Asuransi kesehatan yang bagus merupakan produk yang sangat dicari oleh kebanyakan orang. Hampir semua perusahaan asuransi seperti AXA, Prudential, AIA, Zurich, telah memiliki produk asuransi kesehatan. Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia serta bervariasi jenis produk asuransi kesehatan yang bagus ditawarkan secara online maupun offline kepada konsumen. Konsumen yang tidak memahami produk tersebut akan sulit menentukan asuransi kesehatan apa yang ia butuhkan dan hal ini cenderung membingungkan konsumen.

Semoga artikel ini dapat mengedukasi pembaca tentang asuransi kesehatan.

Secara garis besar, asuransi kesehatan memiliki 2 jenis manfaat, yakni:

  • Asuransi kesehatan dengan manfaat santunan
  • Asuransi kesehatan dengan manfaat pembayaran sesuai tagihan Rumah Sakit

 

Santunan

Pada asuransi kesehatan dengan manfaat santunan, Penanggung hanya akan membayarkan sesuai nominal santunan yang telah disepakati dalam Polis. Ini berarti Klaim yang dibayarkan tidak akan mengacu pada tagihan atau billing yang dikeluarkan oleh pihak Rumah Sakit. Kebanyakan kasus ialah Pemegang Polis hanya mengetahui bahwa asuransi kesehatan yang dimiliki sifatnya Cashless tanpa tahu berapa nominal dari setiap tindakan medis serta tarif kamar ruangan rawat inap.

Biasanya asuransi kesehatan dengan manfaat santunan memiliki Premi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan dengan manfaat sesuai tagihan, sehingga kebanyakan orang menggunakan asuransi kesehatan dengan manfaat santunan untuk mendukung asuransi kesehatan yang sudah disediakan oleh Perusahaan.

Tuan asmur bekerja di Perusahaan X. Perusahaan telah menyediakan manfaat asuransi kesehatan bagi tuan Asmur dengan metode Klaim secara cashless dengan kamar kelas 2. Namun tuan asmur ingin mendapatkan manfaat lebih seperti ruangan kamar VIP beserta fasilitas VIP di dalamnya. Akhirnya tuan asmur memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan Maestro Protection Care dengan manfaat santunan untuk mendukung asuransi kesehatan yang telah disediakan oleh perusahaan sehingga tuan Asmur dapat menggunakan fasilitas VIP serta kamar yang lebih private.

Pada asuransi kesehatan dengan manfaat santunan juga memiliki inner limit. Penjelasan lebih lanjut tentang Inner Limit akan dibahas pada artikel ini.

 

Sesuai tagihan

Pada asuransi kesehatan dengan manfaat pembayaran sesuai tagihan Rumah Sakit, Penanggung akan membayarkan tagihan rumah sakit secara langsung, sehingga Pemegang Polis tidak perlu khawatir terhadap jumlah nominal yang akan ditagihkan oleh Rumah Sakit bila tindakan medis serta proses perawatan mengacu pada syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Polis.

Biasanya asuransi kesehatan dengan manfaat pembayaran sesuai tagihan Rumah Sakit memiliki Premi lebih mahal dari asuransi kesehatan dengan manfaat santunan.

“Maaf, tapi manfaat kesehatan hingga 10 Milyar rupiah per tahun terkesan berlebihan buat saya”

Saya sering menjumpai pernyataan seperti diatas. Namun faktanya, asuransi kesehatan yang bagus bukan dibeli untuk menjadi solusi di masa kini saja, tetapi juga masa kini dan selanjutnya. Beberapa orang membeli asuransi untuk mengantisipasi penyakit ringan seperti tipus, demam berdarah, dan penyakit musiman lainnya. Sementara lainnya membeli asuransi kesehatan seperti Maestro Optima Care untuk mengantisipasi penyakit berat yang pengobatannya membutuhkan uang yang tidak sedikit, seperti:

  • Kanker
  • Penyakit Jantung
  • Diabetes
  • Stroke
  • Ginjal
  • dan penyakit kronis lainnya.

Pernahkah anda menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang ring pada jantung?

Tidak ada yang benar dan salah dalam konteks Asuransi. Asuransi yang benar ialah asuransi yang menjawab permasalahan anda dan menjadi solusi bagi anda dan keluarga.

