Anda mungkin tak menyangka atau malah tak menyadari kalau kesalahan finansial pada artikel ini sedang terjadi atas anda. Efeknya akan terasa dalam jangka waktu puluhan tahun kedepan. Seperti kesalahan pada umumnya, ia takkan diketahui sampai anda melakukan kroscek dan verifikasi atas keuangan anda:

Berikut ini beberapa kesalahan finansial yang mungkin sedang terjadi atas hidup anda:

 

Apakah anda menunda untuk membeli rumah?

Rumah merupakan bagian dari harta yang berfungsi untuk mengembangkan uang yang dimiliki karena harganya yang cenderung meroket dari tahun ke tahun. Bila anda telah memiliki rumah, paling tidak anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melindungi diri dari cuaca buruk. Keuntungan lainnya ialah anda dapat menjual rumah tersebut dengan harga tinggi. Orang bijak akan menyewakan rumah tersebut kepada orang lain untuk menggandakan dirinya dalam menghasilkan uang..

Dengan menyewakan rumah kepada orang lain, maka ia telah membagi tugasnya dalam menghasilkan uang menjadi 2 beban:

  • Diri anda sendiri.
  • Rumah / properti.

 

Apakah anda menunda untuk merencanakan dana pensiun?

Kesalahan finansial lainnya terjadi ketika anda menunda untuk merencanakan dana pensiun. Banyak orang beranggapan bahwa mereka enggan merencanakannya karena masih jauh dari usia pensiun. Padahal ada banyak faktor yang mungkin terjadi dan menyebabkan seseorang pensiun selain dari usia senja, yakni :

  • Resiko penyakit kritis
  • Resiko disabilitas
  • Resiko sakit
Baca juga:   Beberapa pertimbangan mengapa anda wajib menabung untuk dana darurat

3 resiko diatas dapat memaksa anda pensiun dini dan terjadi tanpa anda pernah duga sebelumnya.

Pada artikel ini saya telah menuliskan beberapa pertimbangan mengapa seseorang sangat disarankan untuk menyiapkan masa pensiun mereka dengan bijaksana dan pada tulisan ini saya telah menulis bagaimana asuransi melindungi anda dari 3 resiko diatas.

 

Apakah anda menunda untuk memiliki dana darurat?

Bila anda menunda untuk memiliki dana darurat, maka anda telah melakukan kesalahan finansial. Dana darurat berfungsi untuk menjaga anda dari kondisi yang tidak terduga sebelumnya dan bukan karena resiko yang bisa diminimalisir oleh asuransi seperti resiko bangkrutnya perusahaan / startup yang sedang dibangun.

Jumlah dana darurat yang disiapkan pun bervariasi. Namun paling tidak anda telah memiliki dana darurat sebesar 10x penghasilan anda sebulan untuk menopang hidup sekaligus membayar pengeluaran yang harus dibayar ketika resiko terjadi.

 

Apakah anda menunda untuk memiliki asuransi?

Anda pun telah elakukan kesalahan finansial bila anda menunda untuk memiliki asuransi. Asuransi merupakan salah satu cara untuk menggandakan uang secara instan yang dapat digunakan hanya untuk meminimalisir resiko atas diri anda, baik resiko kesehatan maupun jiwa. Ini artinya anda tidak bisa menggunakan uang yang telah berlipat ganda tersebut untuk berinvestasi, jalan – jalan ke luar negeri, apalagi untuk membayar hutang.

Terlalu banyak memilki Polis Asuransi juga bagian dari kesalahan asuransi. Sebab tanpa anda sadari, anda telah membayar biaya asuransi berkali – kali lipat. Semakin banyak Polis asuransi yang anda miliki, maka semakin besar pula tagihan dan biaya yang dikenakan atas anda agar perusahaan asuransi (Penanggung) mau menanggung resiko yang mungkin terjadi atas anda. Anda dapat membaca lebih lanjut terkait biaya yang harus dibayarkan sebagai Pemegang Polis asuransi unit link pada tautan berikut ini.

Baca juga:   Cara mengatur keuangan pribadi bagi atlet berprestasi Asian Games

Semoga kesalahan finansial diatas tidak terjadi atas kita semua. Amin.

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This