Sebagai pemula dalam newbie dalam dunia saham dan pasar modal, saya senantiasa belajar dan mencari tahu tentang bagaimana cara menganalisis saham khususnya melalui aplikasi OLTP Bions milik BNI Sekuritas. Analisis sangat dibutuhkan untuk menentukan aksi selanjutnya apakah kita akan menjual saham maupun membeli saham untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu cara dalam menganalisis saham ialah melalui Moving Average. Kita dapat belajar lebih lanjut tentang Moving Average melalui video di bawah ini:

Berdasarkan video tersebut, kita dapat menggunakan Moving Average untuk menentukan saat yang tepat untuk membeli atau menjual. Kita akan “dipaksa” untuk mengerti istilah yang dinamakan Support dan Resistance.

Support merupakan suatu kondisi dimana candlestick memiliki nilai lebih tinggi dari Moving Average sementara Resistance merupakan kondisi dimana candlestick memiliki nilai lebih rendah dari Moving Average. Kebanyakan trader menggunakan sinyal ini untuk bertransaksi saham seperti:

  • Membeli saham dalam kondisi Support
  • Menjual saham dalam kondisi Resistance

BNI Sekuritas melalui BIONS memiliki fitur untuk menampilkan Moving Average. Berikut cara dan langkah dalam menampilkan garis Moving Average dalam BNI Sekuritas:



Lakukan login di halaman bions.id

Anda wajib untuk melakukan login di halaman bions untuk dapat menganalisis saham dengan menggunakan metode Moving Average. Halaman login akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Setelah melakukan login, pilih menu Market pada sidebar sebelah kiri dan klik Chart untuk menampilkan candlestick berdasarkan emiten yang dipilih.

Selanjutnya layar akan menyajikan tampilan seperti gambar di bawah ini:

Berikut beberapa penjelasan terkait menu dan kontrol yang dapat digunakan sesuai skrinsut tersebut:

  • Stock: merupakan kolom yang digunakan untuk menginput kode emiten yang akan dianalisis.
  • Period: merupakan jangka waktu atau durasi yang digunakan untuk membaca charting dan candlestick dari suatu Stock.
  • Type: merupakan alternatif tampilan dari kinerja suatu Emiten. Kita dapat menampilkan grafik dalam bentuk Candlestick, Line, maupun OHLC.
  • Compare: merupakan kolom yang digunakan untuk menginput kode emiten yang akan dibandingkan dengan Stock.
  • Overlay: merupakan kolom yang dapat dipilih untuk menganalisis suatu chart. Kita dapat memilih untuk menganalisis chart menggunakan Moving Average, Bollinger Band, maupun Parabollic SAR. Penjelasan lebih rinci dari 3 teknik ini akan dibahas melalui artikel selanjutnya.
  • Indicator: merupakan jenis-jenis indikator yang dapat dipilih untuk membantu kita dalam menganalisis grafik.

Selanjutnya, kita dapat menganalisis suatu emiten menggunakan teknik dan garis yang bervariatif untuk menunjang pengambilan keputusan selanjutnya.

Bagi pembaca yang tertarik untuk mencoba berinvestasi saham, pastikan memiliki rekening dana investor (RDI) yang terpisah dari rekening tabungan. Berikut pengalaman saya dalam membuka RDI di BNI Sekuritas

Selamat mencoba!

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This