Sebagai seseorang yang senang belajar merencanakan keuangan, saya senantiasa mencari cara agar uang saya dapat berkembang secara besar sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan. Investasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan uang secara signifikan.

Pada artikel ini saya pernah membahas tentang tips dalam membeli rumah pertama agar pembeli tidak salah langkah dan terburu – buru dalam memutuskan untuk membeli rumah. Rumah merupakan salah satu cara dalam berinvestasi dalam jangka panjang yang cukup umum dilakukan oleh banyak orang. Namun tahukah anda kalau investasi properti tidak selamanya menguntungkan?

Kenali beberapa faktor yang mengakibatkan investasi properti merugi:

Bencana alam

Bencana alam merupakan keadaan force majeur yang tidak bisa diperkirakan, direncanakan, apalagi diinginkan. Ia datang secara tiba – tiba dan meluluhlantahkan segala harta benda yang ada, termasuk meruntuhkan properti yang telah dibangun.

Prospek dan perencanaan tata kota yang tidak jelas

Kita semua tentu membutuhkan perumahan atau apartemen yang lengkap dengan fasilitas umum seperti:

  • Pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar
  • Kesehatan seperti rumah sakit
  • Pendidikan seperti sekolah dan universitas
  • Rumah ibadah
  • Akses transportasi publik
  • dan fasilitas umum lainnya

Tentu saja perumahan atau apartemen dengan fasilitas umum yang tidak lengkap kurang diminati oleh pembeli. Demand yang menurun mungkin akan berpengaruh pada penawaran dan harga jual properti.

Contoh lain dari prospek dan perencanaan tata kota yang tidak jelas dapat dibaca pada gambar di bawah ini:

Menara SUTET seringkali menjadi penyebab harga properti anjlok

Kisah lainnya bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Lingkungan yang tidak bersahabat

Lingkungan pun turut berkontribusi dan berpartisipasi dalam rangka menaikkan dan menurunkan harga properti.

Beberapa tahun lalu saya berkesempatan untuk mengambil satu unit dari salah satu pengembang properti yang cukup terkenal di Indonesia dengan perumahan yang tersebar luas di Indonesia. Saya diwajibkan untuk tunduk dan patuh pada peraturan yang telah ditetapkan oleh Pengembang dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi penghuninya.

Pernahkah anda membayangkan memiliki tetangga yang memasang pagar listrik, memarkir mobilnya di jalan umum serta anjing galak yang menyalak berisik mengganggu ketenangan anda dalam beristirahat?

Saya belum.

Menurut saya pengembang memiliki kontrol dan penuh dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi penghuninya.

Demikian beberapa hal yang dapat resiko yang menyebabkan investasi properti merugi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi sebelum pembaca memutuskan untuk membeli properti yang diinginkan.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This