Memang sih, tentu kita dapat menghemat lebih banyak uang bila tidak melakukan rekreasi dan jalan – jalan sama sekali. Namun, bukan berarti kita tidak bisa liburan dengan mengandalkan budget terbatas lho.

Di era jaman now seperti sekarang, sepertinya rekreasi dan jalan – jalan seakan menjadi kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi.

Berikut beberapa tips yang dapat membuat kita bepergian dengan mengandalkan budget yang terbatas:

Hindari mengunjungi negara di Eropa maupun Amerika

Syarat yang satu ini adalah mutlak. Jika memang memiliki budget terbatas, baiknya tidak melancong ke 2 benua ini, sebab biaya akomodasinya bisa dipastikan selangit. Selain itu, Amerika merupakan salah satu negara yang tidak dijamin oleh kebanyakan Perusahaan Asuransi di Indonesia.

Artinya Perusahaan Asuransi tidak akan ikut campur bila terjadi resiko saat kita berada di Amerika. Informasi lebih lanjut terkait hal ini bisa dibaca pada Polis masing – masing.



Jika memiliki Budget terbatas, mungkin kita ingin bepergian ke negara – negara di Asia. Salah satu tempat yang saya rekomendasikan ialah Garden by the Bay yang biasa saya sebut Kebun Raya Singapura. Hehehehe. . .

Liburan singkat akan terasa mahal

Liburan singkat akan terasa mahal, oleh karena itu, sangat disarankan untuk meluangkan cukup waktu dan dana agar liburan menjadi lebih menyenangkan. Bila tiket pesawat dari Jakarta ke Malang untuk pulang dan pergi membutuhkan biaya Rp. 2,500,000 dan kita hanya menghabiskan waktu 2 hari 2 malam disana, maka biaya yang kita keluarkan per harinya adalah Rp. 1,250,000.

Bandingkan bila kita menghabiskan waktu 7 hari 7 malam, maka biaya yang kita keluarkan per harinya adalah sekitar Rp.350,000 per hari untuk biaya akomodasi. Tentunya semakin lama menghabiskan waktu di tempat tujuan, pengeluaran kita akan meningkat dikarenakan biaya tempat tinggal dan makanan sehari – hari./

Tentu saja semakin lama tinggal di negara tujuan, semakin banyak pula biaya yang harus disiapkan.

Dapatkan harga terbaik dari agen perjalanan

Tujuan dari poin ini adalah untuk mendapatkan harga tiket perjalanan yang termurah. Oleh karena itu kita tentu ingin mendapatkan harga tiket dari banyak sumber seperti Tiket.com, Traveloka, Skyscanner, dan banyak lagi.



Dengan membandingkan harga yang ditawarkan dari website sejenis, maka kita dapat menentukan harga yang pas dan sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Jeli dan celik untuk setiap promo yang ditawarkan merupakan langkah bijak dalam mendapatkan tiket murah.

Jangan lupa untuk menghindari perjalanan dalam kurun waktu peak season. Peak season merupakan jangka waktu dimana orang – orang banyak bepergian. Pada umumnya Peak season terjadi menjelang lebaran maupun natal dan tahun baru.

Gunakan Couchsurfing untuk mendapatkan tempat tinggal secara “gratis”

Couchsurfing merupakan website komunitas yang menghubungkan penggunanya secara global dan Internasional. Pada website tersebut kita bisa mendaftarkan diri dan mengajukan permohonan untuk tinggal dengan pengguna Couchsurfing lainnya.

Selain dapat mempertemukan kita dengan pengguna lainnya, Couchsurfing juga memiliki informasi terkait event, maupun acara setempat.

Bila tidak memiliki akun Couchsurfing, mungkin anda ingin menghubungi saudara maupun kenalan di negara tujuan dan menumpang untuk menginap di rumahnya.



Demikian tips rekreasi dan jalan – jalan dengan budget terbatas, karena sesungguhnya liburan dan piknik ialah hak segala bangsa! Kiranya artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This