Pada artikel ini saya sudah membahas bagaimana cara mendaftar dan membuka akun Rekening Dana Nasabah. Rekening virtual ini digunakan sebagai perantara antara perusahaan sekuritas dengan nasabah. Jika pembaca sedang mencari perusahaan sekuritas dengan tujuan buy and hold untuk tujuan jangka panjang, dan tidak ingin repot dalam menganalisis pasar, maka reksadana mungkin boleh jadi pertimbangan.

BNI Sekuritas mempermudah nasabahnya untuk membeli reksadana secara daring melalui sistem yang disebut Zaisan. Zaisan merupakan sistem informasi yang dirancang khusus untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi rekadana sehingga transaksi tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Setelah pembelian dinyatakan berhasil, maka kita dapat melihat beberapa informasi di bawah ini via sistem:

  • Net Asset Value atau yang biasa dikenal sebagai Nilai Aktiva Bersih
  • Jumlah unit yang dimiliki oleh investor
  • Portofolio yang dimiliki oleh investor

Bagaimana cara membeli reksadana di BNI Sekuritas melalui aplikasi Zaisan?

Untuk mengakses Zaisan, maka kita perlu login ke halaman fund.zaisanbnis.com dengan menggunakan User ID dan Password yang diperoleh saat mendaftar dan membuka rekening di BNI Sekuritas.

Setelah melakukan login, maka akan terlihat halaman seperti di bawah ini :

Pada halaman diatas, kita dapat melihat daftar reksadana dan performanya masing – masing yang dijual oleh BNI Sekuritas. Untuk melakukan pembelian, kita perlu memilih reksadana yang akan dibeli, kemudian klik tombol Subscribe yang berada di bagian kanan atas layar. Selanjutnya akan terlihat halaman seperti di bawah ini:

Pada gambar diatas saya mengambil contoh produk reksadana AVRIST BALANCED AMAR SYARIAH yang dikelola oleh PT. AVRIST ASSET MANAGEMENT dengan Net Asset Value atau Nilai Aktiva Bersih sebesar Rp. 1,017.7100 per unit. Bila kita ingin membeli 100 unit, maka jumlah uang yang harus disiapkan sama dengan Rp. 101,700.

Setiap produk reksadana memiliki spesifikasinya masing – masing. Sebagai contoh produk reksadana diatas memiliki nilai Min Top Up sebesar Rp. 100,000. Maka kita dapat membeli produk reksadana hanya dengan uang minimal Rp. 100,000. Murah bukan?

BNI Sekuritas membutuhkan waktu 3 hari kerja untuk menyelesaikan transaksi. Ini berarti NAV yang dikenakan pun NAV saat BNI Sekuritas menyelesaikan transaksi.

Bila kita berhasil membeli reksadana via BNI Sekuritas, maka kita akan mendapat receipt atau bukti pembelian reksadana via email yang didaftarkan.

Demikian 3 langkah mudah untuk membeli reksadana di BNI Sekuritas. Jangan sungkan untuk membagikan pertanyaan atau feedback pada kolom komentar di bawah ini bila anda mengalami kesulitan dalam membeli reksadana di BNI Sekuritas.

Update: BNI Sekuritas telah mengubah platform mereka menjadi Bions. Artikel tentang Reksadana terkait Bions bisa dibaca melalui tautan berikut ini.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This