mengenal 5 jenis asuransi mobil dan cara klaim asuransi

mengenal 5 jenis asuransi mobil dan cara klaim asuransi





Ditulis oleh <a href="https://asuransimurni.com/author/nencor/" target="_self">Chernenko</a>

Ditulis oleh Chernenko

Position

Halo, selamat datang di website saya. Saya Chernenko dan saat ini bekerja sebagai agen asuransi dari AXA Financial Indonesia. Jangan sungkan untuk menghubungi saya bila pembaca membutuhkan sesuatu atau sekadar konsultasi terkait Polis yang dimiliki.

Dirilis tanggal: 16 Sep, 2020

Mobil sudah menjadi kendaraan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama oleh keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari dua. Dengan menggunakan mobil, mobilitas menjadi lebih mudah dan seluruh anggota bisa tertampung dalam satu kendaraan. Perjalanan jadi lebih aman jika dibandingkan harus berdempetan di sepeda motor yang khusus untuk dua orang saja.

Harga kendaraan beroda empat ini memang tidak murah dan biaya perawatannya juga terbilang cukup tinggi. Sebagaicontoh, untuk biaya Spooring paling tidak pemilik kendaraan roda empat wajib menyiapkan dana hingga Rp. 500,000 dalam 1x reparasi.

Untuk bisa menutupi semua biaya tersebut serta menanggung biaya-biaya tidak terduga, pemilik kendaraan selalu memiliki pilihan untuk mengasuransikan kendaraan tersebut.

Mengapa?

Karena kita tidak akan pernah tahu kapan risiko terjadi dan berapa biaya yang dibutuhkan. Lagipula, tidak ada satupun dari kita yang menginginkan risiko terjadi. Benar kan?

Saat membeli kendaraan, terutama kendaraan baru, biasanya ada penawaran untuk menggunakan jasa asuransi. Meski asuransi yang ditawarkan berasal dari perusahaan asuransi yang sudah bekerja sama sebelumnya dengan dealer mobil. Bahkan saat kita sedang mengangsur mobil sekalipun, biasanya dalam angsuran mobil sudah termasuk Premi asuransi yang dapat digunakan untuk meminimalisir dampak finansial bila risiko terjadi pada mobil yang sedang diangsur.

Sebelum memutuskan memilih jenis asuransi mobil mana yang akan dipilih, Anda harus mengenali dulu dari jenis asuransi yang ditawarkan. Ada jenis asuransi yang khusus untuk kendaraannya saja namun ada juga asuransi yang meliputi atau menutupi pembiayaan medis bagi pengemudi yang terlibat dalam kejadian rusaknya kendaraan tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis asuransi dari mobil yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil setelah pesan komersial berikut ini.



Asuransi All-Risk

Jenis asuransi pertama adalah asuransi all-risk yang dikenal juga dengan sebutan asuransi komprehensif (comprehensive). Sesuai namanya, asuransi ini akan menanggung semua biaya kerusakan yang terjadi pada kendaraan roda empat yang Anda miliki, khususnya jika mobil tersebut adalah mobil baru. Biaya yang ditanggung oleh asuransi ini meliputi biaya untuk memperbaiki kerusakan ringan, seperti lecet dan baret; kerusakan berat hingga mobil yang hilang.

Asuransi ini juga akan menanggung kerusakan yang terjadi akibat adanya bencana alam atau pun huru hara. Semuanya bisa digantikan selama Anda, selaku pemilik kendaraan, membayar premi dengan rutin. Adapun besaran premi asuransi kendaraan ini tergantung pada setiap perusahaan asuransi jadi kemungkinannya sangat berbeda-beda. Pastikan terlebih dulu premi per bulan supaya bisa terbayar setiap bulan serta persyaratan yang harus dipenuhi.

Jika kita memilih Asuransi All-Risk biasanya kita berhak untuk membeli rider tambahan yakni mendapatkan mobil pengganti ketika mobil kita sedang menjalani perbaikan. Berdasarkan pengalaman saya, perbaikan mobil di bengkel asuransi bisa membutuhkan waktu seminggu hingga 3 bulan. Jangka waktu ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti antrian dalam bengkel, ketersediaan suku cadang di bengkel, dan kompleks atau tidaknya suatu perbaikan.



