Cara mengajukan Klaim pembayaran rawat inap asuransi kesehatan

"Pengajuan klaim pembayaran rawat inap merupakan proses yang penting untuk diketahui oleh seluruh nasabah asuransi. Pelajari selengkapnya disini."
Cara mengajukan Klaim pembayaran rawat inap asuransi kesehatan





Percaya atau tidak, asuransi kesehatan memberikan Peace of Mind bagi mereka yang memilikinya, termasuk saya. Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang beberapa alasan saya memilih asuransi kesehatan Maestro Optima Care dan tulisan tersebut dapat diakses melalui tautan berikut ini.

Sampai saat ini saya selalu membawa Kartu Kepesertaan tersebut kemanapun saya pergi. Jika sewaktu-waktu saya mengalami risiko dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit, paling nggak saya memiliki bukti dan justifikasi bahwa saya merupakan memiliki asuransi kesehatan sehingga Rumah Sakit tidak perlu repot untuk menentukan siapa yang akan menjadi Penjamin biaya atas tindakan yang akan dilakukan.

Namun, tidak semua produk asuransi kesehatan dapat bekerja seperti case yang saya ceritakan di atas. Maka dari itu, saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang cara mengajukan Klaim Pembayaran Rawat Inap asuransi kesehatan. Selengkapnya setelah pesan komersial berikut ini.



Cara mengajukan Klaim Pembayaran Rawat Inap

Sebelum membahas lebih lanjut, kita sebagai nasabah asuransi kesehatan maupun calon nasabah asuransi kesehatan kudu mengetahui cara mengajukan Klaim Pembayaran Rawat inap. Di alam semesta ini ada banyak sekali produk Asuransi Kesehatan dan setiap produk memiliki tata cara dan prosedur pengajuan klaim pembayaran rawat inap masing-masing.

In most cases, klaim pembayaran rawat inap terbagi menjadi 3 cara, yakni:

  • CashlessSwipe
  • Cashless – Direct Billing atau penjaminan langsung
  • Reimbursement

Setiap cara klaim tersebut memiliki penjelasan dan plus-minusnya masing-masing. Oleh karena itu disarankan bagi nasabah asuransi kesehatan maupun calon nasabah asuransi kesehatan untuk mengerti dan memahami tata cara serta prosedur pengajuan klaim pembayaran rawat inap secara benar.

Cashless – Swipe

Klaim pembayaran rawat inap secara Cashless – Swipe merupakan cara yang paling praktis dalam mengajukan Klaim. Pemegang Polis atau Tertanggung hanya perlu membawa kartu kepesertaan saat hendak menjalani rawat inap. Tertanggung berhak memilih kamar rawat inap sesuai ketersediaan maupun sesuai batasan kamar rawat inap yang telah ditetapkan.

Ketika rawat inap sudah selesai, maka tagihan rumah sakit akan dibayarkan menggunakan kartu tersebut untuk di-swipe di mesin EDC yang tersedia di Rumah Sakit.

Beberapa produk asuransi kesehatan yang memiliki klaim pembayaran seperti ini umumnya memiliki inner limit. Artinya ada batasan seperti jumlah rawat inap harian yang dibatasi per tindakan rawat inap dan ada batas maksimal untuk kunjungan dokter, obat-obatan, dan manfaat-manfaat lainnya.



Cashless-Direct Billing atau penjaminan langsung

Bila nasabah membutuhkan manfaat yang lebih besar dan menyeluruh, nasabah dapat memilih asuransi kesehatan dengan klaim pembayaran rawat inap secara Cashless – Direct Billing. Ini berarti seluruh tagihan Rumah Sakit akan dibebankan pada perusahaan asuransi sehingga Tertanggung dapat menjalani rawat inap tanpa perlu khawatir pada tagihan yang dikenakan.

Untuk menjalani rawat inap dengan klaim pembayaran secara Cashless-Direct Billing, nasabah hanya perlu menghubungi Perusahaan Asuransi terkait rawat inap yang direkomendasikan atau dianjurkan oleh tenaga medis. Perusahaan Asuransi mungkin membutuhkan beberapa dokumen terkait rawat inap yang direncanakan seperti dokumen-dokumen yang diterima pada saat rawat jalan.

contoh pengajuan klaim pembayaran rawat inap cashless direct billing disetujui
contoh pengajuan klaim pembayaran rawat inap cashless direct billing disetujui

Proses klaim pembayaran rawat inap secara Cashless-Direct Billing sangat direkomendasikan karena pengajuan klaim dilakukan di awal saat hendak menjalani rawat inap. Selanjutnya Perusahaan Asuransi akan berkomunikasi dengan Rumah Sakit terkait estimasi biaya yang diperlukan, jumlah hari rawat inap, dan tindakan apa saja yang akan dilakukan.

Hal ini dilakukan untuk melindungi Tertanggung dari biaya-biaya tak terduga serta mendapatkan persetujuan apakah tindakan tersebut comply dengan Polis atau tidak.

Salah satu produk asuransi kesehatan dengan Klaim pembayaran rawat inap secara Cashless-Direct Billing adalah Maestro Optima Care dari AXA Financial Indonesia.

Reimbursement

Reimbursement merupakan klaim pembayaran rawat inap yang paling umum. Prosesnya cukup sederhana. Tertanggung menjalani tindakan rawat inap secara mandiri dan tagihan Rumah Sakit wajib dilunasi terlebih dahulu oleh Tertanggung. Selanjutnya Tertanggung akan menerima rekam medis, laporan, dan berkas-berkas lainnya yang berhubungan dengan rawat inap.

Selanjutnya Tertanggung dapat mengajukan Klaim pembayaran rawat inap secara Reimbursement dengan melampirkan rekam medis, laporan, buku tabungan, dan berkas yang diterima dari Rumah Sakit terkait rawat inap yang telah diselesaikan.

Bila pengajuan Reimbursement disetujui oleh Penanggung atau Perusahaan Asuransi, maka Tertanggung akan menerima dana pada nomor rekening yang telah ditentukan melalui referensi buku tabungan.



Proses Klaim pembayaran rawat inap secara Reimbursement memiliki beberapa risiko, seperti:

  • Tertanggung wajib menyediakan cukup uang untuk membayar tagihan Rumah Sakit yang tak menentu
  • Proses pengajuan Klaim mungkin ditolak karena rawat inap yang dijalani tidak sesuai pada syarat dan ketentuan dalam Polis

Kesimpulan:

Setiap produk asuransi kesehatan memiliki tata cara dan prosedur masing-masing dalam melakukan klaim pembayaran rawat inap. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Pemegang Polis dan Tertanggung mengerti dan memahami asuransi kesehatan yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah asuransi kesehatan yang dipilih telah sesuai dengan kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang nasabah.

Semoga tulisannya bermanfaat dan kita belajar hal baru lagi hari ini. Bila ada pertanyaan, komentar, sanggahan, boleh banget dibagikan di kolom komentar bagian paling bawah dari halaman ini dan saya akan merespon sesegera mungkin. Pembaca juga bisa mendapatkan bantuan terkait produk asuransi dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Gratis konsultasi terkait asuransi khusus untuk pengunjung situs asuransimurni.com!






Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Artikel yang berkaitan











0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This