Di jaman seperti ini, banyak aplikasi dikembangkan untuk mempermudah hidup kita. Saya ingat tahun 2007 silam lalu ketika kami sekeluarga hendak beribadah ke gereja menggunakan Taxi. Ada 2 cara untuk memanggil taxi untuk datang ke depan rumah yang lokasinya di pelosok desa, yakni:

  • Papa saya berkeliling mencari taxi kosong, kemudian memanggilnya untuk datang ke rumah.
  • Menelepon ke layanan call center taxi tersebut untuk dikirimkan taxi ke depan rumah dengan menyertakan alamat lengkap.

Kini muncul aplikasi Gojek yang mempermudah saya dalam memanggil taxi dalam sekejap. Hanya dengan beberapa tap, saya bisa memesan taxi kapanpun dan dimanapun saya inginkan. Praktis bukan?

Hal praktis lain yang mungkin kita temukan ialah dalam melakukan aktifitas atau kegiatan perbankan seperti mengirim uang. Saya ingat ketika tahun 2009 / 2010 ketika saya memulai bisnis sampingan sebagai money changer Paypal. Pada waktu itu saya cukup harus melihat mutasi rekening dan mengirim uang via Internet Banking. Berikut langkah yang saya lakukan untuk mengirim uang via Internet Banking BCA:

  • Saya perlu mendaftarkan rekening penerima terlebih dahulu dan menginput beberapa digit dalam token keyBCA.
  • Setelah rekening berhasil terdaftar, saya dapat mengirim uang dengan memilih nomor rekening tujuan dari daftar transfer, menginput nominal serta berita transfer dan menginput beberapa digit dalam token keyBCA
  • Sebagai konfirmasi terakhir, saya perlu menginput beberapa digit dalam token keyBCA (sekali lagi)

Hal yang cukup mengganggu dalam proses diatas ialah menginput keyBCA yang harus diinput manual. Fiuh, cukup melelahkan ya?

Thou shalt fear not, QRku is here!

Apa itu layanan QRku?

QRku merupakan layanan mobile banking yang dikembangkan oleh Bank BCA untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transfer uang kepada sesama pemilik rekening BCA.

Cara kerjanya cukup sederhana, pengirim uang hanya perlu melakukan login dan melakukan scan QR code penerima. Kemudian pengirim dapat menginput nominal yang diinginkan dan menginput mPin yang telah ditetapkan. Voila! uang terkirim dengan mudah.

Layanan ini serupa dengan uang elektronik Go-Pay. Perbedaan yang paling terlihat ialah layanan BCA QRku secara otomatis mendebet uang dari rekening. Perbedaan ini mungkin jadi salah satu acuan mengapa Gojek dan layanan BCA QRku untuk melakukan topup Gopay seperti yang pernah saya bahas dalam artikel ini.

Tentu saja layanan QRku ini sangat membantu saya dalam melakukan pembayaran maupun transfer uang kepada sesama pemilik rekening BCA. Saya tidak perlu khawatir bila keyBCA saya tertinggal atau mengalami kerusakan, sehingga bisnis saya tetap dapat berjalan. Kehadiran QRku juga mempermudah saya dalam menerima uang. Saya tidak perlu menghafal nomor rekening yang saya miliki, melainkan hanya perlu mengirimkan gambar QR code atas rekening saya. Saya akan mendapat notifikasi bila seseorang mengirimkan uang via QRku secara realtime.

Cara membuat QRcode dan membagikannya kepada pengirim uang

Aplikasi mobile banking BCA telah dilengkapi dengan fitur untuk membuat QRcode sehingga pembaca tidak perlu repot melakukan screenshot untuk mendapatkan QRcode.

Untuk membuat QRcode, pembaca harus masuk kedalam menu QR pada gambar pertama diatas. Kemudian aplikasi mbanking BCA akan menayangkan tampilan sesuai gambar kedua. Pada tampilan gambar kedua tersebut, kita bisa membuat QRcode dan melakukan scan pada QRcode orang lain untuk mengirim uang. Kita juga dapat mengunggah gambar QRcode untuk mengirim uang.

Bila ingin membuat QRcode, lakukan tap show QR pada gambar kedua, kemudian aplikasi mbanking BCA akan menampilkan tampilan sesuai gambar ketiga. Tap pada tombol share agar aplikasi QRku menghasilkan QRcode dalam bentuk gambar, dan mengirimkannya kepada pengirim uang via bervariasi media seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, dan aplikasi lainnya yang terpasang dalam Smartphone.

 

Terima kasih QRKu!

 

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This