Saya seringkali merasa clueless dan kebingungan tatkala mendapati nasabah maupun prospek yang bercerita kalau mereka merasa sangat kesulitan dalam menemukan produk asuransi kesehatan murni tanpa investasi. Mereka mengaku kalau setiap agen asuransi dan bank yang mereka hubungi akan menawarkan produk asuransi kesehatan unit link yang seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan.

Bagi pembaca yang belum familiar dengan istilah asuransi kesehatan murni, asuransi kesehatan murni merupakan asuransi yang tidak memiliki nilai investasi, sehingga Preminya dinilai lebih ekonomis bila dibandingkan dengan asuransi unit link. Padahal, asuransi unit link memiliki kelebihan dan manfaat yang tidak dimiliki oleh asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa murni. Berikut contoh artikel saya yang membahas tentang asuransi konvensional dan unit link:

at the end, yang terpenting ialah mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan, bukan?

Setelah bercerita panjang lebar, mostly mereka memutuskan untuk memilih produk asuransi kesehatan murni untuk menghemat pengeluaran di masa kini.

Salah satu produk asuransi kesehatan murni yang cukup laris di pasaran ialah Maestro Optima Care. Maestro Optima Care merupakan asuransi kesehatan murni standalone yang dapat dibeli tanpa harus memiliki rider sekalipun. Dimulai dengan Premi minimal sebesar Rp. 6,000,000 per tahun, kita sudah bisa mendapati perlindungan hingga Rp. 20,000,000,000 per tahun.

Layaknya nasabah pada umumnya, tentu kita ingin mengetahui berapa Premi dan manfaat apa saja yang ditawarkan oleh produk asuransi kesehatan murni Maestro Optima Care ini. Pembaca dapat mengunjungi tautan berikut ini untuk mendapatkan harga terkini dari produk Maestro Optima Care:

Setelah mengisi beberapa data pada halaman di atas, saya akan segera menghubungi anda dan melakukan followup terkait kebutuhan asuransi kesehatan tersebut dengan manfaat yang fantastis di bawah ini:

Psst. Spoiler alert. Artikel ini akan sangat panjang. Disarankan untuk menyiapkan konsumsi sebelum melanjutkan bacaan.


Sorry iklan bentar ya guys, demi kelangsungan hidup website sayah 🙁


Wilayah pertanggungan

Bila pembaca telah menerima penawaran / quotation dari asuransi kesehatan murni Maestro Optima Care, pada halaman kedua di bagian atas kita akan melihat tabel dengan kolom yang menjelaskan tentang Wilayah pertanggungan. Wilayah Pertanggungan ini berarti di rawat inap di wilayah mana saja yang dapat dijamin oleh Maestro Optima Care.

Sebagai contoh, berikut beberapa wilayah pertanggungan untuk setiap paket dari Maestro Optima Care:

  • Opal: hanya bisa melakukan rawat inap di Indonesia
  • Emerald: hanya bisa melakukan rawat inap di Indonesia dan Malaysia
  • Ruby: hanya bisa melakukan rawat inap di Asia dan Australia
  • Diamond: hanya bisa melakukan rawat inap di seluruh dunia kecuali negara Amerika Serikat dan Kanada.

Keseluruhan manfaat maksimum per tahun

Pada baris kedua kita akan membaca melihat keseluruhan manfaat maksimum per tahun. Pada bagian ini menjelaskan tentang batas nilai nominal maksimal yang dapat dijamin oleh produk Maestro Optima Care setiap tahunnya. Nominal ini akan berkurang saat kita melakukan Klaim. Namun nasabah tidak perlu khawatir sebab nominal klaim akan selalu recharge setiap ulang tahun Polis.

Nilai keseluruhan manfaat maksimum per tahun ini tidak akan berlaku secara kumulatif. Ini berarti nominal tersebut akan fixed terlepas dari apapun yang terjadi seperti inflasi dan faktor ekonomi lainnya. Untuk meningkatkan manfaat ini, sangat disarankan untuk mengupgrade paket yang telah dipilih.

Berikut beberapa nilai keseluruhan manfaat maksimum per tahun dari masing-masing paket:

  • Opal: Rp. 10,000,000,000 per tahun
  • Emerald: Rp. 20,000,000,000 per tahun
  • Ruby: Rp. 30,000,000,000 per tahun
  • Diamond: Rp. 50,000,000,000 per tahun

Sebagian orang merasa nominal tersebut terlalu berlebihan. Kira-kira mereka akan bertanya seperti ini:

“Penyakit apa yang harus saya derita untuk menghabiskan limit 50M per tahun?”

