Sebagai nasabah BCA yang (ingin terlihat) hi tech, cepat, cashless, dan cardless, saya senantiasa mengamati perubahan dan inovasi yang dilakukan oleh perusahaan perbankan dengan kode emiten BBCA ini. Salah satu perubahan besar yang pernah dilakukan oleh Bank BCA ialah dengan meluncurkan Mobile Banking pada tahun 2011 silam.

BCA terus secara konsisten terus berinovasi dan memperbaiki layanan mereka dengan merilis beberapa produk dalam aplikasi Mobile Banking BCA, seperti:

  • BCA Keyboard
  • QRku
  • Membuka rekening BCA hanya dengan mengandalkan Mobile Banking BCA
  • Melakukan setor dan tarik tunai di ATM BCA secara cardless.

Dari 4 fitur di atas, fitur yang paling sering saya gunakan ialah QRku dengan kemampuannya melakukan transfer ke sesama pengguna rekening BCA tanpa perlu mendaftarkan rekening penerima dan menyimpan nomor rekening penerima.

Saya meramalkan di masa depan, setiap merchant dapat memasang QRku di pada bagian kasir mereka sehingga pembeli dapat melakukan pembayaran secara mudah dan cepat. Bila anda menggunakan QRku untuk scan QR code diatas, anda langsung dihubungkan ke rekening Badan Amil Zakat Nasional untuk melakukan donasi. Mudah, bukan?

Namun, kebayang gak sih apa yang terjadi bila di meja kasir terdapat banyak sekali QR Code hingga mesin EDC seperti BCA, Mandiri, BNI, Gopay, OVO, dan banyak lagi layanan fintech lainnya?

Fitur lainnya yang baru – baru ini saya gunakan ialah tarik / setor tunai secara cardless. Saat ini saya sedang melakukan freezing card yang berarti saya meninggalkan kartu debit dan kartu kredit saya di rumah untuk membatasi mobilitas saya dalam bertransaksi dan menggesek kartu di EDC milik merchant tiap kali saya gelap mata melihat diskonan maupun cashback.

*sigh*

Saya harus mengakui bahwa transaksi kemudahan dalam menarik tunai maupun menyetor tunai secara cardless benar – benar menggagalkan program Freezing Card.

toh buat apa meninggalkan kartu debit dan kartu kredit di rumah kalau akses ke uang dalam rekening terus dipermudah??????

LAMA – LAMA GUE PATAHIN AJA DAH NI KARTU SEKALIAN

Cara tarik tunai secara cardless melalui aplikasi Mobile Banking BCA

Berikut beberapa langkah sederhana yang perlu dilakukan untuk melakukan tarik tunai maupun setor tunai secara cardless.

Secara tidak langsung, kita sedang mengirimkan perintah ke seluruh mesin ATM BCA untuk membukakan “gerbang” mereka sehingga pengguna dapat melakukan tarik tunai maupun setor tunai secara praktis.

Buka aplikasi Mobile Banking BCA

Buka aplikasi Mobile Banking BCA dan pilih menu Setor / Tarik

Pilih Nominal

Selanjutnya pilih nominal yang ingin ditarik atau disetor. Bila nominal tidak tersedia, pengguna dapat menginput nominal melalui menu Nominal Lain.

Masukkan PIN yang telah ditentukan dalam aplikasi Mobile Banking BCA

Selanjutnya aplikasi Mobile Banking BCA akan melakukan konfirmasi bahwa sejumlah uang akan ditarik dari rekening penerima seperti yang tertera pada gambar di bawah ini:

Pengguna akan diminta memasukkan PIN sebagai metode verifikasi. Bila PIN yang telah dimasukkan telah sesuai, maka aplikasi Mobile Banking BCA akan mengirimkan Kode Transaksi.

Kode Transaksi merupakan nomor otorisasi dalam melakukan tarik tunai yang hanya berlaku selama 2 jam setelah menginput perintah di aplikasi Mobile Banking BCA.

Saya menganjurkan pengguna untuk tidak membagikan Kode Transaksi ini ke media sosial maupun orang – orang yang tidak berhak, sebab seseorang dapat menggunakan Kode Transaksi ini untuk mengambil uang anda langsung dari ATM.

Bila anda melihat Kode Transaksi saya di atas, kemungkinan anda dapat melakukan tarik tunai di seluruh ATM BCA tanpa kartu. Transaksi hanya bisa dilakukan sejak tanggal 6 Juli 2019 pukul 10:38:15 hingga tanggal 6 Juli 2019 pukul 12:38:15. Anda hanya perlu melengkapi 2 nomor di bawah ini untuk otorisasi:

  1. Nomor handphone yang didaftarkan untuk aplikasi Mobile Banking BCA,
  2. Kode Transaksi yang disiapkan oleh aplikasi Mobile Banking BCA.

Selanjutnya kita perlu mendatangi ATM BCA terdekat untuk melanjutkan proses tarik tunai secara cardless yang akan dibahas melalui artikel selanjutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This