Menabung merupakan salah satu cara supaya keuangan kita tetap stabil. Namun,menyimpan uang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak kendala yang mesti kita hadapi, terlebih untuk Anda yang belum pernah dan tidak terbiasa dalam menabung.

Anda mungkin ingin menerapkan 6 strategi jitu dalam menabung di bawah ini agar tabungan anda segera terisi.

 

Memilah Kebutuhan Rumah Tangga

Biasanya, tidak sedikit orang yang mengeluarkan ongkos lebih untuk keperluan rumah, semisal perabotan. Terlebih lagi untuk pasangan yang baru berumah tangga, bakal lebih tidak sedikit kebutuhan rumah.Hal ini dapat Anda kurangi. Tentukan barang mana yang kita butuhkan, dan tahan diri untuk melakukan pembelian barang-barang tersier lainnya.

 

Kurangi Makan di Luar

Salah satu strategi jitu menabung adalah Anda dapat mengurangi hobi makan siang dan santap malam di luar. Anda dapat membawa bekal dari rumah. Tentunya kebiasaan tersebut dapat menghemat pengeluaran Anda. Di samping itu, Anda dapat lebih sehat sebab makanan yang Anda santap lebih steril.

 

Segala sesuatu yang dijual dengan harga tinggi akan terasa murah bila anda telah memiliki uang sejumlah nominal tersebut.

 

Jangan Iri dengan Teman atau Tetangga

Tinggalkan urusan yang tidak penting. Bersaing dengan tetangga Anda, mengikuti kemewahan rekan atau tetangga Anda ialah ha-hal yang tanpa kita sadari seringkali dilakukan. Ini merupakan strategi jitu menabung.

Hanya sebab teman-teman Anda menghabiskan tidak sedikit uang demi pakaian, bukan berarti Anda pun harus melakukannya. Jangan buang uang guna hal-hal yang tidak penting untuk Anda.

 

Hindari Kredit Tapi Beli Murah!

Menahan diri dari pembelian melalui kredit. Kredit mobil atau motor nyatanya menjadikan Anda mesti mengeluarkan ongkos lebih. Hal ini dapat Anda hindari dengan mengemudikan mobil bekas murah.

Anda pun dapat menghemat gas dengan carpooling dengan teman kerja atau tetangga. Dan andai Anda bermukim di wilayah di mana transportasi umum ialah pilihan, pertimbangkan menggunakannya paling tidak beberapa hari dalam seminggu. Meskipun Anda tidak bisa menghemat waktu, bisa jadi Anda bakal menghemat uang.

 

Ketahui Kebiasaan Buruk yang Menghabiskan Uang

Hari kesatu yang mesti kita lakukan ialah dengan mengetahui buruk yang menguras uang, semisal apakah Anda gemar sekali jajan atau barangkali Anda tergolong orang yang “lapar mata” ketika belanja.

Dengan mengetahui kebiasaan kita yang buruk dan menjadi penyebab keuangan tidak stabil, maka Anda dapat mulai menggali solusinya. Misalnya kita masuk ke dalam kelompok orang yang “lapar mata” ketika pergi ke mall. Jadi, tahan diri Anda dengan tidak pergi ke mall dalam selang beberapa waktu.

Kalau juga memang ada keperluan yang mesti dibeli, konsentrasi pada barang itu dan segera kembali setelah membelinya. Jangan berjalan-jalan sampai tiba saatnya Anda kalap dan uang jadi terbuang percuma demi membeli barang yang tidak dibutuhkan.

 

Rekap Pengeluaran Setiap Bulan

Banyak orang yang tidak memiliki daftar pemasukan dan pengeluaran masing-masing bulan. Jadi tidak heran bila mereka tidak tahu kemana duitnya pergi. Supaya tidak mengalami hal tersebut terus menerus, kita perlu menulis pengeluaran secara detail. Dan supaya bisa memulainya, luangkan waktu Anda sesaat guna merekap pengeluaran Anda di bulan terakhir.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui mana yang jadi prioritas pengeluaran dan mengerem pengeluaran yang tidak urgen di bulan selanjutnya. Di samping itu, Anda pun jadi tahu berapa kira-kira duit yang perlu disiapkan pada satu bulan untuk pengeluaran wajib, semisal uang kosan, angsuran kendaraan, kebutuhan makan, dan lainnya.

Setelah selesai menulis uang yang mesti kita keluarkan untuk keperluan pokok, lanjutkan dengan mencatat ongkos lain yang tanpa disadari ternyata lumayan menguras sisa rekening dalam satu bulan, semisal pulsa dan internet, member gym, dan lain-lain.

Nah, bagaimana? Memang barangkali berat pada awalnya. Tapi, percayalah bahwa tips menyimpan uang di atas bakal memberikan Anda peluang mengumpulkan uang lebih banyak untuk masa depan

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This