Pertanyaan tersebut sangatlah masuk akal. Namun saya ingin mengajak pembaca untuk melihat dan memahaminya dari perspektif lain dengan pertanyaan berikut ini:

Dengan adanya faktor inflasi, berapa lama produk asuransi kesehatan murni Maestro Optima Care dengan maksimal klaim 50M per tahun dapat bertahan sebelum akhirnya ia obsolete dan tenggelam oleh inflasi?”

Silahkan direnungkan. Hehehe


Sedang mencari sesuatu? mungkin sponsor di bawah ini dapat membantu.



yuk lanjutin lagi bacanya 🙂


Diluar wilayah pertanggungan

Manfaat diluar wilayah pertanggungan berarti produk Maestro Optima Care tetap dapat berlaku dan menjamin tindakan rawat inap yang dilakukan di wilayah diluar wilayah pertanggungan dengan beberapa syarat dan kondisi tertentu, seperti:

  • Hanya untuk perawatan gawat darurat
  • Berlaku selama 90 hari setelah Tertanggung mendarat di wilayah tersebut.

Besar penggantian biaya

Manfaat yang satu ini merupakan salah satu manfaat yang paling sering dipertanyakan oleh nasabah. Saya pun harus mengakui bahwa dari semua kehebatan yang dimiliki oleh Maestro Optima Care, manfaat yang satu ini merupakan manfaat yang cukup penting untuk dipahami baik oleh Pemegang Polis dan Tertanggung.

Manfaat besar penggantian biaya yang dimaksud ialah berapa nominal yang akan dicover oleh Penanggung. Sebagai informasi, Penanggung berarti perusahaan asuransi, suatu lembaga dimana Pemegang Polis membayarkan Premi secara rutin.

Satu hal yang membuat Maestro Optima Care hebat ialah ia tidak memiliki inner limit. Berbeda dari asuransi kesehatan pada umumnya yang memiliki beberapa batasan, seperti:

  • Jumlah hari dalam 1x tindakan rawat inap
  • Jumlah kunjungan dokter dalam 1x tindakan rawat inap
  • Jumlah diagnosa scan dalam 1x tindakan rawat inap
  • dan banyak lagi batasan lainnya

Maestro Optima Care tidak memiliki batasan atau inner limit. Namun Penanggung hanya akan menanggung biaya / tagihan Rumah Sakit dalam batas wajar dan umum.

Secara singkat, penggantian biaya secara wajar dan umum dapat dibaca melalui contoh di bawah ini:

Tuan X mengalami penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan dirawat di rumah sakit RS1 selama 10 hari. Saat hendak keluar dari rumah sakit, Tuan X ditagih nominal rawat inap sebesar Rp. 10,000,000. Dalam hal ini Penanggung akan mempertimbangkan dan menghitung berapa biaya tagihan Rumah sakit yang harus disiapkan bila Tuan X dirawat di rumah sakit lain di wilayah, negara yang sama, atas kondisi medis yang sama, tindakan medis yang sama, dan pertimbangan

Biaya kamar perawatan

Saat kita mengalami rawat inap, biaya rawat inap yang dikenakan oleh satu rumah sakit mungkin berbeda dengan rumah sakit lainnya. Perbedaan biaya tersebut meliputi beberapa hal di bawah ini:

  • Biaya obat-obatan
  • Biaya kunjungan dokter
  • dan biaya lainnya

Manfaat biaya kamar perawatan (berlaku di luar wilayah di Indonesia) mengatur tentang di kelas mana seorang Tertanggung berhak untuk mendapatkan rawat inap.

Berikut beberapa manfaat biaya kamar perawatan berdasarkan sesuai paket masing-masing:

  • Opal: 2 bed per room di ruangan rawat inap dengan kelas terendah
  • Emerald, Ruby, Diamond: 1 bed per room di ruangan rawat inap dengan kelas terendah

sssttt, ga usah buru-buru bacanya. Gih minum dulu sebelum membaca lanjutannya 🙂



Akomodasi pendamping

Manfaat yang satu ini mungkin tidak berdampak langsung secara finansial dengan Tertanggung. Namun manfaat Akomodasi pendamping dapat meringankan biaya yang dikeluarkan atas tindakan rawat inap yang terjadi.

Kebanyakan orang memutuskan untuk menyewa hotel / kontrakan untuk mendampingi pasien yang sedang menjalani perawatan rawat inap. Manfaat akomodasi pendamping dalam produk Maestro Optima Care merupakan fasilitas yang dapat dimiliki oleh pendamping Tertanggung untuk mendapatkan bed atau couch tambahan bagi pendamping untuk beristirahat sehingga pendamping tidak perlu menyiapkan budget untuk tempat tinggal seperti menyewa hotel / kontrakan.

