Batas pembelian SBR005 hanya tinggal hitungan hari. Saat ini SBR005 sedang ditawarkan melalui bervariasi mitra yang bekerja sama dengan Kemenkeu, sehingga dapat dibeli oleh individu maupun kelompok. Selengkapnya tentang SBR005 bisa dibaca melalui tautan berikut ini.

Investor bijak akan senang dengan angka dan mengukur segala sesuatunya dengan angka. Salah satu pertanyaan terkait SBR005 yang sering ditemukan di jagat raya Internet ialah mana yang lebih menguntungkan antara SBR005 dengan Deposito. Sebelum menelisik lebih jauh, saya akan bercerita sedikit tentang Deposito.

Apa itu Deposito?

Deposito merupakan produk keuangan yang biasanya ditawarkan oleh perbankan untuk menghimpun dana dari individu maupun kelompok, kemudian menyimpan dana tersebut dalam waktu yang telah disepakati serta memberikan bunga atau Return of Investment atas dana yang telah dititipkan oleh Investor.

Saya senantiasa membandingkan uang dan waktu secara sejajar. Biasanya saya menggunakan perbandingan tersebut untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar saya memiliki sejumlah uang dalam jangka waktu yang saya inginkan?
  • Berapa banyak uang yang harus saya setor / titipkan agar saya memiliki sejumlah uang dalam jangka waktu yang saya inginkan?

Umumnya Deposito memiliki jangka waktu singkat yang dapat diperpanjang. Deposito milik Bank BCA misalnya memiliki jangka waktu penempatan mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kehendak nasabah.

Dari sisi pendanaaan, Deposito umumnya membutuhkan dana yang cukup tinggi. Deposito milik Bank BNI misalnya, mewajibkan investor untuk melakukan setoran awal mulai dari Rp. 10,000,000 dengan bunga rata – rata 4% – 5% per tahun.

Berdasarkan tweet diatas, investor dapat mendapatkan ROI sebesar 4.25% dari sejumlah uang Rp. 100,000,000 yang disetorkan. Artinya investor hanya mendapatkan bunga sebesar Rp. 4,250,000 per tahun atau setara dengan Rp 350,000 per bulan. Jangan lupa keuntungan Rp. 350,000 tersebut akan dipotong pajak sebesar 20%, sehingga pendapatan investor akan semakin berkurang. Sedikit sekali, bukan?

Manakah yang lebih menguntungkan antara SBR005 dengan Deposito?

Persaingan antara SBR005 dengan Deposito menurut saya lumaya sengit. Berikut beberapa perbandingan antara SBR005 dengan Deposito secara head to head:

DepositoSBR005
Setoran awalRp. 8,000,000++Rp. 2,000,000
Masa penawaranSelalu tersediaMaksimal 24 Januari 2019
Pengembalian (ROI)rata – rata 4%- 5% per tahunmulai dari 8.15% per tahun
Bunga batas bawahrata – rata 4%- 5% per tahun8.15% per tahun
Layanan cashbacktidak adaMelalui Bareksa
pajak20%15%

Berdasarkan diatas, Deposito memiliki setoran awal yang lebih tinggi untuk bunga yang lebih rendah dibandingkan SBR005.

Gimana? Masih mau menunda untuk membeli SBR005?

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This