Kondisi keuangan yang baik memberikan dampak positif Untuk membentuk kondisi keuangan yang baik dan positif, anda mungkinAda sejumlah kebiasaan keuangan yang barangkali baik ditiru, dan 6 diantaranya ialah sebagai berikut:

 

Usahakan Bersikap Anti Berhutang

Ada tidak sedikit macam berhutang, mulai dari suku bunga yang tinggi dan terdapat pula suku bunga yang rendah. Berhutang bakal menimbulkan akibat psikologis untuk mereka yang mengerjakan hutang.

Alangkah baiknya, andai kita berpikir untuk tidak lagi berhutang dan membudayakan diri dengan menabung untuk memenuhi kebutuhan yang besar dan juga tak terduga. Ketika orang berhutang untuk suatu bank maka orang itu akan menyusahkan dirinya sendiri guna membayar angsuran tersebut.

Bayangkan, orang yang berhutang mungkin tidak lagi dapat menyisihkan dananya untuk menabung. Bila orang itu mendapatkan sebuah masalah ekonomi yang mendadak, ia akan mengalami kendala untuk mengatasinya, dan pada akhirnya memilih guna berhutang kembali. Hal ini akan berujung pada hidup gali lubang tutup lubang.

 

Berhenti Bersikap Boros

Seseorang dapat dikatakan boros andai mereka melakukan pembelian barang tidak perlu untuk memuaskan keinginan belaka. Hal ini adalah kebiasaankeuangan yang buruk serta akan dominan  terhadap perekonomian seseorang yang boros tersebut. Maka tidak boleh biasakan diri untuk melakukan pembelian barang yang berlebihan.

Biasakanlah melakukan pembelian barang sesuai porsi sampai-sampai ada dana yang tersisih yang dapat kita simpan, dan barangkali akan jauh lebih bermanfaat fungsinya. Serta ingatlah terdapat pepatah yang mengatakan irit pangkal kaya, tetapi bukan berarti mesti berlaku pelit. Karena bukan pelit yang dimaksud dengan hemat.\

 

Membuat Aliran Dana Keluar Masuk

Biasakanlah membuat perkiraan dana, karena dengan perkiraan dana kita dapat memantau uang yang dimiliki. Dengan angaran dana tersebut,saya dan anda bisa memantau kemana uang itu akan digunakan. Sudah sesuaikah dengan keperluan kita. Sehingga angaran yang kita miliki dapat digunakan dengan baik dan benar sehingga aliran negatif pada anggaran Anda dapat terjaga.

 

Membuat Rencana

Biasakanlah membangun sebuah rencana bila hendak melakukan sebuah hal yang bermanfaat untuk hal-hal khusus, seperti hendak berlibur, melakukan pembelian rumah, motor dan lain sebagainya. Buatlah rencana jangka panjang yang dapat memotivasi diri guna terus mewujudkan rencana tersebut. Tetapkan tanggalnya supaya selalu energik untuk mencapainya, dan konsisten dengan destinasi Anda kedepannya.

 

Menabung

Menabung ialah salah satu teknik untuk meperbaiki keadaan keuangan. Saat seseorang menyisihkan dananya untuk ditabung. Berarti orang tersebut memahami tentangkeperluan yang datang secara tiba-tiba.

Ketika keperluan tersebut datang, kita tidak perlu panik lagi guna mengatasinya. Karena kita telah memiliki sejumlah uang di tabungan yang pada waktunya bisa terpakai untuk keperluan mendesak sehingga tidak lagi ada kebutuhan untuk berhutang.

Mungkin untuk mereka yang tidak memiliki uang yang cukup dapat mulai membudayakan diri dengan membelanjakan gaji sesuai keperluan pokok, dan sisakan lebih banyak untuk di tabung, serta berpindah ke gaya hidup yang hemat.

Mulailah menjadi individu yang lebih arif menggunakan kebutuhan Anda, seperti misalnya kuota internet.

 

Pertimbangkan Investasi

Satu hal beda yang harus dijadikan kebiasaan ialah selalu berinvestasi. Investasi sangat bermanfaat untuk menyiapkan masa depan supaya menjadi lebih terjamin. Memang, terkadang rentang waktu yang diperlukan untuk mendapat keuntungan dapat dibilang lama, namun rasanya sepadan dengan garansi masa depan yang akan anda dapat.

 

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This