Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang bergerak dalam perlindungan atau proteksi di bidang kesehatan. Asuransi kesehatan nantinya dapat memudahkan untuk mempersiapkan biaya perawatan atau pengobatan di masa yang akan datang.

Meskipun tak ada orang yang ingin merasa sakit, namun tidak ada salahnya jika anda berjaga-jaga. Dengan memiliki asuransi, tentunya anda bisa memproteksi diri dari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Seperti yang anda ketahui, datangnya sakit/bencana tidak ada yang mengetahuinya, sehingga butuh persiapan biaya yang diperlukan.

Itulah pentingnya memiliki asuransi kesehatan dalam hidup anda. Sebelum membeli sebuah asuransi kesehatan, penting terlebih dahulu mengetahui hal-hal rinci yang terkait dengan produk asuransi tersebut. Terutama anda harus memahami perbedaan dari setiap jenis asuransi kesehatan di Indonesia.

Dengan begitu nantinya anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang tepat untuk kebutuhan anda.

Tak ada orang yang ingin merasa sakit, namun tidak ada salahnya jika anda berjaga-jaga. Dengan memiliki asuransi, tentunya anda bisa memproteksi diri dari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Seperti yang kita ketahui, datangnya sakit/bencana tidak ada yang mengetahuinya, sehingga butuh persiapan biaya yang diperlukan.

Asuransi Kesehatan berdasarkan Kepemilikan Badan Penyelenggara

Salah satu jenis asuransi kesehatan di Indonesia, bisa dibeadakan berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara. Dalam hal ini menjadi 2 macam, yaitu asuransi pemerintah dan perusahaan swasta

1. Asuransi Kesehatan Pemerintah

Asuransi Kesehatan Pemerintah merupakan jenis asuransi kesehatan yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah. Semisal BPJS Kesehatan ataupun Kartu Indonesia Sehat. Jika dana pengelolaan berasal dari pemerintah, tentu keuntungannya adalah dana kesehatan tersebut dapat mudah diawasi.

Sayangnya kekurangan dari jenis asuransi ini adalah mutu pelayanan kesehatan yang didapatkan pemegang asuransi kurang begitu baik.

Pihak rumah sakit tentunya akan bertanya mengenai jaminan kesehatan yang dimiliki pasien sebelum menjalani perawatan. Namun banyak yang mendapatkan pelayanan kurang baik saat memiliki jaminan kesehatan milik pemerintah.

2. Asuransi Kesehatan Swasta

Asuransi Kesehatan Swasta merupakan asuransi kesehatan yang pengelolaannya dilakukan oleh badan atau perusahaan swasta. Beberapa perusahaan asuransi swasta ialah:

  • AXA Financial Indonesia
  • Manulife
  • Prudential
  • Cigna
  • dsb

Selain pemerintah, banyak pihak swasta yang menyediakan asuransi kesehatan bagi warga Indonesia. Namun jenis asuransi ini lebih spesifik dan tidak bersifat umum. Yang dimaksud adalah jenis ausransi kesehatan ini memberikan berbagai macam penawaran proteksi dengan lebih khusus.

Berbeda dari asuransi kesehatan milik pemerintah, keuntungan jenis asuransi kesehatan di Indonesia ini cenderung mendapatkan pelayanan rumah sakit yang relatif bagus, sehingga untuk mendapatkan perawatan yang tepat, pemilik asuransi akan cepat menerimanya. Tak heran sebagian besar dari mereka yang memiliki jaminan asuransi kesehatan yang berasal dari perusahaan swasta, akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

Sisi negatifnya ialah biaya premi yang dibayarkan per bulannya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan asuransi kesehatan pemerintah. Hal ini sebenarnya setara dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

Ada harga, ada rupa. Benar kan?

Jangan pula kaget bila Premi asuransi kesehatan cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Ini hal wajar kok~

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Keanggotaan

Asuransi kesehatan yang berdasarkan dengan keanggotaannya disini adalah kepemilikan asuransi tersebut apakah diwajibkan atau sukarela untuk para anggota yang ada di dalam sebuah kelompok. Berdasarkan keanggotaan, asuransi kesehatan terbagi menjadi 2 yaitu Asuransi Wajib dan Asuransi Sukarela.