Itu sebabnya mengapa sangat disarankan bagi Pemegang Polis untuk mengerti dan memahami isi Polis yang telah ditandatangani dan disepakati oleh kedua belah pihak, baik Pemegang Polis maupun Penanggung (Perusahaan Asuransi).

 

Apa itu Inner Limit?

Sesuai namanya yang Inner berarti “dalam” dan Limit berarti “batasan”, asuransi kesehatan dengan manfaat santunan umumnya memiliki Inner Limit atau batasan dalam Polis asuransi kesehatan. Beberapa Inner Limit tersebut meliputi:

  • Jumlah hari maksimal menjalani rawat inap dalam jangka waktu 1 tahun.
  • Jumlah hari maksimal menjalani rawat inap ICU dalam jangka waktu 1 tahun.
  • Tarif maksimal untuk kunjungan dokter per hari dalam jangka waktu 1 tahun.
  • Tarif ruang rawat maksimal per hari.
  • Tarif ruang rawat ICU maksimal per hari
  • dan Inner Limit lainnnya sesuai Polis masing – masing.

Sebelum membeli asuransi kesehatan, ada baiknya konsumen menanyakan hal ini kepada agen asuransi sehingga konsumen memperoleh informasi sebagai bahan pertimbangan dalam memilah dan menentukan asuransi kesehatan yang bagus bagi dirinya maupun keluarga.

Manakah asuransi kesehatan yang bagus antara manfaat santunan dengan manfaat sesuai tagihan?

Keduanya tentu memiliki plus minus masing – masing dan kita tidak dapat menentukan mana asuransi kesehatan yang bagus hanya dengan melihat manfaat asuransi kesehatan tersebut. Asuransi kesehatan yang bagus ialah asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan menjadi solusi dari perencanaan keuangan konsumen.

Dari sisi klaim, asuransi kesehatan yang bagus memiliki caranya masing – masing dalam melakukan dan menunaikan klaim, yakni:

  • Cashless
  • Reimbursement

Cashless dan Reimbursement; mana yang paling bagus?

Keduanya tentu memiliki plus minus masing – masing dan kita tidak dapat menentukan mana asuransi kesehatan yang bagus hanya dengan melihat cara melakukan klaim.

Asuransi kesehatan juga memiliki peruntukan yang berbeda – beda. Bila anda sedang lajang dan tidak memiliki tanggungan, tentu anda ingin membeli asuransi kesehatan individu. Bila anda telah berkeluarga dan memiliki tanggungan, anda mungkin ingin membeli asuransi kesehatan keluarga dengan Premi khusus keluarga. Selanjutnya, anda dapat mencari produk asuransi kesehatan dengan metode klaim yang sesuai dengan harapan, baik Cashless maupun Reimbursement.

Perhatikan area pertanggungan

Produk asuransi kesehatan memiliki plan atau paket yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan. Produk Maestro Optima Care memiliki 4 paket dengan area pertanggungan yang berbeda. Mulai dari Indonesia, Asia, hingga seluruh dunia dapat anda pilih sesuai kebutuhan dan mobilitas anda.

Tips memilih asuransi kesehatan yang bagus area pertanggungan

Bila anda sering mengunjungi negara tetangga seperti malaysia dan singapura, tentu anda akan memilih asuransi kesehatan yang menjamin kedua negara tersebut.

 

Perhatikan manfaat rawat inap dan rawat jalan

Dalam istilah medis, rawat inap merupakan proses pengobatan atau penyembuhan yang mewajibkan anda untuk berada di rumah sakit dan menjalani pengobatan. Ketika kondisi telah pulih, dokter dan Rumah Sakit akan memperbolehkan anda pulang dan menjalani rawat  jalan. Rawat jalan merupakan proses pengobatan atau penyembuhan dimana anda tidak perlu berada di rumah sakit untuk menjalani pengobatan / proses penyembuhan. Proses rawat jalan umumnya dilakukan dengan:

  • Mengonsumsi obat – obatan sesuai resep dokter.
  • Melakukan kontrol ke rumah sakit dalam jangka waktu tertentu.

Sebelum anda membeli asuransi kesehatan, tanyakan apakah produk asuransi kesehatan yang ditawarkan menjamin manfaat rawat inap dan rawat jalan serta bagaimana mekanisme klaimnya?

Setelah memperoleh informasi diatas, kemudian anda dapat menentukan dan membeli asuransi kesehatan yang bagus bagi anda dan keluarga.

Selamat melakukan survey!

 

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This