Saya ingat tahun 2017 silam ketika saya mendapatkan Kartu Kredit pertama saya yang diterbitkan oleh Bank BCA. Saya tidak ingat berapa kali saya telah mencoba mengajukan permohonan pembuatan Kartu Kredit. Tahun lalu, saya mencoba lagi dan berhasil. Pada waktu itu saya dibantu oleh seorang sales Kartu Kredit yang menawarkan Kartu Kredit di emperan ATM BCA Blok M Plaza. Namanya pak S****man. Jika pembaca membutuhkan kontak beliau, saya akan konfirmasi dengan yang bersangkutan sebelum membagikan nomor kontak beliau.

Sebagai seseorang yang sering berkecimpung dan beraktifitas dalam dunia jagat maya Internet, tentu saja Kartu Kredit akan mempermudah kegiatan saya seperti:

  • Membayar domain
  • Membayar hosting
  • Membeli plugin dan 3rd party untuk Website
  • Membayar layanan Internet Marketing seperti Facebook ads dan Google ads
  • Bertransaksi via Paypal
  • dan bervariasi transaksi barang virtual lainnya.

Kemudahan bertransaksi menggunakan Kartu Kredit begitu terasa bagi saya. Kita hanya perlu memasukkan nomor Kartu Kredit, bulan dan tahun expired Kartu Kredit, dan nomor CVV Kartu Kredit.  Kemudian kita akan mendapat notifikasi, berkas, dan receipt yang menjadi bukti bahwa kita telah menyelesaikan pembayaran. Transaksi secara legal seperti ini kelak dapat membantu saya untuk mendapatkan layanan after sales di masa mendatang.

Jika kita bertransaksi menggunakan Kartu Kredit, itu artinya kita sedang berhutang. Pada artikel ini saya telah menulis karakteristik hutang seperti apa dan menjelaskan bahwa tak selamanya hutang memiliki makna negattif lho. Sebagai contoh ketika saya menggunakan Kartu Kredit untuk membeli beberapa plugin atau tema untuk website yang dipesan orang lain, justu nominal yang menjadi hutang saya akan menjadi nilai jual lebih atas jasa saya. Hasilnya, saya dapat meraup keuntungan lebih banyak. Hehehe

Banyak orang yang memiliki masalah keuangan dalam menggunakan Kartu Kredit. Hal ini tak serta merta kita mengambil kesimpulan bahwa Kartu Kredit itu jahat. Andai saja kita tahu cara belanja menggunakan Kartu Kredit yang baik dan benar, niscaya kita akan terhindar dari masalah keuangan.

Berikut beberapa cara belanja menggunakan Kartu Kredit yang baik dan benar:

Lunasi hutang Kartu Kredit sesegera mungkin

Ketika kita sedang berbelanja di pusat perbelanjaan, terkadang kita menjadi khilaf dan gelap mata melihat promo dan diskon bertebaran di mana – mana.

Seusai berbelanja menggunakan Kartu Kredit, kita dapat memilih jangka waktu pembayaran. Semakin cepat tagihan dilunasi, tentu akan semakin baik karena anda takkan terbelit bunga dari hutang Kartu Kredit secara berkepanjangan. Semakin singkat jangka pembayaran yang diambil, semakin besar pula nominal yang harus dibayar setiap bulannya. Oleh karena itu, tentukan dengan bijak dan perhatikan rasio hutang anda.

Pilih toko atau vendor dengan penawaran dan promo yang paling menarik

Salah satu manfaat pemegang Kartu Kredit dibandingkan mereka yang tidak memiliki Kartu Kredit ialah adanya tawaran, promo, cashback, dan diskon dari setiap vendor yang bekerjasama dengan Kartu Kredit khusus untuk pemegang Kartu Kredit. Anda dapat memilih dan menerima penawaran menarik dari toko tersebut.

Manfaatkan diskon dan promo menarik tersebut untuk menghasilkan uang

Bagi rekan – rekan web developer maupun penggiat internet dan media sosial, tentu sudah tidak asing dengan event yang dinamakan Black Friday. Black Friday merupakan momen dimana vendor dan toko mengadakan diskon besar – besaran secara masif dan luas.

Sebagaimana yang kita tahu, salah satu metode pembayaran yang paling umum dan lazim digunakan untuk bertransaksi di internet ialah dengan menggunakan Kartu Kredit. Tentu saja hal ini menjadi salah satu sisi positif dan kelebihan kita sebagai pemegang Kartu Kredit. Promo dan diskon ini dapat dimanfaatkan untuk membeli suatu barang, kemudian menjualnya kembali dengan harga normal.

Tentu saja Kartu Kredit memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri. Bila kita mampu menghindari dan meminimalisir kerugian, maka bersiaplah untuk menikmati keuntungan dan manfaat yang disajikan. Semoga tips dan cara belanja menggunakan Kartu Kredit ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Apakah anda tertarik untuk memiliki Kartu Kredit?

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This