Konsultasi psikologis

Manfaat konsultasi psikologis merupakan manfaat yang menjamin biaya konsultasi psikologis bila Tertanggung dirujuk oleh dokter / tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan secara psikologis. Manfaat ini hanya berlaku saat Tertanggung menjalani rawat jalan dengan kondisi berikut ini:

  • Tindakan rawat jalan yang dilakukan dalam kurun waktu 30 hari sebelum rawat inap
  • Tindakan rawat jalan yang dilakukan dalam kurun waktu 90 hari setelah rawat inap

Manfaat tunai

Manfaat yang satu ini mungkin akan terpakai bila Tertanggung telah dijamin / dilindungi oleh asuransi lain seperti asuransi pribadi merupakan asuransi kantor. Maestro Optima Care memberikan manfaat tunai bila Tertanggung menjalani rawat inap dan telah dijamin asuransi lain.

Jaringan tagihan langsung rawat inap yang berlaku

Manfaat ini menjelaskan bahwa tagihan atas biaya rawat inap dapat langsung dibebankan kepada Penanggung dengan syarat dan kondisi tertentu, seperti:

  • Tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan AXA sesuai Wilayah Pertanggungan. Daftar Rumah Sakit tersebut dapat diunduh dalam laman berikut ini.
  • Penyakit yang diderita tidak sedang dalam masa tunggu
  • Penyakit yang diderita merupakan bukan bawaan lahir (congenital)
  • Penyakit yang diderita merupakan kondisi medis di luar dari kondisi medis / tindakan yang dikecualikan
  • dan pertimbangan tambahan lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh Penanggung

Besar pertanggungan

Serupa dengan manfaat Besar penggantian biaya di atas.


Artikelnya sudah hampir habis nih. Semangat! Tinggal sedikit lagi!



Diagnosa scan

Diagnosa scan merupakan manfaat yang dimiliki oleh Maestro Optima Care. Dalam manfaat ini menjelaskan apakah Diagnosa Scan yang masih menjadi bagian dari rawat jalan akan dijamin oleh Penanggung atau Tidak.

Sedikit penjelasan tentang rawat jalan, rawat jalan yang diakui oleh Maestro Optima Care merupakan perawatan yang diterima oleh Tertanggung dalam kurun waktu 30 hari sebelum rawat inap dan 90 hari setelah rawat inap. Ini berarti rawat jalan baru akan dianggap sah oleh Penanggung ketika Tertanggung menjalani rawat inap atas diagnosa yang sama dengan rawat jalan yang telah diterima.

Dalam hal ini, maka Diagnosa Scan sebagai bagian dari rawat jalan hanya akan dijamin oleh Penanggung sebagai bagian dari rawat jalan ketika Tertanggung akan atau telah menjalani rawat inap dan dijamin oleh Polis Maestro Optima Care dengan paket Diamond.

Perawatan 30 hari sebelum dan 90 hari setelah rawat inap

Pada manfaat diagnosa scan diatas, kita telah mengetahui bahwa tindakan rawat jalan yang diakui oleh Maestro Optima Care merupakan perawatan yang diterima oleh Tertanggung dalam kurun waktu 30 hari sebelum rawat inap dan 90 hari setelah rawat inap untuk diagnosa medis yang sama. Manfaat rawat jalan ini diklaim dengan nominal yang tertera sesuai paket yang dipilih.

Pengobatan tradisional tiongkok

Traditional chinese medicine merupakan salah satu alasan mengapa Maestro Optima Care memiliki manfaat Pengobatan tradisional tiongkok. Dalam hal ini Penanggung akan menjamin tindakan rawat jalan paska rawat inap seperti konsultasi dan obat-obatan.

Radioterapi, kemoterapi dan dialisis ginjal

Radioterapi, kemoterapi, hingga dialisis ginjal merupakan bagian dari tindakan rawat jalan yang membutuhkan cukup banyak dana dalam melakukannya. Beruntung bahwa Maestro Optima Care memiliki manfaat rawat jalan yang menjamin tindakan medis seperti Radioterapi, Kemoterapi, hingga Dialisis Ginjal sesuai tagihan Rumah Sakit.

Tindakan bedah yang diterima sebagai pasien rawat jalan

Maestro Optima Care juga menanggung tindakan bedah yang diterima sebagai pasien rawat jalan, atau yang biasa dikenal sebagai one day treatment. Nominal yang dijaminkan oleh Penanggung bergantung pada paket yang dipilih oleh Pemegang Polis.


