Baru – baru ini saya membaca banyak sekali berita yang bertebaran di linimasa Twitter tentang tudingan kepada Sandiaga Uno yang membayar mahar 500M (Rp. 500,000,000,000) untuk memenangkan posisi cawapres mendampingi wapres Prabowo Subianto. Anda dapat membaca berita tersebut melalui tautan berikut ini.

Tenang saja, artikel ini tidak akan membahas politik lebih dalam. Yang akan dibahas pada artikel ini ialah nominal yang jumlahnya fantastis tersebut.

Apa yang akan kalian lakukan bila mendapat uang 500M (Rp. 500,000,000,000) ?

APA?!

Saya mendapatkan uang 500M?!

Ini pasti mimpi!

Bagaimana bisa seseorang yang berusia 27 tahun telah memiliki harta 500M?

Tunggu dulu!

Ini pasti ada penjelasan ilmiah dibalik semua ini. Saya mungkin mendapat warisan atau Uang Pertanggungan dari ratusan orang dengan masing – masing Uang Pertanggungan bernilai 1M hingga 5M. Namun hal ini menjadi tidak masuk akal karena saya tidak memiliki relasi sebegitu banyak hingga ratusan orang, sehingga memiliki uang 500M di usia muda cukup mustahil bagi saya. Lagipula, mengapa orang lain harus menjadikan saya sebagai Ahli Waris mereka?

Hahaha!

Kembali ke topik. Apa yang akan saya lakukan bila saya mendapat uang (kaget) 500M?

Yang pasti, saya akan menghela nafas terlebih dahulu kemudian melakukan beberapa hal di bawah ini:

Saya akan menginvestasikan 10% dari uang tersebut kedalam reksadana saham dan pasar uang.

 

Mari berhitung. 10% dari 500M akan setara dengan 50M. Saya akan membagi uang tersebut menjadi 2 pos, yakni:

  • 30% atau sebesar 15M akan saya masukkan kedalam reksadana saham dengan resiko agresif.
  • 70% atau sebesar 35M akan saya masukkan kedalam reksadana campuran dengan resiko sedang.

Tujuannya ialah saya ingin memperoleh keuntungan atau timbal balik (Return of Investment) dalam jangka menengah yang dihasilkan dari reksadana campuran sementara reksadana saham akan memberikan saya Return of Investment jangka panjang.

Bila reksadana campuran menghasilkan keuntungan 5% setiap tahunnya, maka saya akan mendapat uang 1,75M setiap tahunnya. Saya juga akan memperoleh uang 3M bila reksadana saham saya berkembang hingga 20% dalam 2 tahun. Wow!

Saya akan menginvestasikan 10% lagi untuk membeli properti di area Menteng, Jakarta Pusat.

 

Kembali berhitung 10% dari 500M akan memberikan saya 50M yang akan digunakan untuk membeli properti di Menteng, Jakarta Pusat dengan luas tanah 490M2 serta luas bangunan 600M2. Rumah tersebut tertera pada tautan ini.

Mengapa Menteng? Karena akan mendekatkan saya menuju Taman Suropati, sebuah taman terbuka yang di Jakarta Selatan yang menurut saya ramah manusia.

 

Image result for taman suropati

via Honeycombers

isn’t she lovely?

Saya akan menginvestasikan 30% lagi untuk Deposito

 

Saya membutuhkan uang untuk biaya hidup sehari – hari. Namun di satu sisi saya juga tidak ingin kehilangan uang saya. Untuk itu,saya mengalokasikan 30% uang saya yang setara dengan 150M kedalam Deposito. Bila bunga Deposito per bulan = 5%, maka saya mendapatkan uang untuk biaya hidup sehari – hari sebesar 22,5M per bulan.

Apa yang bisa dilakukan pemasukan Rp. 22,5M per bulan?

Apa yah?

Mungkin keliling dunia atau melahap makanan enak dan wisata kuliner ke seluruh dunia?

 

Saya akan mengalokasikan sisanya untuk kegiatan sosial dan aksi kemanusiaan

 

Dengan mengalokasikan 50% uang dari Rp. 500M tersebut, saya sudah bisa hidup enak dan lebih dari standar hidup layak. Dengan demikian, mungkin saya akan bingung bagaimana menghabiskan sisanya, sehingga saya memutuskan untuk menyumbangkan uang tersebut untuk korban bencana alam, kegiatan sosial dan aksi kemanusiaan serta kesejahteraan orang banyak.

Pada akhirnya, harta itu cuma titipan, ya kan?

Bagaimana dengan kalian?

Baca juga:

Pin It on Pinterest

Shares
Share This