Memilih asuransi kesehatan bisa menjadi polemik tersendiri. Karena terburu-buru, terkadang kita memilih tanpa adanya pertimbangan yang matang. Alhasil, kita pun menyesal kemudian karena terlalu banyak batasan yang berujung kerugian. Nah, untuk itu, perhatikan 5 tips memilih asuransi berikut agar Anda tidak salah.

 

Sesuaikan dengan keperluan Anda

Berbagai produk asuransi kesehatan seringkali malah menjadikan Anda bingung sehingga memungkinkan kita untuk memilih asuransi kesehatan yang salah dan tidak sesuai dengan keperluan Anda.

Untuk menangkal kesalahan semacam ini, pahami keperluan dan riwayat kesehatan Anda. Setelah itu, pilih asuransi kesehatan yang cocok dan nantinya meringankan beban keuangan Anda dan keluarga.

Usahakan Anda mencari tahu dan mengumpulkan data terlebih dahulu terkait dengan layanan apa yang diharapkan dan yang cocok dengan kita. Sebagai contoh, Anda memiliki data tentang ongkos berobat di sebuah RS langganan atau RS terbaik beserta fasilitasnya (misalnya ruang VIP dengan biaya kunjungan dokter Rp 250.000 dan kemudahan lainnya).

Setelah semua data terkumpul, barulah kita tahu apa yang kita inginkan. Dengan begitu, memilih asuransi kesehatan akan menjadi lebih mudah.

 

Pahami jenis produk asuransi kesehatan

Secara garis besar terdapat dua jenis produk yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan, yakni hospital benefit dan hospital cash plan.

Produk asuransi jenis hospital benefit akan melakukan penggantian biaya secara terinci dari semua pengeluaran Anda ketika sedang berobat.

Sistem klaim yang digunakan ialah cashless atau non-reimbursemen; seringkali pembayaran dilakukan dengan metode gesek kartu.

Sementara itu, hospital cash plan ialah jenis produk asuransi yang menyerahkan pergantian pada jumlah (nominal) tertentu menurut perjanjian di kontrak.

Misalnya, Rp 1,000,000 per hari saat nasabah di rawat di RS, tanpa peduli berapa ongkos yang sebetulnya uang yang telah dikeluarkan oleh nasabah.

Sistem klaimnya ialah reimbursement, yakni nasabah membayar terlebih dahulu dengan uang pribadi, yang nantinya diganti oleh perusahaan asuransi setelah memenuhi form pengusulan reimbursement.

 

Ketahui Apa yang Anda dapatkan

Sebelum memilih asuransi kesehatan, ketahui apa yang nantinya Anda dapatkan.

Sebagai contoh ialah anggap saja Anda mendapatkan jaminan ketersediaan dana yang dibutuhkan guna membiayai keperluan kesehatan Anda dan keluarga selaku nasabah. Dengan demikian, kita tidak butuh risau lagi soal biaya kesehatan.

Cukup klaim serta lampirkan bukti-bukti otentik semacam kwitansi pembayaran. Setelah itu, perusahaan asuransi lantas membayarkan ongkos pengobatan di RS tempat kita berobat.

Manfaat lain dari memilih asuransi kesehatan seperti ini ialah Anda harus dapat mengatur finansial dengan baik. Hal ini disebabkan Anda mesti menunaikan premi masing-masing bulannya.

Dengan kata lain, Anda mesti menyisihkan gaji sebagai karyawan guna pembayaran premi sebagai dana cadangan dana kesehatan Anda.

 

Pilih premi yang cocok dengan kondisi finansial Anda

Premi murah dan tanggungan lengkap ialah idaman semua nasabah asuransi kesehatan.

Namun, Anda perlu ketahui bahwa semakin banyak pertanggungan yang diserahkan sebuah perusahaan asuransi, semakin tinggi pula premi yang mesti kita bayarkan.

Apabila Anda hendak memperiapkan dana kesehatan Anda, pilihlah asuransi yang tidak mengganggu keuangan Anda setiap bulannya.

 

Ketahui rumah sakit yang berkolaborasi dan jenis perawatannya

Memilih rumah sakit juga merupakan hal yang penting. Jika Anda memilih asuransi kesehatan tanpa memperhatikan hal ini, maka bisa-bisa Anda terjebak dengan pilihan rumah sakit yang terbatas. Bisa jadi rumah sakit itu jauh dari rumah atau terkenal dengan pelayanannya yang jelek.

Jadi, pastikan Anda tahu rumah sakit mana yang menjalin kerjasama dengan pihak asuransi kesehatan Anda.

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This