengarungi waktu sebagai agen asuransi, banyak case study dan pertanyaan dari nasabah terkait tata cara dan prosedur klaim asuransi kesehatan Maestro Optima Care. Puji Tuhan semua Klaim tersebut dapat diselesaikan dan dijamin oleh PT AXA Financial Indonesia hingga hari ini.

Berikut beberapa pertimbangan mengapa semua orang wajib punya asuransi kesehatan terbaik yang satu ini.

Penjelasan singkat tentang Maestro Optima Care

Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan standalone dari PT AXA Financial Indonesia. Ia merupakan produk asuransi kesehatan murni sehingga tidak memiliki manfaat dan nilai investasi di dalamnya.

Sama seperti berlangganan Spotify dan Netflix, kita wajib membayar Premi agar perlindungannya tetap aktif sehingga setiap Klaim yang diajukan dapat diproses sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada dalam buku Polis.

Unique Selling Point Maestro Optima Care

Bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan pada umumnya, Maestro Optima Care memiliki Unique Selling Point sebagai berikut:

Usia masuk hingga 80 tahun dan berakhir di usia 99 tahun

Maestro Optima Care dapat dibeli oleh mereka yang belum berusia 80 tahun dan belum terdiagnosa penyakit kritis. Hal ini menjadi unique selling point dan menguntungkan nasabah karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang menolak pengajuan asuransi kesehatan untuk calon nasabah yang berusia kurang dari 70 tahun.

Selain itu, Maestro Optima Care juga akan menjamin Tertanggung hingga mereka berusia 99 tahun. Setelah itu, kontrak akan diputus dan Tertanggung tidak perlu membayar Premi. Premi yang telah dibayarkan akan hangus dan non refundable.

Keuntungan lain dari unique selling point ini ialah buku Polis Maestro Optima Care yang mengikat kontrak antara Penanggung, Tertanggung, Pemegang Polis, dan Agen hingga Tertanggung berusia 99 tahun. Ini menguntungkan nasabah sebab ada banyak sekali asuransi kesehatan dengan masa perlindungan hanya 1 tahun dan dapat diperpanjang setiap 1 tahun secara terus menerus.

Polis Asuransi Kesehatan yang seperti itu cenderung memiliki murah, namun memiliki risiko yang mengancam ketika kita lengah. Misalnya kita membeli asuransi kesehatan merk X dengan kontrak mulai dari tahun 2023 sampai tahun 2024.

Di pertengahan tahun 2023, kita terdiagnosa penyakit Kritis yang menyebabkan pengajuan perpanjangan Asuransi Kesehatan pada tahun 2024 ditolak karena sudah memiliki penyakit kritis.

Habis manis, sepah dibuang.

Menjamin Pre Existing Conditions

Berbeda dari produk asuransi kesehatan pada umumnya, Maestro Optima Care justru memberikan jaminan Pre Existing Conditions atau penyakit yang sudah ada dalam kurun waktu 5 tahun sebelum membeli Polis. Pre Existing Conditions yang dimaksud ialah penyakit selain dari 10 penyakit kritis seperti Kanker, Ginjal, Jantung, Diabetes, Hipertensi, dan penyakit kritis lainnya.

Penyakit Pre Existing Conditions tersebut selanjutnya akan dikenakan masa tunggu pertama selama 3 tahun sejak membeli Polis. Memasuki tahun keempat, penyakit tersebut dapat dijaminkan dan terus dijamin hingga akhir kontrak / Polis tidak aktif (Lapse)

Hal ini sangat menguntungkan bagi nasabah karena tidak ada yang tahu apakah penyakit yang sudah pernah kita derita suatu saat akan kembal kumat / kambuh. Jika penyakit yang sudah pernah kita derita dikecualikan selamanya, maka tidak ada alasan bagi kita untuk membeli asuransi kesehatan.

kita beli asuransi kesehatan biar sakit penyakit kita dicover. Ya kan?

Proses aplikasi tanpa Medical Check-Up

Pernah ada keluhan dari calon nasabah. Beliau bercerita sebagai berikut:

“mas. Kadang saya bingung. Waktu ikutan asuransi X, saya diminta untuk melakukan Medical Check-Up. Hasil Medical Check-Up saya bagus karena Polisnya berhasil terbit. Saya pikir sudah tidak akan ada masalah karena saya lolos seleksi Medical Check-Up. Namun makin kesini setiap saya ngajuin Klaim, pasti perlu investigasi terus-terusan. Lalu apa fungsinya Medical Check-Up di awal ya mas?

Masalah inilah yang diselesaikan oleh proses aplikasi tanpa Medical Check-Up, karena nasabah hanya perlu menjawab pertanyaan kesehatan pada saat proses aplikasi. Kemudian proses investigasi akan dilakukan ketika kita mengajukan Klaim.