Asuransi Total Lost Only (TLO)

Jenis asuransi mobil yang kedua adalah asuransi total lost only atau lebih sering disingkat sebagai TLO. Sebenarnya, jenis asuransi ini hampir mirip dengan asuransi all-risk hanya saja yang dijamin oleh asuransi ini tidak meliputi kerusakan-kerusakan kecil yang terjadi terhadap kendaraan. Hanya jika kendaraan minimal mengalami kerusakan 75 persen yang menyebabkan mobil tersebut tidak bisa digunakan atau diperbaiki kembali.

Mobil hilang karena dirampas atau dicuri yang memiliki asuransi TLO juga bisa diberikan ganti rugi selama ada bukti yang bisa dipertanggungjawabkan dan valid. Jika pengajuan klaim tidak memenuhi syarat, asuransi tersebut tidak akan bisa cair. Untuk premi bulanan dari asuransi ini, jika dibandingkan dengan all-risk, terbilang lebih murah atau terjangkau. Sehingga tidak sedikit yang memilih jenis asuransi ini dibandingkan dengan asuransi all-risk.

Namun seringkali Asuransi TLO tidak menjamin mobil yang hilang akibat kelalaian sendiri seperti tidak parkir di tempat yang aman. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membaca dan memahami isi polis asuransi mobil agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di masa mendatang terlebih lagi saat melakukan Klaim asuransi mobil TLO.



Asuransi Collision Coverage

Asuransi collision coverage merupakan produk asuransi yang bisa digunakan untuk menutupi biaya mobil yang mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi itu sendiri. Jenis asuransi ini dikenal juga dengan sebutan asuransi tanggungan kecelakaan. Perusahaan asuransi bahkan akan menanggung biaya perbaikan yang jumlahnya melampaui harga mobil itu sendiri. Jenis asuransi ini lebih populer di kalangan pengguna mobil mewah dan antik yang memang harganya tinggi.

Asuransi Liability

Asuransi liability memiliki kemiripan dengan asuransi collision coverage. Jenis asuransi mobil ini sama-sama menanggung biaya kecelakaan. Hal yang membedakan kedua jenis asuransi ini adalah pada asuransi liability, bukan hanya mobilnya saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi, biaya medis yang dikeluarkan oleh pengemudi atau pemilik kendaraan akan ikut dibayarkan. Bisa dikatakan asuransi ini cukup menguntungkan bagi pengguna kendaraan.

Contoh kasus:

Kita sedang menumpang mobil seorang teman untuk bepergian ke suatu tempat. Di tengah perjalanan tiba-tiba mobil yang ditumpangi mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka pada tubuh kita. Kita berhak untuk menuntut ganti rugi pada pengemudi yang notabene adalah teman kita sendiri. Bila pengemudi memiliki asuransi Liability, maka ia berhak mengajukan Klaim untuk meminimalisir dampak finansial yang timbul akibat tuntutan yang kita ajukan.

Ketika memutuskan memilih asuransi jenis ini, pastikan memilih pembayaran yang setidaknya sedikit lebih tinggi dari biaya minimum premi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu pencegahan mengeluarkan biaya tambahan di luar tanggungan asuransi. Tidak sedikit perusahaan asuransi yang membayarkan biaya asuransi hanya berdasarkan biaya minimum. Oleh karena itu, pencegahan sejak dini sangatlah dibutuhkan.



Asuransi Personal Injury Protection (PIP)

Jenis asuransi mobil terakhir yang juga jenis asuransi kecelakaan adalah personal injury protection. Jenis asuransi ini dikhususkan untuk pengemudi yang mengalami kecelakaan untuk menutupi biaya medis atau kesehatan. Biaya diberikan bukan hanya untuk pengemudinya saja melainkan juga penumpang yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Untuk bisa mengklaim asuransi kendaraan yang sudah didaftarkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Foto keadaan kendaraan yang akan diklaim asuransinya, terutama di bagian kendaraan yang mengalami kerusakan.
  • Siapkan dokumen seperti surat keterangan dari kepolisian, fotokopi polis asuransi, STNK, SIM dan lainnya.
  • Datangi bengkel rekanan perusahaan asuransi untuk mendapatkan perawatan atau perbaikan kendaraan. Saat di bengkel, isi formulir klaim asuransi lalu tunggu kabar antara 2 hingga 3 hari.

Jika tidak ada masalah, jenis asuransi mobil mana pun yang Anda klaim dan telah pilih sebelumnya akan segera diurus oleh pihak perusahaan asuransi. Pastikan anda memilih jenis asuransi yang memang dibutuhkan. Tidak mesti memilih semua jenis asuransi karena akan memberatkan ketika membayar premi.

Selamat mencari asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel yang berkaitan











0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.











Pin It on Pinterest

Shares
Share This