Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah perangkat pembayaran dalam format kartu yang diterbitkan oleh bank untuk mempermudah para nasabahnya bertransaksi, dengan sistem pinjaman/kredit dari bank melewati kartu tersebut.

Tak jarang bank berpikir bahwa kartu kredit merupakan sebuah penghargaan kepada nasabahnya. Oleh karena itu, sering kita jumpai berbagai bonus dan poin reward bagi mereka yang bertransaksi menggunakannya.

 

Bagaimana Cara Membayarkan Tagihan Saya?

Setiap bulannya bank secara teratur akan mengantarkan tagihan untuk Anda. Anda pun bisa memilih antara dua jenis pembayaran. Pertama, Anda bisa membayarkan seluruh tagihan itu dalam sekali waktu (full payment). Kedua, Anda bisa memilih untuk menunaikan dengan minimum payment, atau mencicil tagihan kita (bila tagihan diolah ke cicilan).

Namun, pada dasarnya pembayaran minimum akan membuat Anda terkena dampak dari bunga 2,25% dari total tagihan. Untuk prosedur pembayaran, setiap bank berbeda-beda. Tersedia opsi pembayaran dalam sejumlah cara seperti melewati transfer melewati ATM, datang langsung ke Teller, Internet banking dan pun Mobile/SMS banking.

Mengenai bea dari pembayaran tagihan, bergantung pada kemudahan pembayaran yang kita gunakan. Jangan khawatir, sebab ada sejumlah bank membebaskan biaya untuk kemudahan tersebut sehingga pembayaran menjadi lebih murah.

 

Tingkat Keamanan

Dibandingkan dengan kartu debit yang hanya dibekali strip magnetik, kartu kredit memiliki tingkat keamanan super ketat. Agak berbeda dengan kartu debit yang jika hilang, maka seseorang dapat menguras seluruh uang di rekening. Keculai jika Anda segera memblokir kartu debit tersebut.

Bila kartu kredit hilang dan digunakan orang lain untuk belanja atau transaksi laiinya, kita dapat menyanggah untuk bank dengan menyerahkan bukti-bukti bahwa bukan Anda yang bertransaksi. Inilah yang membuat kartu ini lebih aman dibanding kartu debit. Namun, ingat, hal ini bukan berarti Anda bisa lengah dalam menjaga kartu Anda.

 

Berapa Suku Bunga Kartu Kredit?

Saat ini, Bank Indonesia (BI) sebagai bank Sentral menerapkan suku bunga atas sebesar 2,25%. Nilai ini berlaku mulai tahun 2017 lalu. Sebelumnya, suku bunga yang bahkan lebih besar, yakni mencapai 2,95%. Oleh sebab dinilai masih terlampau tinggi, maka BI memutuskan batas atas bunga sebesar 2,25% per bulannya

Persentase tersebut mungkin dapat berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan sesuai kebijakan dari BI.

 

Apakah Saya Membutuhkan Kartu Kredit dan Jenis Apa yang Sesuai Bagi Saya?

Kebanyakan orang yang merasa harus mempunyai kartu kredit. Hal ini dilandasi dari pola pikir bahwa dengan memilikinya, maka keperluan akan finansial lebih mudah untuk diatur.

Kartu kredit seperti pisau bermata dua, ia bisa berfungsi jika dapat kita pakai dengan baik. Namun, ia juga akan melukai dan merugikan Anda bila anda tidak bijak dalam menggunakannya sampai terlibat hutang yang susah kita lunasi.

Bila anda merupakan seseorang yang:

  • Sering berbelanja di Internet,
  • Senang makan di restoran atau tempat umum,
  • Gemar melakukanĀ traveling dan jalan – jalan,
  • Rutin melakukan perjalanan dari dan menuju luar negeri,

Kartu kredit akan sangat membantu dalamĀ  menunjang serangkaian kegiatan tersebut. Pasalnya, anda akan mendapat promo menarik serta harga spesial bila melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Pastikan anda bertransaksi dengan merchant yang telah bekerja sama dengan Bank untuk mendapatkan promo menarik serta harga spesial ini.

 

Bagaimana saya dapat mengajukan permohonan kartu kredit?

Pilihlah kartu yang cocok dengan keperluan Anda. Kemudian, kita dapat mengajukan pembuatan permohonan untuk bank yang diinginkan. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi formulir data diri dan beberapa persyaratan lainnya. Usahakan supaya Anda dapat melengkapi semua data yang diminta oleh bank penerbit agar tidak berbuah penolakan dari bank tersebut.

Selain mengajukan permohonan melalui bank yang diinginkan, cara lainnya ialah dengan mengunjungi ATM yang berada di pusat perbelanjaan dan Mall besar. Pada ATM tersebut umumnya ditempatkan 2 – 3 sales kartu kredit yang bersedia membantu anda dalam menerbitkan kartu kredit sesuai kebutuhan. Konon, cara ini lebih efektif dibandingkan cara yang pertama.

 

Berapa lama rentang waktu yang akan diperlukan untuk pembuatan kartu kredit?

Waktu tunggu bisa bervariasi. Beberapa penyedia dapat menyerahkan persetujuan secara instan, sementara sejumlah penyedia lainnya membutuhkan waktu bahkan hingga hitungan minggu. Umumnya, semakin baik peringkat kredit Anda, semakin cepat waktu respon permohonan kartu kredit yang diajukan. Setelah keputusan diberlakukan, Anda akan diberitahu melewati surat, e-mail atau keduanya.

Setelah membaca artikel ini, apakah anda tertarik untuk membuka kartu kredit?

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This