Bila kita mengajukan Klaim yang sama dalam periode waktu tertentu, tentu saja hal ini dapat mempercepat proses Klaim dengan catatan:

  • Kita berobat ke Rumah Sakit rekanan secara terus menerus atas diagnosa yang sama
  • Kita berobat ke dokter yang sama secara terus-menerus atas diagnosa yang sama

sehingga perusahaan asuransi tidak perlu mengumpulkan medical record dari banyak tempat karena setiap Rumah Sakit memiliki SLA masing-masing dalam melakukan koordinasi dokumen yang diperlukan untuk menganalisis Klaim.

Manfaat Asuransi Kesehatan AXA Maestro Optima Care

Ada banyak sekali manfaat Maestro Optima Care, namun kita akan membahas manfaat yang terpenting saja, seperti:

Uang Pertanggungan yang sangat besar

Produk Maestro Optima Care memiliki Uang Pertanggungan yang sangat besar dimulai dari 20 Milyar per tahun hingga 50 Milyar per tahun.

kadang saya juga bingung mesti sakit apa biar menghabiskan Uang Pertanggungan yang segitu banyak. Xixixixi

Tentu saja Uang Pertanggungan tersebut tidaklah berlebihan atau mengada-ada, karena Uang Pertanggungan tersebut berlaku hingga kontrak asuransi selesai pada saat nasabah berusia 99 tahun kelak.

Hal ini menjawab permasalahan dimana kita seringkali menemukan produk asuransi kesehatan dengan Uang Pertanggungan yang tak lagi relevan akibat adanya inflasi pada biaya kesehatan dan kenaikan harga kamar rawat inap di rumah sakit.

Tentu saja kondisi ini akan merugikan nasabah sebab nasabah akan diminta untuk nombok melunasi tagihan Rumah Sakit alias dobel pengeluaran.

dah bayar premi asuransi. masih bayar tagihan rumah sakit pula.

Oleh karena itu Asuransimurni.com menyediakan layanan bedah Polis untuk meminimalisir kerugian seperti ini.

Jaminan ruangan rawat inap

empty hospital bed inside room

Pada poin sebelumnya kita membahas tentang kenaikan harga kamar rawat inap di rumah sakit yang menyebabkan beberapa risiko, seperti:

  • Uang Pertanggungan cepat habis
  • Kudu nombok biaya tagihan Rumah Sakit
  • dobel pengeluaran karena membayar Premi Asuransi sekaligus nombok biaya tagihan Rumah Sakit

Dengan adanya jaminan ruangan rawat inap, maka kita tidak perlu khawatir berapa harga kamar rawat inap yang mungkin berbeda dari 1 Rumah Sakit dengan Rumah Sakit lainnya.

‘gausah pusing bu. Intinya minta kamar rawat inap 1 bed per room dengan harga terendah di RS rekanan, berapapun harganya’

Tersedia manfaat Rawat Jalan

Banyak asuransi kesehatan yang tidak menjamin Rawat Jalan. Padahal Rawat Jalan juga bagian dari tindakan medis untuk menyembuhkan penyakit yang terjadi pada tubuh kita. Selain itu, umumnya Rawat Jalan dilakukan untuk melakukan kontrol paska pembedahan atau opname.

makannya lucu kalo ada asuransi kesehatan yang tidak menjamin tindakan Rawat Jalan.

Maestro Optima Care memiliki manfaat Rawat Jalan dengan syarat dan ketentuan seperti di bawah ini:

  • Rawat Jalan yang dilakukan dalam kurun waktu 60 hari sebelum melakukan rawat inap
  • Rawat jalan yang dilakukan dalam kurun waktu 90 hari setelah melakukan rawat inap
  • Rawat jalan akibat kecelakaan/cidera/terjatuh/terpleset/sesuatu yang unexpected dan terjadi secara tiba-tiba.

Cara membeli Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care

Kabar baiknya adalah kini Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care dapat dibeli siapapun dengan usia minimal 15 hari dan maksimal 80 tahun. Prosesnya cukup mudah karena hanya membutuhkan beberapa dokumen identitas, seperti:

  • KTP Pemegang Polis
  • Selfi KTP Pemegang Polis
  • KTP Tertanggung
  • Selfi KTP Tertanggung
  • Kartu Keluarga/Akta Kelahiran/Akta Nikah atau dokumen lainnya yang menjelaskan hubungan antara Pemegang Polis dan Tertanggung

Bila tidak ada kendala /riwayat penyakit, biasanya Polis akan langsung aktif dalam kurun waktu kurang dari 3 hari dan dapat langsung digunakan untuk melakukan Klaim khususnya penyakit Fast Track yang memang mendapat prioritas utama di 3 tahun pertama dan nasabah berhak mengajukan Klaim secara Cashless atas penyakit tersebut.

Daftar Penyakit Fast Track dapat dilihat pada halaman produk Maestro Optima Care.

Cara pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care

Maestro Optima Care memiliki 2 opsi pengajuan klaim, yakni:

Klaim Maestro Optima Care secara direct billing

Sebagai nasabah, kita berhak mengajukan Klaim asuransi kesehatan secara Direct Billing atau Tagihan Langsung. Hal ini bertujuan untuk melakukan pendebetan dari rekening Penanggung sesuai nominal dan tagihan Rumah Sakit.

