Tokopedia merupakan salah satu toko online yang cukup di kenal di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari similarweb, 97% pengunjung tokopedia berasal dari negara Indonesia, dengan total kunjungan hingga 188,82 juta kunjungan.

Salah satu jasa yang cukup terkenal dalam dunia Internet ialah jasa Gestun atau Gesek Tunai. Gesek Tunai merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan saldo dalam Kartu Kredit dalam bentuk uang tunai.

Bank menerbitkan kartu kredit dengan tujuan menguntungkan kedua belah pihak antara Produsen dan Nasabah. Nasabah dapat membeli apapun melalui kartu kredit secara mudah, penjualan Produsen pun dapat terbantu dengan kemudahan cara bayar yang ditawarkan oleh Bank kepada konsumen. Simbiosis mutualisme terjadi disini.

Akan tetapi, Bank bisa jadi dirugikan bila kartu kredit digunakan untuk Gesek Tunai.

Bagaimana proses terjadinya Gesek Tunai?

Kartu kredit dapat digunakan untuk menarik uang dari ATM layaknya kartu debit. Namun jarang sekali nasabah melakukan hal ini dikarenakan fee dan bunga yang dikenakan cukup tinggi. Kreatifitas pembeli dan penjual mewujudkan suatu “produk” baru yang dinamakan Gestun.

Pembeli yang ingin melakukan jasa Gesek Tunai dapat mendatangi toko fisik serta menghubungi penjual yang telah memiliki mesin EDC. Kemudian pembeli menggesek kartu kredit dalam mesin EDC tersebut untuk menciptakan kesan telah terjadi pembelian dalam toko penjual. Kemudian, saldo dalam kartu kredit akan berkurang sesuai nominal yang diinput dalam EDC, dan otomatis terkirim ke rekening penjual.

Kemudian, penjual akan memberikan uang tunai dalam wujud cash dikurangi biaya yang telah disepakati oleh pembeli dan penjual. Dengan demikian pembeli telah berhasil melakukan penarikan tunai via Kartu Kredit dengan biaya yang terjangkau.

Peranan E-Commerce dalam mempermudah proses Gestun

Kehadiran Marketplace yang sedang menjamur dinilai akan mempermudah proses Gestun. Berbeda dengan contoh kasus diatas, transaksi dan komunikasi dilakukan dalam lingkup E-Commerce dimana penjual dan pembeli dapat berkomunikasi. Marketplace besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan Shopee pun telah mendukung pembayaran kartu kredit, sehingga proses Gestun tetap dapat dilakukan melalui Marketplace.

Pembeli yang ingin melakukan jasa Gestun dapat menghubungi penjual via Marketplace. Kemudian penjual akan membuat produk dengan harga yang sesuai dengan nominal yang ingin dicairkan dalam Marketplace. Produk bisa berwujud apa saja, seperti secarik kertas, gumpalan kardus, atau apapun. Selanjutnya pembeli akan membeli produk tersebut dan melakukan pembayaran via kartu kredit.

Marketplace yang tidak jeli akan mencatat transaksi ini sebagai proses jual beli seperti biasa. Ketika dana pembeli sudah diterima oleh Marketplace, selanjutnya Marketplace akan memerintahkan penjual untuk mengirim barang. Setelah barang terkirim, maka pembeli akan melakukan konfirmasi agar dana pembeli di tangan Marketplace dapat segera diteruskan ke rekening penjual.

Setelah dana masuk ke rekening penjual, selanjutnya penjual akan mengirimkan uang tunai yang disepakati dikurangi fee yang dikenakan.

Perhatikan 2 buah kejanggalan dalam proses ini:

  • Penjual membuat produk dengan harga yang tidak masuk akal.
  • Penjual akan melakukan pengiriman fiktif, dengan tujuan untuk mendapatkan nomor resi dan melanjutkan proses dalam Marketplace.

Pertanyaan, bagaimana cara untuk mengurangi atau menghentikan proses Gesek Tunai yang dilakukan dalam Marketplace?

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This