Saya tidak memiliki pengalaman serta pengetahuan yang cukup di bidang bisnis dan investasi. Saya memenangkan hadiah undian sebesar 100 juta rupiah. Apa yang harus saya lakukan?

Pertanyaan tersebut saya ambil dari Quora Indonesia dan seakan menjadi tantangan tersendiri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Apa yang akan anda lakukan bila anda menjadi penanya yang memiliki uang namun tidak memiliki pengalaman serta pengetahuan yang cukup di bidang bisnis dan investasi?

 

Segera lunasi hutang yang ada

Hutang memang tidak berwujud, namun ia ada dan kerap kali menghantui mereka yang memiliki hutang. Hutang bergerak bagai riak air ditengah laut yang menjadi tsunami di pesisir pantai bila tidak dilunasi secara cepat. Semakin lama berhutang berarti semakin besar bunga yang harus dibayarkan. Saya akan menyarankan TS untuk segera melunasi hutang yang ada sebelum membelanjakan atau menggunakan uang tersebut.

 

Tidak dibutuhkan pengalaman serta pengetahuan spesifik di bidang investasi dan bisnis untuk membeli asuransi.

Saya pernah mendengar kata – kata mutiara seperti di bawah ini:

Jika kita tidak bisa menambah penghasilan, paling tidak kita bisa meminimalisir pengeluaran.

Prinsip tersebut saya terapkan kepada TS sehingga bila ia tidak memiliki kemampuan, pengalaman, pengetahuan spesifik di bidang bisnis, maka paling tidak TS dapat meminimalisir resiko kesehatan dan kerugian finansial yang mungkin terjadi atas dirinya.

Ia akan mengeluarkan sejumlah uang. Selanjutnya uang tersebut akan berkembang secara instan hingga berlipat – lipat yang hanya bisa digunakan untuk membayar tagihan rumah sakit serta resiko rawat inap. Dengan demikian ia tidak perlu menghabiskan seratus juta tersebut hanya untuk membayar biaya penyembuhan bila ia harus tertimpa resiko rawat inap dan sakit menahun.

Selanjutnya, saya akan menyarankan TS untuk membeli 1 unit rumah atau ruko yang tujuannya untuk Investasi. Kita tidak membutuhkan pengetahuan, kemampuan, pengalaman, atau keterampilan khusus untuk membeli properti karena harganya yang cenderung meningkat.

Investasi terbaik dimulai dari diri sendiri

Kata – kata mutiara diatas adalah benar adanya. Itu sebabnya mengapa pendidikan tinggi dan berkualitas sangat mahal harganya. Oleh sebab itu, saya akan menganjurkan TS untuk mengambil studi baik formal maupun informal untuk memperkaya kemampuan serta pengetahuan untuk dapat menghasilkan uang dengan cara bekerja tetap maupun berinvestasi jangka panjang.

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This