Setiap kali saya membaca buku tentang manajemen keuangan, tak jarang buku tersebut menyebut kata investasi. Bagi sebagian orang yang belum terbiasa dan fasih dalam dunia investasi, tentu mereka akan bertanya – tanya apa itu investasi dan bagaimana cara memulai investasi secara mudah dan praktis.

“Ternyata berinvestasi tidak sesulit itu”

ferguso, 2018

Saya pernah menceritakan pengalaman saya dalam berinvestasi reksadana melalui Bank BCA. Pembaca bisa membaca pengalaman tersebut melalui tautan berikut ini. Namun saat ini saya telah berhenti berinvestasi reksadana melalui Bank BCA dan beralih ke BNI Sekuritas, karena saya membutuhkan 1 platform yang mampu mengakomodir baik saham dan reksadana dalam 1 Rekening Dana Nasabah. Selain itu, saya tidak perlu datang ke Bank BNI untuk melakukan topup seperti yang saya lakukan di Bank BCA dahulu kala. 

Fitur lainnya yang membuat saya makin yakin untuk membuka rekening reksadana di BNI Sekuritas ialah BNI Sekuritas dilengkapi dengan platform dan piranti lunak yang bisa saya akses kapanpun dan dimanapun. Hal ini tidak saya dapatkan ketika saya berinvestasi di BCA, karena setiap pembelian unit maupun penjualan unit harus dilakukan di KCP BCA. Terkadang malah dioper – oper ke BCA sekuritas yang ada di Senayan.

Sebelum memulai berinvestasi, kita perlu memiliki Rekening Dana Investor. Rekening ini akan terhubung dengan dashboard atau platform yang kita gunakan dalam berinvestasi nanti. Setiap pembelian yang kita lakukan, akan mendebet jumlah uang dalam Rekening Dana Nasabah. Begitu pula dengan setiap penjualan yang kita lakukan, akan menambah saldo dalam Rekening Dana Nasabah. Rekening Dana Investor atau Rekening Dana Nasabah akan dibuka secara otomatis ketika kita melakukan pendaftaran di sekuritas pilihan.

Hanya karena mengandung label rekening, tidak berarti bahwa Rekening Dana Nasabah memiliki kartu atau buku tabungan. Ia bekerja bak rekening virtual perantara sekuritas dan saldo nasabah.

Bagaimana cara melakukan pendaftaran rekening sekuritas di BNI Sekuritas?

Sebelum mendaftar, ada baiknya kita mempelajari tata cara dan peraturan dari BNI Sekuritas itu sendiri, seperti:

  • Berapa biaya yang dikenakan untuk setiap penjualan dan pembelian unit?
  • Berapa lama proses pembelian dan penjualan?
  • Berapa biaya bulanan yang dikenakan?

BNI Sekuritas hanya mengenakan biaya pembelian sebesar 0.15% dari jumlah uang yang digunakan untuk membeli unit dan 0.25% dari jumlah uang yang didapat setelah menjual unit. Biaya tersebut akan dikenakan dalam bentuk Unit investasi. BNI Sekuritas tidak mengenakan biaya bulanan, sehingga sangat disarankan untuk digunakan oleh investor yang lebih cenderung melakukan buy and hold seperti saya.  Selengkapnya bisa dibaca pada halaman BNISekuritas.co.id secara langsung.

Selanjutnya, kita dapat mengakses halaman buka rekening untuk mendaftarkan diri sekaligus membuka rekening sekuritas di BNI Sekuritas. Formulir ini dapat diisi secara terkomputerisasi, kemudian kita dapat mencetak dan mengirimkannya langsung ke kantor BNI Sekuritas. Pembaca dapat mengunduh formulir tersebut melalui tautan berikut ini.

awas jangan kesasar gan. BNI Sekuritas memiliki 2 buah kantor yang bersebelahan. Bila pembaca ingin membuka rekening Hybrid, maka pembaca dapat menyerahkan berkas serta formulir pendaftaran ke alamat Sudirman Plaza Indofood Tower Lt. 16

Sistem BNI Sekuritas membutuhkan beberapa berkas identitas dalam melakukan pendaftaran, seperti:

  • Buku tabungan
  • KTP
  • NPWP

Bila pembaca belum memiliki NPWP, maka pembaca mungkin akan diminta membuat surat pernyataan atau surat keterangan belum memiliki NPWP. Pembaca dapat menghubungi BNI Sekuritas untuk informasi lebih rincinya.

Bila berkas telah dilengkapi dan formulir dikirimkan ke kantor BNI Sekuritas, maka kita akan menerima akses untuk platform Zaisan dan ESmart via Email dan memulai berinvestasi pada instrumen yang dikehendaki.

Bila nasabah memiliki Rekening Dana Nasabah, maka nasabah dapat melakukan Top Up sejumlah uang ke dalam Rekening Dana Nasabah. Uang ini kemudian dapat diinvestasikan kedalam bentuk reksadana maupun saham melalui aplikasi Zaisan dan Esmart.

Bila pembaca ingin berinvestasi Reksadana, maka pembaca dapat mempelajari caranya melalui tautan berikut ini dan proses pembelian akan diselesaikan dalam jangka waktu maksimal 3 hari kerja setelah melakukan pembelian via aplikasi Zaisan. Teknis investasi reksadana dalam BNI Sekuritas akan saya bahas dalam artikel mendatang, pastikan anda tak ketinggalan informasi keuangan ini.

Bila ada hal yang ingin ditanyakan atau dibagikan, silakan ditulis pada kolom komentar di bawah ini.

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This