Sorry iklan bentar ya guys, demi kelangsungan hidup website sayah 🙁


Home nursing (dengan pra-otorisasi terlebih dahulu)

Sebagian orang merasa lelah dan mudah bosan dengan menjalani perawatan di rumah sakit. Atas pertimbangan tertentu, biasanya dokter mengijinkan pasien untuk pulang dan menjalani rawat jalan meski harus menjalani rawat jalan secara rutin paska rawat inap. Manfaat home nursing dapat digunakan untuk memanggil tenaga medis ke Wilayah Pertanggungan untuk tujuan memberikan pengobatan.

Proses pra-otorisasi yang dimaksud ialah dengan menginformasikan rencana home nursing kepada Penanggung dan Penanggung selanjutnya akan memberikan LOG (Letter of Guaranteed) yang dapat ditunjukkan kepada Rumah Sakit sehingga Pemegang Polis tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tindakan medis home nursing tersebut.

Transportasi ambulans

Manfaat transportasi ambulans merupakan manfaat yang dapat berlaku bagi Tertanggung untuk:

  • Menuju rumah sakit dalam kondisi diperlukan secara medis
  • Berpindah rumah sakit dalam kondisi diperlukan secara medis

Bantuan medis gawat darurat internasional

Manfaat bantuan medis gawat darurat internasional meliputi pada layanan Air Ambulance dengan beberapa kondisi di bawah ini:

  • Tertanggung sedang dalam kondisi darurat dan tidak dapat ditolong dengan segera oleh rumah sakit di wilayah Pertanggungan sehingga Tertanggung perlu dievakuasi ke rumah sakit yang mampu menolong Tertanggung.
  • Tertanggung sedang dalam kondisi darurat dan tidak dapat ditolong dengan segera oleh rumah sakit di wilayah Tertanggung saat ini, sehingga Tertanggung perlu dievakuasi ke rumah sakit terdekat yang mampu menolong Tertanggung.
  • Tertanggung mengalami resiko tutup usia selain di negara asal, sehingga ia dapat dipulangkan ke dari negara tujuan ke negara asal di bandara terdekat.

Kerusakan gigi akibat kecelakaan

Manfaat ini menjamin tindakan medis yang terjadi pada gigi akibat kecelakaan sesuai nominal yang tertera dalam Polis. Artinya seluruh tindakan pada gigi yang sifatnya kosmetik dan estetik seperti:

  • Scaling
  • Pemasangan behel
  • Veneer
  • Pemutih gigi
  • dan lain sebagainya

tidak akan dijamin oleh Maestro Optima Care

Komplikasi sebelum dan sesudah kelahiran

Maestro Optima Care juga merupakan asuransi kesehatan murni yang tidak menjamin persalinan dengan cara apapun. Namun ia menjamin seluruh komplikasi yang timbul saat sebelum dan sesudah menjalani persalinan.

Salah satu kondisi medis yang cukup umum terjadi dan menimpa ibu hamil sebelum mengalami proses persalinan ialah Pre Eklampsia. Artinya, komplikasi pra dan paska persalinan ini akan dijamin oleh Maestro Optima Care dengan syarat Polis telah berusia lebih dari 1 tahun.

Akomodasi bayi baru lahir

Maestro Optima Care juga menjamin akomodasi bayi baru lahir. Bagi pembaca yang belum familiar dengan manfaat ini, akomodasi bayi baru lahir yang dimaksud ialah perawatan bayi dengan usia kurang dari 16 minggu di rumah sakit sesuai Wilayah Pertanggungan serta berada di rumah sakit yang sama dengan Tertanggung. Untuk menggunakan manfaat ini, maka seorang ibu dari bayi wajib dijamin oleh Maestro Optima Care.

Layanan pendapat medis kedua (medical second opinion)

Manfaat terakhir yang dijamin oleh Maestro Optima Care adalah layanan pendapat medis kedua. Manfaat ini dapat digunakan oleh Tertanggung untuk mendapatkan second opinion dari praktisi medis terkait kondisi medis maupun diagnosa yang didiagnosa.

Demikian manfaat asuransi kesehatan murni Maestro Optima Care menurut pendapat saya. Mohon kepada pembaca untuk menjadikan artikel ini sebagai second opinion dan tidak dijadikan sebagai dasar untuk melakukan Klaim dan pertimbangan lainnya. Sangat disarankan bagi pemegang Polis untuk membaca dan memahami isi Polis lebih lanjut. Bila pembaca atau nasabah memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait manfaat dari asuransi kesehatan murni Maestro Optima Care, dapat menghubungi saya atau langsung menghubungi Penanggung untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci dan terbaru.

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This