Menabung hanyalah sejauh doa”

Demikian ujar seorang teman saya yang mengambil penggalan lirik lagu untuk menggambarkan fakta dan realita bagaimana ia menabung. Dia sendiri mengakui kalau menabung merupakan aktifitas yang sangat sulit sekali untuk dilakukan, meski ia memiliki penghasilan berkali – kali lipat dari UMK Jakarta. Bagaimana bisa seseorang yang memiliki banyak uang justru mengalami kesulitan dalam menabung?

Di kehidupan masyarakat urban yang berasal dari kalangan atas seperti kota Jakarta, 6 kegiatan sederhana ini tanpa disadari menyita banyak sekali uang. Padahal, kegiatan tersebut tetap bisa dilakukan tanpa harus merogoh kocek dalam – dalam sehingga kita bisa menabung dan berhemat lebih banyak lagi.

Berikut ini 6 kegiatan sederhana yang ternyata justru menyita banyak uang:

 

Kopi

10 kegiatan sederhana yang ternyata justru menyita banyak uang kopi

Sebelum saya diserang oleh penggemar minuman hangat yang paling cocok disantap saat santai ini, bayangkan berapa banyak uang yang bisa dihemat bila kita yang sering menikmati secangkir kopi sbux seharga Rp. 60,000 per cangkir setiap hari mulai mengurangi kegiatan tersebut. Sebab jika tidak, tanpa disadari kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 1,200,000 untuk 1 bulan kopi selama 20 hari. Dijamin anda pasti kaget bila menghitung berapa kocek yang harus dikeluarkan selama setahun!

 

Keanggotaan Gym

Berolahraga sangatlah penting demi kebugaran tubuh masing – masing. Namun, coba hitung berapa banyak uang yang anda keluarkan hanya untuk berolahraga terlebih lagi mereka yang hanya melakukan olahraga cardio.

10 kegiatan sederhana yang ternyata justru menyita banyak uang gym

 

Cardio merupakan salah satu cara dalam membakar lemak dalam tubuh sekaligus membentuk otot – otot. Anda dapat melakukan cardio sekaligus membakar lemak dengan berlari keliling komplek rumah sekaligus menjaga pola makan, sehingga kondisi keuangan tetap terjaga.

 

Layanan Streaming lagu dan televisi

Siapa sangka kalau layanan streaming musik dan televisi bisa bikin kantong bocor? Saya pribadi menggunakan Spotify Premium untuk menunjang aktifitas saya karena saya biasa mendengarkan lagu sambil bekerja, menulis blog dan beraktifitas lainnya. Dalam 1 hari, saya bisa menghabiskan 10 jam untuk mendengarkan lagu, yang setara dengan 300 jam sebulan untuk mendengarkan lagu dengan kualitas terbaik tanpa iklan.

Artinya saya hanya perlu mengeluarkan Rp. 166 untuk mendengarkan lagu setiap jamnya sambil melanjutkan aktifitas.

10 kegiatan sederhana yang ternyata justru menyita banyak uang streaming

Hal diatas akan sangat berbeda bila anda membeli layanan streaming televisi seperti netflix dan sejenis. Coba hitung berapa banyak waktu yang bisa diluangkan untuk menimati layanan televisi streaming tersebut? Tentu anda tak mungkin bekerja sambil menonton televisi, bukan? Berapa banyak uang yang anda habiskan untuk menonton televisi setiap jamnya?

 

Air minum kemasan dan makan di luar

Maukah kalian membawa botol minum dari rumah masing – masing agar bisa menghemat pengeluaran untuk air minum kemasan hingga 74%? Kalian bisa membaca kisah nyata selengkapnya melalui tautan ini.

Juga dalam hal makanan, bukankah akan lebih hemat dan lebih sehat bila mengolah dan memasak makanan sendiri dibanding mengeluarkan uang lebih banyak untuk makan di luar?

Solusi dari poin ini ialah membawa botol minum dan bekar sebelum berangkat beraktifitas. Selain harganya yang lebih terjangkau juga lebih sehat, tentu bisa menghemat pengeluaran harian juga.

 

Pernikahan

Ya, ya, ya. Itu pernikahan kalian, menggunakan uang kalian dan kalian berhak menyusunnya sebebas kalian.

Lagian kan ini cuma acara 1x seumur hidup!

Iya. Okay. Tapi, jika kalian berhutang demi suatu pernikahan, menurut saya kalian telah kehilangan esensi dari pernikahan itu sendiri. Bagi saya, pernikahan merupakan permulaan dari suatu perjalanan besar dalam rumah tangga, finansial, hingga menjamin seluruh kebutuhan dalam rumah tangga tersebut terpenuhi.

Jangan menjadi miskin hanya untuk terlihat kaya.

 

Asuransi

Asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan niscaya akan membuat anda mengeluarkan uang dan merogoh kantong lebih dalam lagi bahkan sampai sobek.

Bagaimana tidak? Bila anda membutuhkan asuransi kesehatan dengan manfaat jaminan sesuai tagihan rumah sakit, namun anda malah membeli asuransi kesehatan dengan manfaat santunan harian. Selain anda harus membayar asuransi, anda juga wajib membayar kekurangan biaya rawat inap yang melebihi santunan harian tersebut.

Solusinya ialah dengan memahami kebutuhan anda, cari tahu apakah produk yang anda beli menjawab dan menjadi solusi dari permasalahan anda. Jika anda ragu, anda dapat menghubungi bervariasi perusahaan asuransi untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Selamat mencoba dan mulai menabung demi masa depan!

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This