Pasti sudah pada tahu kan, kalau kartu Jenius bisa dipakai di Singapura?

Dengan kartu ini, kita bisa bayar MRT tanpa harus beli kartu khusus di sana. Cukup tap di mesin yang ada di loket masuk, dan voila! Transaksi pun diterima dan kamu bisa naik MRT ke lokasi yang dituju.

Kita bisa bepergian dengan aman dan nyaman di Singapura karena penjadwalan transportasi publik dan rute bisa langsung diakses via Google Maps!

Tentu saja, keuntungan memakai Jenius di Singapura nggak cuma buat naik kendaraan umum saja. Ada banyak keuntungan lain yang juga menarik, membuat perjalanan kita di negara tetangga ini jadi lebih simple.

Contohnya nih, mau tarik uang tunai di Singapura. Dengan menggunakan kartu Jenius, kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai di berbagai ATM bank yang berlogo VISA di sana.

Berikut beberapa tips dan trik sebelum bertransaksi memakai Jenius di Singapura:

Konversikan Dulu ke SGD

Tips pertama adalah sebaiknya kamu mengkonversikan dulu mata uang yang akan dipakai transaksi di Singapura dari Rupiah ke Dolar Singapore alias SGD. Lakukan transaksi ini sebelum melakukan transaksi apapun dengan kartu Jenius di sana.

Mengapa?

Karena dengan melakukan konversi dari Rupiah ke Singapura terlebih dahulu, kamu bisa menghemat banyak.

Ketika dibandingkan, kurs ketika ditukarkan dulu dari Rupiah ke SGD memiliki selisih yang cukup lumayan daripada langsung memakai Rupiah setiap melakukan transaksi.

Sayang kan kalau selisihnya bisa mencapai ratusan ribu. Bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Buat jajan atau beli oleh-oleh misalnya.

Salah satu tempat yang sering dituju untuk membeli oleh-oleh dan jajan ialah Bugis Street. Sempatkanlah mampir kesana.



Setelah Ganti Kurs, Baru Dipakai Transaksi

Apapun jenis transaksi yang akan kamu lakukan, baik membayar belanjaan di minimarket, menarik tunai di ATM atau membayar ongkos MRT, lakukan semua setelah kurs diubah.

Dengan begini, ada dua keuntungan yang kita dapatkan, yakni:

1. Jumlah transaksi akan lebih terukur, karena yang kita gunakan adalah uang yang sudah ditukarkan ke Dollar Singapore (SGD). Kita bisa membatasi berapa jumlah yang yang ditukarkan, dan membelanjakan hanya sebesar itu.

2. Lebih hemat, karena nilai tukar ketika dikurskan ke SGD jauh lebih murah daripada langsung transaksi memakai Rupiah.

Butuh Tambahan Dana? Santai Saja!

Bagaimana kalau setelah melakukan semua transaksi, di tengah perjalanan memerlukan tambahan dana? Nggak jadi masalah kalau kamu memakai kartu yang satu ini.

Selama di tabungan ada saldo yang mengendap, kamu bisa menambah jumlah uang yang ditukarkan ke SGD di tengah jalan.

Kalaupun tidak sempat mengkonversi dari Rupiah ke SGD, kamu tetap bisa pakai kartu Jenius buat transaksi. Hanya saja, risikonya adalah nilai tukar yang lebih mahal.

Namun ketika kondisi darurat, rasanya hal itu nggak jadi masalah. Seberapa besar perbedaan antara kurs ditukar sebelum transaksi atau langsung memakai Rupiah ketika di Singapura, semua bisa dicek di laman aplikasi Jenius kamu.

Semudah itu memakai Jenius di Singapura dan banyak negara lainnya. Ada yang sudah membuktikan kalau kartu ini bisa digunakan bertransaksi di Korea Selatan, Jepang, hingga Turki. Semuanya sama mudahnya dengan transaksi di Singapura.

Tinggal tap atau gesek, ambil tunai di semua ATM berlogo VISA tanpa khawatir biaya transaksi yang mencekik leher. Dengan Jenius, transaksi di luar negeri jadi sama nyaman dan menyenangkan dengan di dalam negeri.

Dengan begini, kamu nggak perlu pusing lagi menukar uang di money changer sebelum liburan ke luar negeri.

Hayo, tertarik untuk pakai Jenius di Singapura?

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This