1. Asuransi Wajib

Jenis asuransi wajib ini merupakan asuransi kesehatan yang harus dimiliki setiap orang dikarenakan keanggotaannya di dalam sebuah perusahaan, badan, maupun instansi. Misalnya saja dalam sebuah perusahaan diwajibkan bagi para karyawannya memiliki asuransi tertentu, sehingga setiap individu yang ada dalam perushaaan tersebut wajib mengikuti polis asuransi kesehatan yang telah ditetapkan perusahaan.

Pembayaran Premi perbulannya akan dipotong dari gaji yang didapatkan karyawan dalam per bulan.

2. Asuransi Sukarela

Jenis asuransi kesehatan ini tidak wajib untuk dimiliki setiap orang. Masing-masing orang dapat memilih jenis asuransi tersebut maupun tidak. Karena sifatnya sukarela, maka ini didasari keinginan individu tersebut. Sehingga nantinya dapat mengikuti kebutuhan maupun keinginan bagi masing-masing pemilik asuransi.

Contoh beberapa asuransi kesehatan secara sukarela:

Berdasarkan Jenis Perawatan Yang Ditawarkan

Jenis asuransi kesehatan di Indonesia juga dapat dibedakan atas dasar jenis perawatan yang ditawarkan. Jenis perawatan tersebut adalah:

  • Asuransi kesehatan rawat inap
  • Asuransi kesehatan rawat jalan

Asuransi kesehatan rawat inap atau in-patient treatment merupakan jenis asuransi kesehatan di Indonesia yang membiayai perawatan bagi Tertanggung asuransi yang berencana untuk menjalani perawatan inap atau opname. Sedangkan untuk asuransi kesehatan rawat jalan atau out-patient treatment merupakan asuransi kesehatan yang mana membiayai pelayanan medis, mulai dari diagnosis, pengobatan, cek laboratorium, rehabilitasi serta pelayanan kesehatan lainnya yang tak mengharuskan pasien menjalani rawat inap di rumah sakit.

Berdasarkan Jumlah Biaya Yang Ditanggung

Asuransi kesehatan di Indonesia juga dapat dibedakan berdasarka jumlah biaya kesehatan yang ditanggung. Dalam hal ini terbagi menjadi 2 yaitu asuransi kesehatan penuh dan asuransi kesehatan yang menanggung biaya tinggi.

1. Asuransi Kesehatan Penuh

Jenis asuransi kesehatan penuh akan menanggung keseluruhan biaya pengobatan dan rumah sakit. Tak peduli dengan total biaya perawatan yang tinggi ataupun rendah, setiap pembayaran akan langsung ditanggung penuh oleh pihak perusahaan asuransi. Contoh produk asuransi kesehatan dengan tipe Asuransi Kesehatan Penuh ialah Maestro Optima Care.

2. Asuransi Kesehatan Yang Menanggung Biaya Tinggi

Untuk jenis asuransi kesehatan ini hanya akan menanggung biaya pengobatan dan rumah sakit yang berjumlah tinggi saja. jumlah tersebut pun juga tergantung dengan ketentuan penawaran asuransi dan polis yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Berdasarkan Cara Klaim Asuransi

Berdasarkan cara klaim asuransi, asuransi kesehatan terbagi menjadi 2 jenis yaitu Reimbursement dan Cashless.

1. Reimbursement

Jenis asuransi kesehatan di Indonesia ini mengharuskan pemilik asuransi kesehatan menanggung biaya pengobatan terlebih dahulu menggunakan uang pribadi. Barulah biaya tersebut nantinya akan dilaporkan kepada perusahaan asuransi untuk diganti. Untuk proses pengajuan klaim diperlukan lampiran bukti-bukti pembayaran.

2. Cashless

Untuk jenis asuransi ini adalah yang paling banyak digunakan bagi para pemilik asuransi. Untuk klaim asuransi cashless ini pemilik asuransi hanya perlu memperlihatkan kartu keanggotaan asuransi kepada rumah sakit yang mana tempat pemilik asuransi dirawat.

Nantinya pihak asuransi akan membayarkan biaya pengobatan sesuai ketentuan yang telah disepakati bersama.

Nah itu tadi beberapa jenis asuransi kesehatan di Indonesia yang bisa anda pelajari untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, anda hanya perlu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kesehatan anda.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This