Uang memang perkara yang sensitif. Seorang teman baru saja memutuskan untuk menunda pembayaran kontrakan rumah hanya karena pemilik kontrakan memiliki rekening bank yang berbeda dengan si penyewa kontrakan. Wow!

Usut punya usut, ternyata biaya yang dikenakan untuk transfer lintas bank jumlahnya bervariatif lho. Biaya yang dikenakan mulai dari Rp. 6,500 hingga Rp. 25,000 per transaksi. Jumlahnya bergantung pada cara dalam melakukan transfer. Bila nominal yang di transfer cuma Rp. 50,000 atau Rp. 100,000, maka . biaya transfer lintas bank hampir 25% dari nominal transfer. Mungkin ini yang menyebabkan orang – orang sedikit enggan melakukan transfer lintas bank.

Secara garis besar, metode transfer via RTGS atau Real Time Gross Settlement memiliki jumlah yang paling tinggi dibandingkan metode transfer lainnya. Metode transfer via RTGS menjamin dana akan langsung diterima oleh rekening penerima dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Emang loe mau duit loe dipotong Rp.25,000 buat biaya transfer lintas bank? Gue sih ogah! Mending tuh duit buat beli nasi bungkus!

Kini telah lahir suatu layanan Virtual Wallet yang mampu menghemat biaya transfer lintas Bank tersebut. Hebatnya lagi, layanan yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Indonesia ini bisa digunakan secara gratis dan dijamin dapat membantu mulai dari individu hingga kelompok dalam melakukan transfer uang.

Sebut saja Flip, suatu layanan Virtual Wallet yang mampu mengeliminasi seluruh biaya transfer lintas bank tersebut hingga 0 rupiah!  Layanan ini sudah hadir sejak tahun 2015 silam dan terus beroperasi hingga sekarang.

 

Sudah saatnya transfer antar bank menjadi amanmudah, dan tanpa biaya!

Prosesnya terbilang cukup mudah dan praktis. Kita hanya perlu mendaftarkan diri dan membuat akun di Flip.id. Setelah membuat akun, kita perlu melakukan beberapa verifikasi seperti:

  • Verifikasi akun via web / aplikasi
  • Verifikasi tatap muka di Alfamart terdekat.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran dan verifikasi tersebut, kita dapat mulai bertransaksi menggunakan Flip. Kita juga dapat melakukan transfer ke beberapa rekening yang berbeda bank sekaligus dengan Flip. Sangat membantu sekali, bukan?

Dulu saya melakukannya secara manual. Saya menarik uang dari bank 1 kemudian melakukan setor tunai di bank 2. Proses ini cukup melelahkan dan memakan waktu.

Setelah Flip menerima uang yang dikirim, ia akan meneruskan dana tersebut ke rekening penerima. Tentu saja penerima akan melihat dana masuk yang berasal dari rekening Flip. Namun Flip akan menyisipkan nama pengirim pada kolom berita pengiriman sehingga penerima dapat mengenali dan melihat siapa yang mengirimkan uang tersebut.

Penerima akan menerima bukti transfer via email yang menyatakan bahwa dana telah diteruskan dan diterima di rekening penerima.

Saat ini Flip telah bekerja sama dengan bervariasi perbankan di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah:

  • BCA
  • BNI
  • BNI Syariah
  • BRI
  • CIMB
  • CIMB Syariah
  • Mandiri
  • Mandiri Syariah
  • Muamalat

 

Dapatkan manfaat lebih banyak dengan menggunakan Big Flip

Big Flip merupakan fasilitas yang disediakan oleh Flip untuk menunjang proses transfer dana dalam jumlah yang besar seperti pembayaran gaji maupun pembayaran hutang. Flip hanya mengenakan biaya mulai dari Rp. 1,000 hingga Rp. 3,500 untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan Flip tanpa minimum transaksi.

Bila tidak ingin menggunakan layanan Big Flip, anda tetap dapat menggunakan layanan Flip  dengan nominal transfer maksimum Rp. 5,000,000 per harinya.

Dengan cara diatas, kita bisa melakukan transfer antar bank dengan praktis dan tanpa perlu takut dikenakan biaya lagi! Bila kita memiliki 2 rekening, kita bisa melakukan transfer beda Bank tanpa harus berpindah tempat.

Membantu sekali, bukan?

Baca juga:

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com

Pin It on Pinterest

Shares
Share This