Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang cara melakukan topup saldo gopay menggunakan fasilitas BCA OneKlik. Pembaca bisa membacanya melalui tautan berikut ini. Di jaman Fintech seperti sekarang, diramalkan akan tumbuh banyak aplikasi Fintech dengan bervariasi kategori seperti:

  • Peer 2 peer lending
  • Electronic Money
  • Investasi

Semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan seperti:

  • Mengecek saldo rekening
  • Melihat mutasi rekening
  • Meminjam uang
  • Melakukan pembayaran tagihan dan hutang
  • Berinvestasi

dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan Smartphone dan koneksi Internet. Yap, semudah itu.  Bila kita sedang mencari emas, kita hanya perlu menginstall aplikasi menabung emas seperti IndoGold dan melakukan transaksi jual beli emas melalui aplikasi tersebut.

Pertanyaannya ialah : Apakah melakukan kegiatan finansial di Smartphone  benar – benar aman?

Tentu saja harus aman. Sebab bila tidak, jutaan orang yang telah mendaftarkan diri untuk menerima manfaat dalam menggunakan uang electronic akan kecewa dan ragu untuk bertransaksi dalam aplikasi Fintech.

Berikut beberapa tips yang boleh diterapkan untuk meningkatkan keamanan dalam aplikasi Fintech:

 

Gunakan lock screen dengan kata sandi yang sulit ditembus

Salah satu mekanisme keamanan yang  paling dasar namun terbukti efektif ialah denga menerapkan Lock screen dalam bentuk kata sandi. Hal ini akan mencegah orang – orang yang tak berwenang untuk mendapatkan akses dan masuk kedalam Smartphone untuk melihat aktivitas keuangan maupun mencuri data / informasi yang sifatnya pribadi seperti nomor kartu kredit dan nomor CVV.

Di beberapa Smartphone canggih telah mengandalkan sidik jari (Fingerprint) dan Face Recognition untuk mendapatkan akses kedalam Smartphone tersebut. Ini berarti tidak aka nada yang bisa mendapatkan akses kedalam Smartphone selain dari pemilik asli Smartphone tersebut. WoW!

 

Gunakan App lock untuk mengunci aplikasi Fintech.

Dalam Smartphone Redmi 5A, ia memiliki aplikasi yang dinamakan App Lock untuk mengunci beberapa aplikasi agar tidak sembarang orang dapat membuka aplikasi tersebut. Aplikasi App Lock yang didapat  secara gratis dan tersedia dalam Redmi 5A ini sanggup melindungi lebih dari 1 aplikasi.

 

Gunakan kata sandi dan PIN yang sulit ditebak

Langkah lain yang perlu dilakukan ialah dengan memasang kata sandi dan Pin yang sulit ditebak. Dalam aplikasi Mobile Banking BCA misalnya, ia membutuhkan 2 buah kode dalam melakukan transaksi, yakni:

  • PIN ( Personal Identification Numbers) yang berfungsi sebagai bentuk otorisasi dalam transaksi pemindahbukuan
  • Kata sandi yang berfungsi sebagai otorisasi dan perlindungan sehingga orang yang tidak berhak tidak dapat masuk kedalam aplikasi Mobile Banking BCA

Saya rasa aplikasi Fintech lainnya memiliki fitur yang sejenis. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan kata sandi dan PIN yang sulit ditebak agar rekening kita aman dari tangan – tangan penjahat yang tidak bertanggung jawab.

Mengaktifkan fitur 2 factor authentication

2 Factor Authentication merupakan layanan otorisasi yang memberikan notifikasi / mengirimkan pesan singkat ke Smartphone untuk nomor handphone yang telah didaftarkan sebelum anda dapat masuk ke dalam akun yang diinginkan. Sebagai contoh, saya telah mengaktifkan layanan 2 factor authenticationpada salah satu aplikasi Fintech yang saya gunakan, sehingga setiap kali saya login, maka aplikasi tersebut akan mengirimkan sms yang berisikan kode unik.

Bila saya berhasil memasukkan kode unik secara benar, maka aplikasi Fintech akan memberikan akses masuk kepada saya.

 

Saya sendiri telah menerapkan mekanisme keamanan di atas yang dimulai dari:

  • Memasang Lock Sceren dalam bentuk kata sandi
  • Mengaktifkan App Lock
  • Menggunakan kata sandi dan PIN yang sulit ditebak dalam aplikasi Fintech
  • Mengaktifkan 2 factor authentication dan layanan OTP (One Time Pin)

Dengan menerapkan mekanisme  keamanan diatas, saya tidak perlu khawatir bila kehilangan Smartphone tersebut. Bila Smartphone saya berpindah tangan, maka seseorang tersebut perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengambil alih aplikasi Fintech saya:

  • Menebak Lock Screen dengan benar
  • Menebak kata sandi App Lock dengan benar
  • Menebak kata sandi dan PIN yang benar
  • Menebak kode unik yang dikirimkan via SMS secara benar

Ia harus menerjang 4 lapisan keamanan diatas untuk meretas dan mendapatkan akses kedalam aplikasi Fintech.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mekanisme keamanan diatas dapat melindungi  transaksi keuangan kita dari penjahat dunia siber yang mengintai kapanpun dan dimanapun kita berada.

Welcome to the digital world, my friend. Mind your own privacy and security!

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This