Untuk mengajukan proses Klaim secara direct billing, kita perlu mengajukan proses yang namanya Pra Otorisasi Maestro Optima Care.

Apa itu Pra Otorisasi Maestro Optima Care

Proses Pra Otorisasi Maestro Optima Care merupakan permintaan persetujuan dari Penanggung terkait tindakan medis yang akan dilakukan secara Rawat Inap / Rawat Jalan untuk menanggung tagihan yang muncul agar didebet langsung dari rekening Penanggung.

Jika permintaan disetujui, maka Penanggung akan mengirimkan surat Letter of Guaranteed yang menyatakan bahwa Penanggung akan menjamin seluruh biaya tindakan medis yang ditagihkan oleh Rumah Sakit.

Pra Otorisasi membutuhkan waktu 2 jam hingga – 5 hari kerja untuk mendapatkan keputusan apakah pengajuan disetujui / ditolak. Bila pengajuan Pra Otorisasi ditolak, maka nasabah dapat mengajukan Klaim dengan cara lainnya secara Reimbursement.

Klaim Maestro Optima Care secara reimbursement

Klaim secara reimbursement dapat dilakukan dengan kondisi berikut ini, diantaranya:

  • Berobat di Rumah Sakit non rekanan
  • Klaim secara Direct Billing tidak disetujui

Untuk mengajukan Klaim secara reimbursement, maka Tertanggung wajib melunasi tagihan Rumah Sakit dimuka sampai perawatan selesai dan Tertanggung dibolehkan pulang meninggalkan Rumah Sakit.

Selanjutnya Tertanggung dapat menyiapkan dokumen serta mengisi formulir yang diperlukan untuk mengajukan Klaim secara reimbursement.

Klaim reimbursement dapat dilakukan dalam kurun waktu maksimal 30 hari kalender sejak Tertanggung keluar dari Rumah Sakit.

Kesimpulan

Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan dengan perlindungan yang komprehensif dan sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin memiliki perlindungan secara lengkap untuk kebutuhan jangka panjang dengan Premi yang terjangkau sesuai usia Tertanggung.

Dapatkan PDF Gratis

* indicates required

Intuit Mailchimp

Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko Panjaitan</a>

Ditulis oleh Chernenko Panjaitan

Tech, Data, and Personal Finance enthusiast. Believe in Financial Freedom. A minimalist.




0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Kenalan Yuk dengan Reksadana Pasar Uang Bahana Dana Likuid

Reksadana Pasar Uang Bahana Dana Likuid merupakan salah satu Reksadana Pasar Uang yang dapat dibeli melalui aplikasi Bibit secara mudah.

Mandiri Investa Syariah Berimbang: Analisis Kinerja dan Prospek

Mandiri Investa Syariah Berimbang merupakan salah satu Reksadana Campuran yang dapat dibeli melalui aplikasi Bibit secara mudah.

Batavia Obligasi Platinum Plus: Sebuah Sorotan Investasi

Batavia Obligasi Platinum Plus merupakan salah satu Reksadana Obligasi yang dapat dibeli melalui aplikasi Bibit secara mudah.

Schroder Global Sharia Equity Fund USD: Kelebihan dan Kekurangan

Schroder Global Sharia Equity Fund USD merupakan salah satu Reksadana Reksadana Global yang dapat dibeli melalui aplikasi Bibit secara mudah.

Pelajaran yang bisa diambil dari krisis ekonomi 2008 silam

Yuk belajar dari kesalahan yang terjadi pada krisis ekonomi tahun 2008 silam agar kita lebih bijak dan bersiap menghadapi krisis.

Belajar hukum penawaran yang berpengaruh terhadap harga jual

Hukum penawaran dapat mempengaruhi harga jual. Ia mampu menaikkan harga jual dan menurunkan harga jual sekaligus. Gimana konsepnya?

Review kartu SIM LIVEON

1 kartu dengan segudang manfaat yang dapat diperoleh ketika menggunakan kartu SIM LIVEON hingga sekarang. Pelajari selengkapnya disini

Investasi Gaul dengan Reksadana Pasar Uang Bahana Likuid Syariah Kelas G

Reksadana Pasar Uang Bahana Likuid Syariah Kelas G merupakan salah satu Reksadana Pasar Uang yang dapat dibeli melalui aplikasi Bibit.

Analisis Kinerja Danamas Pasti Tahun Ini

Danamas Pasti merupakan salah satu Reksadana Obligasi yang dapat dibeli melalui aplikasi Bibit secara mudah.

Reksadana Obligasi Bahana: Solusi Investasi Pendapatan Tetap Makara Prima

Reksadana Obligasi Bahana Pendapatan Tetap Makara Prima kelas G merupakan salah satu Reksadana Obligasi yang dapat dibeli secara daring.

Share This