Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang berkembang di Indonesia. Bahkan tiap tahunnya, perusahaan-perusahaan asuransi ini semakin meningkat jumlahnya. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat saat ini mengenai pentingnya asuransi sebagai proteksi di masa depan. Jika anda sedang mencari asuransi yang terbaik untuk proteksi diri anda dan keluarga, maka informasi ini mungkin akan sangat penting untuk diketahui.

Dalam memilih asuransi terbaik, tentunya sangat penting bagi anda untuk melihat perusahaan yang menawarkan asuransi tersebut. Memilih perusahaan asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sebenarnya susah-susah gampang.

Semua perusahaan asuransi tentunya mengklaim jika mereka lah yang terbaik. Agar tidak membuat anda bingung, penting untuk anda mengetahui kriteria perusahaan asuransi aman dan terbaik yang bisa anda pahami.

1. Lamanya Perusahaan Asuransi Tersebut Berdiri

Salah satu kriteria perusahaan asuransi aman dan terbaik yang bisa anda lihat adalah dari tahun berdirinya perusahaan tersebut. Jika perushaaan yang anda incar hanya berusia 1-2 tahun, maka akan lebih baik untuk mempertimbangkannya dahulu.

Bukan berarti jika perusahaan baru tidak mampu dipercaya. Namun perusahaan yang sudah lama berdiri serta mampu mempertahankan reputasi akan lebih menjamin keamanan.

2. Memiliki Reputasi Baik

Kriteria perusahaan asuransi aman dan terbaik selanjutnya bisa dilihat dari reputasi perusahaan tersebut. Perusahaan yang kredibel pastinya akan mempunyai reputasi yang baik. Sehingga anda bisa dengan aman dan yakin menginvestasikan uang anda pada perusahaan tersebut.

Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak, anda bisa mengumpulkan berbagai informasi yang berasal dari surat kabar maupun media online.

Cari tahu informasi mengenai penanganna klaim nasabah serta hal-hal yang berkaitan dengan produk asuransi yang ditawarkan. Jangan ragu bertanya kepada konsumen yang pernah membeli dari perusahaan asuransi tersebut.

Jika anda menemukan banyak keluhan nasabah bahkan hingga kasus penipuan, maka akan lebih baik untuk tidak menggunakan asuransi dari perusahaan tersebut.

3. RBC Harus Diatas 120%

Secara umum, kriteria Risk Based Capital atau RBC adalah salah satu yang menentukan apakah perusahaan asuransi tersebut terpercaya atau tidak. RBC merupakan metode pengukuran untuk Batas Tingkat Solvabilitas. RBC sudah dijelaskan dalam undang-undang untuk mengukur tingkat keamanan finansial maupun kesehatan sebuah perusahaan asuransi. Semakin besar nilai RBC, maka menunjukkan jika kondisi finansial perusahaan sehat. Setidaknya, nilai RBC perusahaan harus mencapai 120%.

Bila RBC perusahaan lebih kecil dari 120%, bukan tidak mungkin anda menempatkan uang di pihak yang beresiko.

Hal ini penting untuk diketahui bagi calon nasabah sehingga mereka dapat memperkirakan apakah perusahaan tersebut nantinya memang mampu untuk memenuhi janji klaim ketika dibutuhkan.

Untuk bisa mengetahui hal tersebut, anda dapat mengecek pada neraca keuangan yang ada di koran maupun situs resmi perusahaan.

4. Biaya Premi Terjangkau

Setiap perusahaan tentunya menawarkan biaya premi yang beragam, sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Namun tak menjamin dengan biaya premi yang mahal menunjukkan jika program asuransi yang dimilikinya berkualitas.

Perusahaan yang terbaik justru akan menawarkan biaya premi yang terjangkau dengan proteksi yang terbaik. Sebelum memilih perusahaan mana yang akan anda pilih, akan lebih baik untuk membandingkan beberapa perusahaan sekaligus. Untuk memudahkan anda, pahami terlebih dahulu yang menjadi kebutuhan anda sehingga nantinya tidak mudah tergoda saat anda ditawarkan berbagai macam produk asuransi.

5. Rasio Likuiditas Tinggi

Rasio likuiditas merupakan rasio yang menunjukkan tentang kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban dalam membayar hutang-hutang jangka pendeknya. Ini berarti rasio ini akan melihat seberapa mampunya sebuah perusahaan dalam membayar kewajiban yang sudah jatuh tempo.

Semakin tinggi rasio Likuiditas maka menunjukkan jika kondisi keuangan perusahaan juga semakin baik.

6. Besarnya Dana Jaminan Yang Dimiliki Perusahaan

Dikutip dari pernyataan OJK, dana jaminan adalah aset milik perusahaan asuransi yang cukup penting. Karena aset ini yang akan menjadi jaminan terakhir untuk melindungi para pemilik polis asuransi, pihak tertanggung, maupun peserta. Mengenai dana jaminan ini sudah memiliki aturan yang tercantum dalam UU No. 40 Tahun 204 serta Peraturan OJK No.71/POJK.05//206 mengenai Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

7. Memiliki Banyak Rekanan Berkualitas

Perusahaan asuransi tentunya harus mempunyai banyak rekanan, entah itu pusat kesehatan, bengkel mobil, maupun lainnya yang berkaitan dengan produk asuransi yang ditawarkan. Tentunya semakin banyak rekanan berkualitas yang dimiliki perusahaan, tentunya akan menjamin pelayanan dari asuransi yang diberikan.

Jika semakin banyak hal ini dimiliki sebuah perusahaan asuransi tentunya akan memudahkan nasabah untuk mengakses layanan yang dibutuhkan.

8. Sudah Terdaftar Di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Hal ini menjadi poin penting lainnya dalam kriteria perusahaan asuransi aman dan terbaik. Pastikan jika anda memilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dalam OJK. Selain itu pastikan jika penawaran asuransi dilakukan oleh konsultan maupun sales yang sudah berlisensi. Sehingga anda bisa lebih nyaman untuk membeli produk asuransi di perusahaan tersebut.

Kiranya artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi anda dalam memilih perusahaan asuransi.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This